Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Memiliki kulit kering berarti kulit tidak menghasilkan cukup minyak untuk melembabkan dan melindungi kulit Anda. Karena kurangnya produksi minyak, maka kulit akan cenderung menunjukkan keriput dan garis-garis halus.

Cara Membersihkan Kulit Kering

Beberapa orang dengan kulit kering mungkin ingin menghindari sabun muka jauh-jauh karena khawatir membuat kulit wajah semakin kering. Tapi jangan takut, dengan cara membersihkan kulit kering yang tepat, Anda tetap bisa menjaga kelembapan kulit tanpa harus menjauh dari pembersih wajah.

1. Memilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering

Kunci dalam memilih pembersih wajah untuk kulit kering, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan kulit berminyak. Pilih sabun muka yang ringan agar tidak membuat kulit semakin kering. Anda juga bisa menggunakan pembersih dalam bentuk krim yang cenderung lebih melembabkan.

2. Cara Mencuci Wajah

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Saat mencuci wajah, hindari menggunakan air panas yang justru akan membuat kulit makin kering bahkan mengalami iritasi. Busakan sabun pada tangan dan usapkan pada wajah selama 30 detik hingga satu menit sebelum kemudian dibasuh dengan air.

3. Mengeringkan Wajah dengan Benar

Mengeringkan wajah setelah mencuci muka juga ada caranya sendiri, lho. Keringkan dengan ditepuk-tepuk menggunakan handuk dan jangan mengeringkan wajah dengan digosok. Mengeringkan wajah dengan menggosoknya justru bisa melukai lapisan kulit Anda.

4. Jangan Lupakan Pelembab!

Selesai membersihkan wajah, lanjutnya dengan pemakaian pelembab. Jika Anda tingga di daerah yang kering dan berangin, ada baiknya untuk memilih pelembab yang lebih berat untuk melembabkan wajah secara maksimal.

5. Pilih Produk Hypoallergenic

Kulit kering biasanya juga lebih sensitif. Karena itu, saat memilih produk untuk kulit, pilih produk yang bertuliskan hypoallergenic. Tulisan tersebut pada sebuah produk menunjukkan bahwa produk tersebut lebih sedikit menimbulkan reaksi alergi.

Nah, itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit kering Anda tetap bersih, lembab dan sehat. Selamat mencoba!

Source: https://health.howstuffworks.com/skin-care/cleansing/basics/cleansing-problem-skin2.htm


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi