14 Cara Memanjangkan Rambut Pria dengan Cepat!

cara-memanjangkan-rambut-pria-doktersehat
photo source: pixabay.com/joelbotaroe

DokterSehat.Com – Rambut adalah mahkota, tak hanya wanita, tapi juga pria. Rambut merupakan cerminan pribadi seseorang, pun penunjang penampilan. Tak heran, banyak orang sibuk menata rambutnya agar terlihat menarik. Bagi para pria, rambut panjang saat ini menjadi salah satu model rambut yang digandrungi. Apakah Anda ingin memiliki rambut panjang? Lantas, bagaimana cara memanjangkan rambut pria dengan cepat?

Cara Memanjangkan Rambut Pria agar Terlihat Gagah dan Memesona

Rambut panjang identik dengan wanita. Namun, Jason “Aquaman” Momoa, Bradley Cooper saat bermain di film ‘A Star is Born’, hingga Chico Jerikho membuktikan kalau pria berambut panjang juga bisa terlihat macho dan stylish.

Cara memanjangkan rambut pria ada banyak, dan setiap pria bisa melakukannya, termasuk pria yang tidak memiliki pertumbuhan rambut cepat sekalipun. Anda bisa menggunakan shampoo khusus, conditioner, hingga hair tonic.

Tak hanya itu, sejumlah bahan alami pun dipercaya efektif menumbuhkan rambut dengan cepat.

1. Telur

Cara memanjangkan rambut pria yang pertama yakni menggunakan medium telur. Terdengar menjijikkan, bukan? Tapi, telur bisa jadi jawaban tepat bagi Anda yang tengah mencari cara cepat memanjangkan rambut untuk pria. Kuning telur dianggap memiliki zat alami yang mampu mempercepat proses penumbuhan rambut.

Gunakan satu butir telur (usahakan telur ayam kampung), ambil kuningnya, kemudian kocok hingga merata. Setelah itu, oleskan ke rambut Anda dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas rambut Anda sebersih mungkin dengan shampoo dan pewangi rambut sampai bau amisnya hilang.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang sudah sejak lama dipercaya bisa menyuburkan rambut. Anda yang mengalami masalah rambut rontok, tipis, dan ingin memanjangkan rambut bisa menjadikan minyak zaitun sebagai alternatif.

Tuangkan minyak zaitun secukupnya ke tangan. Kemudian, oleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30-45 menit sampai kering lalu bilas menggunakan shampoo.

3. Minyak Esensial

Nutrisi tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga rambut. Rambut pria yang panjang dan tebal tentu saja disebabkan oleh asupan nutrisi yang berkecukupan. Minyak esensial layak untuk Anda coba jika ingin memiliki rambut panjang dengan cepat. Tak hanya itu, minyak esensial juga bermanfaat untuk menciptakan akar rambut yang kuat.

4. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya dalam memanjangkan dan melebatkan rambut memang sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya, banyak produsen shampoo yang mencampurkan ekstra lidah buaya ke dalam larutan shampoo produksi mereka.

Cara memanjangkan rambut pria menggunakan lidah buaya sangat mudah. Sediakan daun lidah buaya, kemudian potong dan ambil gel di dalamnya. Setelah terkumpul banyak, kira-kira satu mangkok, oleskan gel lidah buaya tersebut ke rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam agar seluruh kandungannya meresap. Lalu, bilas dengan shampoo sampai bersih.

Untuk mempercepat penumbuhan rambut, gunakan gel lidah buaya setiap hari sebelum Anda mandi pagi atau sore.

5. Santan

Santan yang biasanya kita gunakan sebagai bahan masakan ternyata juga memiliki manfaat untuk memanjangkan rambut secara cepat, lho.

Siapkan kelapa yang sudah diparut, kemudian beri air dan peras hingga menjadi santan. Setelah itu, oleskan santan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit sampai mengering. Lalu, bilas rambut dengan shampoo sampai bersih.

Selain menggunakan bahan alami, cara memanjangkan rambut pria juga bisa dilakukan dengan sejumlah metode berikut ini:

1. Sering-sering Memotong Rambut

Ada kepercayaan jika sering memotong rambut, maka rambut akan jadi semakin tebal dan cepat panjang. Cara memanjangkan rambut pria satu ini memang tidak bisa dibuktikan efektifitasnya. Siapapun orangnya, rata-rata pertumbuhan rambut hanya sekitar 2 cm per bulan sehingga butuh waktu sampai rambut bisa panjang dan tebal kembali pasca dipotong.

Memotong rambut lebih ditujukan agar rambut senantiasa sehat dan bebas dari masalah rambut rontok dan bercabang. Potong rambut Anda hanya di bagian ujungnya saja alih-alih memotong semuanya sampai pendek. Dengan begitu, rambut tetap bisa tumbuh dengan baik sampai jadi panjang.

2Hindari Mengeringkan Rambut pakai Hairdryer

Menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut memang mudah dan cepat. Akan tetapi, panas yang dihasilkan hairdryer justru akan membuat rambut jadi cepat kering dan mudah rontok. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan cara alami seperti mengeringkan rambut di bawah sinar matahari, atau menggunakan kipas angin.

3. Tidak Keramas Setiap Hari

Jika Anda ingin rambut cepat panjang, maka sebaiknya tidak usah keramas setiap hari. Keramas setiap hari berpotensi menghilangkan minyak alami rambut. Akibat minyak rambut yang hilang, rambut menjadi kering dan tidak dapat tumbuh optimal. Idealnya, keramaslah setiap 2-3 hari sekali.

Dalam menerapkan cara memanjangkan rambut pria ini, baiknya setiap habis keramas bilas dengan air dingin agar kutikula rambut menjadi lembut, pun rambut bebas dari kekeringan.

4. Pakai Conditioner

Conditioner adalah solusi bagi Anda yang sedang mencari tahu cara memanjangkan rambut pria dengan cepat. Kandungan conditioner mampu menggantikan protein dan lipid yang hilang, serta menutup kutikula agar rambut tidak rusak.

Untuk hasil terbaik, pakailah conditioner rambut satu minggu sekali. Ingat, balurkan hanya di rambut dan jangan sampai menyentuh kulit kepala agar rambut tidak rontok.

5. Masker Rambut

Cara cepat memanjangkan rambut pria juga bisa melalui medium masker rambut. Hal ini diamini oleh banyak pria yang telah mencobanya. Sama seperti conditioner, Anda cukup menggunakan masker rambut setiap satu minggu sekali. Selama rutin memakainya, rambut dapat tumbuh dengan cepat.

6. Memerhatikan Asupan Nutrisi Makanan

Nutrisi yang didapat dari makanan juga berpengaruh terhadap percepatan pertumbuhan rambut. Anda yang kini tengah memanjangkan rambut, selain melakukan cara memanjangkan rambut pria di atas, hendaknya perhatikan juga kadar asupan nutrisi.

Makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin B sangat cocok untuk Anda konsumsi oleh karena kedua vitamin tersebut efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut.

7. Jangan Sisi Rambut saat Basah

Apakah setelah mandi Anda langsung menyisir rambut? Baiknya tinggalkan kebiasaan ini jika ingin rambut cepat panjang. Pasalnya, rambut yang masih basah cenderung mudah rusak dan rontok saat disisir.

Tunggu sampai rambut Anda benar-benar kering, baru kemudian sisir menggunakan sisir dengan sikat halus agar mencegah rambut rontok.

8. Hindari Stres

Stres ternyata menjadi penyebab rambut susah tumbuh, bahkan berpotensi mengakibatkan kebotakan. Hindari diri Anda dari yang namanya stress. Lakukan manajemen stres dengan melakukan sejumlah aktivitas yang bermanfaat seperti olahraga teratur dan perbanyak bersosialisasi.

9. Tidur yang Cukup

Saat Anda tidur, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon pertumbuhan, tak terkecuali untuk pertumbuhan rambut. Tidur malam yang cukup juga membuat sirkulasi darah di kulit meningkat sehingga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Tidur selama 7-8 jam setiap malam jadi cara cepat memanjangkan rambut pria yang sehat dan efektif.

Tips Memanjangkan Rambut bagi Pria

Rambut panjang pada pria memang bagus, tapi bukan Anda bisa begitu saja menerapkan model rambut seperti ini. Berikut adalah tips memanjangkan rambut bagi pria yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

1. Sesuaikan Model Rambut Panjang dengan Wajah

Rambut panjang harus disesuaikan dengan postur tubuh dan wajah. Ini agar nantinya Anda tidak terlihat aneh. Jika memiliki postur tubuh besar, cobalah model choppy layers dengan panjang rambut tidak boleh melebihi bahu. Tujuannya agar wajah tetap terlihat soft. Rambut yang terlalu panjang malah akan membuat orang cenderung fokus pada tubuh besar Anda.

2. Saat Rambut sedang Tumbuh, Sesuaikan Gaya Rambut

Ada kalanya rambut panjang Anda yang ‘nanggung’ malah membuat Anda terlihat aneh. Solusinya, tetap lakukan pemotongan rambut namun dengan skala kecil. Selain itu, jangan lupa rawat rambut menggunakan produk perawatan rambut.

Anda bisa menyesuaikannya dengan menerapkan model rambut seperti licked back, tergantung dari panjangnya rambut saat ini. Perbanyak referensi model rambut agar Anda senantiasa tahu apa yang harus dilakukan di tiap tahap pertumbuhan rambut.

Menyesuaikan gaya rambut seperti ini juga berguna untuk menghasilkan rambut panjang yang indah dan sehat.

3. Saat Sudah Panjang, Jangan Berhenti Melakukan Perawatan Rambut

‘Mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan’. Istilah ini juga berlaku ketika rambut Anda sudah berhasil panjang sesuai keinginan. Merawat rambut panjang memerlukan perhatian yang lebih kompleks di banding menumbuhkannya.

Tips merawat rambut panjang pria salah satunya adalah jangan sering-sering mengibaskan rambut dengan tangan. Terkait hal ini, baiknya rajin-rajinlah mencukur ujung rambut dan gunakan produk perawatan rambut. Selain itu, hindari mengikat rambut menggunakan ikat rambut dan lebih baik pilih teknik ikat rambut top knot saja.

Itu dia informasi cara cepat memanjangkan rambut pria dan tips merawat rambut panjang yang bisa Anda coba. Untuk terlihat stylish dengan rambut panjang, tentu ada proses yang panjang dan membutuhkan konsistensi Anda, mulai dari menumbuhkan hingga merawatnya. Jadi, sudah siap bergaya ala Jason Momoa dan kawan-kawan? Selamat mencoba.