15 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Doktersehat-cara-memanjangkan-rambut
Photo Credit: Pexels.com/Min An

DokterSehat.Com – Memiliki rambut yang panjang menjadi salah satu dambaan tersendiri bagi kaum wanita. Hal ini rupanya juga berkaitan dengan standar kecantikan masa kini yang menyebut jika wanita berambut panjang merupakan wanita cantik. Lantas, bagaimana cara memanjangkan rambut yang tepat?

Tidak heran jika stigma tersebut membuat banyak wanita melakukan berbagai cara untuk memanjangkan rambut. Mulai dari memasang hair extension hingga menjajal berbagai cara-cara alami seperti berikut.

Cara Cepat Memanjangkan Rambut

Berikut cara memanjakan rambut dengan cepat dan alami yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain:

1. Rajin melakukan trimming

Cara memanjangkan rambut yang pertama adalah dengan trimming atau memotong ujung rambut. Cara ini merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan jika ingin memanjangkan rambut secara alami. Dilansir dari laman Good House Keeping, trimming menstimulasi pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu saja, trimming juga menjadikan rambut menjadi lebih halus dan bervolume.

Baca juga: 6 Ciri Rambut Sehat, Bagaimana dengan Rambutmu?

2. Menggunakan minyak alami

Cara memanjangkan rambut alami lainnya adalah dengan menggunakan minyak esensial. Sebagai tambahan informasi, minyak esensial mengandung beragam vitamin dan mineral yang menutrisi kulit kepala dan rambut. Kondisi kulit kepala yang sehat tentu akan mempercepat proses pertumbuhan sel rambut baru yang lebih kuat dan sehat.

3. Aplikasikan vitamin rambut

Cara cepat memanjangkan rambut lainnya adalah menggunakan vitamin. Vitamin rambut sendiri dibuat khusus untuk menutrisi akar hingga ujung rambut. Apalagi saat ini sudah banyak bertebaran jenis-jenis vitamin rambut sesuai dengan kegunaannya.

4. Jangan lupakan conditioner

Saat keramas usahakan untuk selalu mengoleskan conditioner setelahnya. Conditioner sendiri berfungsi untuk mengunci kelembapan sel rambut sekaligus menutrisi rambut secara optimal. Tidak hanya itu saja, conditioner juga menjaga kutikula rambut tetap sehat.

Kondisioner dapat Anda gunakan minimal satu kali dalam seminggu untuk mengganti lipid dan protein yang berangsur menurun dari dalam batang rambut Anda. Perlu diperhatikan, kondisioner hanya digunakan pada ujung rambut, jangan menggunakan kondisioner pada kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

Baca juga: Ladies, Inilah 4 Trik Keramas Supaya Rambut Menjadi Sehat

5. Diet tinggi protein

Rambut Anda terdiri dari keratin, asam amino yang mengandung protein yang telah ditemukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Semakin sedikit protein yang Anda konsumsi, semakin sedikit keratin yang dihasilkan tubuh Anda. Tingkatkan asupan protein harian dan Anda akan mempercepat pertumbuhan rambut.

6. Kurangi keramas setiap hari

Keramas rambut setiap hari ternyata tidak dianjurkan. Bahan-bahan dalam sampo mengupas rambut dari minyak alami yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut. Jika minyak alami ini hilang, maka rambut akan jadi kering dan tidak tumbuh dengan baik. Guna membantu pertumbuhan rambut agar cepat panjang, keramaslah setidaknya 2-3 hari sekali.

Bilaslah rambut setelah keramas dengan air dingin. Pasalnya, air dingin mampu melembutkan kutikula rambut dan mencegah kekeringan serta kerusakan rambut yang sering terjadi karena menggunakan alat pemanas rambut.

7. Hindari stres

Stres dipercaya bisa mengganggu siklus pertumbuhan alami rambut. Semakin banyak stres yang Anda miliki, semakin lambat laju pertumbuhan rambut. Cara efektif untuk menurunkan tingkat stres Anda termasuk meditasi, memperbanyak waktu tidur, dan pernapasan dalam.

Baca juga: 10 Cara Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami

8. Sisir rambut saat basah

Sisir adalah salah satu alat yang bisa digunakan sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat. Akan tetapi ketika rambut basah, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Sisir bergigi jarang jauh lebih lembut dibanding sisir bergigi rapat.

9. Kurangi paparan bahan kimia

Meski beberapa produk rambut mengandung bahan yang bisa mendukung pertumbuhan  rambut, sebisa mungkin kurangi pemakaian produk-produk penataan rambut seperti gel, volumizer, atau serum.

Penggunaan produk yang terlalu sering membuat rambut menggumpal sehingga Anda butuh shampo lagi untuk membersihkannya. Gumpalan bahan-bahan penataan rambut juga menambah kotor rambut Anda.

10. Minyak kelapa

Cara cepat memanjangkan rambut lain yang bisa Anda coba yaitu menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut, kemudian bungkus kepala Anda dengan penutup kepala, setelah itu keramas pada keesokan harinya.

Selain itu, minyak kelapa memiliki struktur asam lemak dan dapat dengan mudah meresap ke batang rambut, sehingga dapat memperbaiki rambut yang rusak dan mudah patah.

11. Jangan terlalu sering menggunakan hairdryer

Meskipun penggunaan hairdryer sangat efisien, namun jika rambut Anda terlalu sering terpapar udara panas dari hairdryer, rambut akan mudah rontok, kering dan patah-patah. Agar hal itu tidak terjadi, keringkanlah rambut secara alami.

Cukup diangin-anginkan atau menggunakan kipas angin. Namun, jika Anda memang berada dalam keadaan yang mendesak, Anda bisa gunakan hairdryer dalam jarak yang tidak terlalu dekat dan suhu yang tidak terlalu panas.

12. Perhatikan asupan nutrisi

Memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh adalah salah satu cara memanjangkan rambut secara alami. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin B dari kacang-kacangan dan sayur-sayuran untuk merangsang pertumbuhan rambut langsung dari akarnya.

Salah satu sayuran yang baik adalah bayam. Bayam mengandung folat, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan beta-karoten. Selain itu, daging ayam tanpa lemak juga dapat menjadi sumber protein untuk rambut Anda. Tidak hanya ayam dan bayam, Anda juga bisa mengonsumsi ikan salmon karena kandungan asam lemak omega-3 nya membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

13. Putih telur

Cara memanjangkan rambut alami lainnya yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur mengandung nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Caranya, ambil tiga butir telur kemudian ambil bagian putihnya saja dan tambahkan satu sendok minyak zaitun. Kocok keduanya hingga merata. Kemudian, oleskan campuran kedua baha itu ke rambut dan kulit kepala sambil dilakukan pijatan lembut. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

14. Kurangi aktivitas berenang

Kandungan kaporit di kolam renang dapat memicu kerusakan pada rambut sehingga rambut tumbuh dengan lamban. Apabila Anda memiliki hobi berenang, disarankan untuk memakai pelindung rambut saat berenang dan sesegera mungkin membersihkan rambut dengan sampo dan kondisioner.

15. Menjaga kelembapan rambut

Saat memasuki musim dingin, menjaga rambut tetap lebat sangat penting agar rambut tetap elastis dan tidak mudah patah. Gunakan masker rambut minimal 1-3 kali dalam seminggu.

Bagi Anda yang memiliki rambut tebal dan kasar, sebaiknya gunakan masker sesering mungkin. Pastikanlah bahwa Anda hanya menggunakan masker di ujung rambut dan menghindari penggunaan pada bagian akar dan kulit kepala agar rambut tidak berminyak.

Nah, itulah cara memanjangkan rambut secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah. Memiliki rambut panjang memang diinginkan oleh banyak wanita, namun yang paling penting adalah rambut panjang yang sehat. Jika beberapa cara cepat memanjangkan rambut di atas sudah Anda coba dan belum terlihat hasilnya, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli rambut.