Terbit: 29 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, baik saat bekerja, olahraga, bahkan tidurpun tubuh membutuhkan energi. Energi bisa didapatkan dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh yang akhirnya diproses dan diubah menjadi energi.

doktersehat-stres-lelah

Biasanya, ketika Anda kekurangan energi di siang hari, Anda memilih untuk minum kopi. Ya, kopi memang dipercaya sebagai minuman yang bisa membuat tubuh menjadi lebih semangat saat beraktivitas. Akan tetapi, dibalik manfaatnya tersebut, tersimpan banyak sisi negatif yang bisa Anda rasakan ketika terlalu banyak minum kopi, diantaranya seperti napas bau, sulit tidur, asam lambung, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, jika Anda kekurangan energi sebaiknya gunakan cara lain agar energi Anda bisa meningkat. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan energi kembali tanpa harus minum kopi, diantaranya:

1. Tidur Siang

Tidur siang juga bisa Anda lakukan untuk meningkatkan energi yang hilang akibat beraktivitas. Tidur siang tidak harus dilakukan dalam waktu yang cukup lama sama halnya seperti ketika Anda tidur di malam hari. Terlebih lagi bagi Anda yang harus bekerja di siang hari tentu tidak akan memiliki banyak waktu untuk istirahat.

Anda haya perlu tidur siang selama 20 hingga 40 menit. Usahakan jangan sampai lebih dari itu. Sebab, tidur siang terlalu lama akan membuat Anda menjadi semakin ngantuk dan pusing.

2. Cuci Muka

Jika Anda merasa lelah dan ngantuk akibat kurang energi pada saat sibuk bekerja, Anda bisa pergi ke toilet dan segera cuci muka. Cuci muka dapat memberikan kesegaran karena air dingin yang mengenai wajah bisa merangsang pernapasan dalam sehingga oksigen di dalam tubuh semakin meningkat.

3. Pijat Telinga

Cara terakhir untuk mengembalikan energi adalah dengan cara memijat telinga. Telinga dapat mengalirkan energi dan meningkatkan kewaspadaan sehingga saat dipijat Anda akan merasa segar kembali. Caranya, tekan bagian tepi luar telinga dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan pijatan ini selama 10 sampai 30 detik, setiap kali tubuh terasa lemas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi