Cara Membedakan Menstruasi dengan Pendarahan Implantasi

batas telat haid

DokterSehat.Com– Salah satu tanda kehamilan adalah munculnya bercak darah pertanda pendarahan implantasi. Banyak perempuan yang tidak bisa membedakan antara pendarahan tersebut dengan menstruasi. Lalu bagaimana cara membedakannya?

Apa itu pendarahan implantasi?

Pendarahan implantasi adalah munculnya bercak darah pada awal kehamilan. Pendarahan implantasi disebabkan oleh proses melekatnya sel telur di dinding rahim setelah dibuahi oleh sel sperma. Saat menempel di dinding rahim inilah umumnya terjadi pendarahan.

Pendarahan implantasi biasanya terjadi pada 10-14 hari setelah pembuahan dan terjadi pada sekitar 1-2 hari. Banyak perempuan yang mengalami pendarahan implantasi namun tidak menyadarinya. Jika Anda mendapati bercak darah beberapa hari setelah pembuahan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kehamilan.

Cara membedakan pendarahan implantasi dengan menstruasi

Pendarahan implantasi dan menstruasi memang mirip sehingga banyak perempuan yang tidak bisa membedakan apakah ia mengalami menstruasi atau pendarahan implantasi. Dilansir dari laman Parents, berikut ini ciri-ciri yang membedakan antara pendarahan implantasi dengan menstruasi:

1. Warna
Warna darah menstruasi umumnya lebih cerah dan memiliki bercak yang jelas. Sedangkan bercak pada pendarahan implantasi berwarna merah muda atau cokelat dan samar.

2. Aliran
Aliran darah pada menstruasi umumnya bertahap, awalnya perlahan-lahan lalu semakin deras. Sedangkan pada pendarahan implantasi darah hanya akan mengalir pelan dan cenderung sedikit.

3. Kram
Sama halnya dengan menstruasi, pendarahan implantasi juga kadang diiringi dengan kram pada perut. Bedanya kram pada saat pendarahan implantasi tidak sesakit kram pada saat menstruasi.

4. Tidak selalu muncul
Salah satu cara paling mudah membedakan antara menstruasi dengan pendarahan implantasi adalah dengan mengamati jeda waktu terjadinya. Pendarahan implantasi tidak muncul secara terus menerus, sedangkan darah mensruasi keluar secara terus menerus selama beberapa hari.