Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bunga kantil, atau juga dikenal dengan cempaka putih, adalah salah satu bunga yang memiliki wewangian sangat khas. Harumnya memang sangat tajam, sehinga mampu mendominasi aroma apapun yang ada di sekitarnya. Tidak heran jika bunga ini sering dimanfaatkan sebagai pengharum tubuh maupun ruangan. Salah satu penggunaannya adalah sebagai aksesoris pengantin, di mana bau harumnya bahkan bisa menutupi bau keringat yang mungkin muncul karena seharian mengikuti prosesi.

Cara Memanfaatkan Bunga Kantil untuk Menghilangkan Bau Badan

Dalam berbagai kepercayaan, bunga kantil juga memiliki mitos yang beragam. Wanginya yang khas kerap dikaitkan dengan berbagai hal mistis, termasuk keberadaan makhluk halus. Itulah salah satu alasan bunga ini kerap dipergunakan dalam berbagai upacara adat, baik sebagai perlengkapan ritual maupun hanya sebagai hiasan.

Terlepas dari macam penggunaannya, bunga kantil ternyata tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai hiasan yang memberi aroma wangi. Beberapa orang telah memanfaatkan bunga ini untuk benar-benar mengusir bau badan. Bagi yang bermasalah dengan bau keringat, maka air rebusan bunga kantil adalah salah satu solusinya.

Caranya pun cukup mudah, ambil daun kantil secukupnya dan rebus dalam air. Anda bisa menambahkan daun sirih jika mau, atau wewangian lain yang anda sukai. Setelah direbus hingga layu, maka air rebusan tersebut bisa digunakan untuk mandi. Beberapa orang juga melakukan cara yang dianggap lebih efektif, yaitu merebus bunga kantil dan meminum air sari patinya. Jika dilakukan secara teratur, cara ini dipercaya akan bisa mengusir bau badan secara permanen.

Selain menghilangkan bau badan, minum air rebusan bungan kantil juga membawa manfaat lain untuk kesehatan. Bunga ini memiliki berbagai kandungan yang bisa meringankan bahkan mengobati gangguan vertigo dan perut kembung. Masalah lain yang bisa diatasi dengan air rebusan bunga ini antara lain keputihan, batuk, gangguan pernapasan, dan sinusitis.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi