Terbit: 29 Januari 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara memakai serum wajah dimulai dengan membersihkan wajah, pakai toner, aplikasikan serum, lalu pelembap. Pelajari cara pakai serum wajah dan krim malam yang benar dalam pembahasan ini.

5 Cara Memakai Serum Wajah (Jenis, Tips, dan Tahapan Skin Care)

Apa Itu Serum Wajah?

Serum adalah salah satu dari rangkaian perawatan kulit untuk menargetkan masalah kulit tertentu. Serum terdiri dari konsentrat bahan aktif yang lebih kuat dari krim wajah biasa dan molekulnya lebih kecil hingga menembus ke jaringan kulit yang lebih dalam untuk memperbaiki masalah kulit.

Umumnya, serum wajah digunakan untuk mengatasi masalah keriput, jerawat, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan. Berbagai jenis dan kandungan serum juga dapat membangun kolagen dan antioksidan kulit, sehingga kulit menjadi lebih lembut, kenyal, cerah, bersih, sehat, dan tampak lebih muda.

Kandungan dan Jenis Serum Wajah

Sebelum mempelajari cara pakai serum wajah yang benar, mari pelajari apa saja kandungan dan jenis-jenis serum sesuai manfaatnya. Berikut ini penjelasannya!

1. Vitamin C

Manfaat serum vitamin C sebagai antipenuaan kulit sangat direkomendasikan untuk semua orang di usia 30-40an, namun akan lebih efektif bila digunakan pada usia yang lebuh muda. Vitamin C akan membangun kolagen dan sistem kekebalan kulit, sehingga kulit akan terlihat glowing dan awet muda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Serum Antioksidan

Fungsi antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Antioksidan akan melindungi kulit Anda dari stres kulit dan zat-zat berbahaya akibat lingkungan, seperti asap, debu, atau polusi udara. Selain antioksidan alami dari makanan sehat, Anda juga bisa menggunakan serum antioksidan untuk manfaat kulit.

3. Retinol

Retinol adalah turunan vitamin A untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk tanda-tanda penuaan seperti keriput, kerutan, bekas jerawat, bintik hitam, dan kulit kering. Pelajari lebih lanjut tentang cara memakai serum wajah retinol di sini.

4. Hyaluronic Acids

Hyaluronic acids adalah agen untuk melembapkan kulit dan merawat kesehatan kulit dari waktu ke waktu. Kandungan ini akan mengunci air alami di kulit dan menghidrasi kulit secara natural.

5. Antiinflamasi

Gunakan serum antiinflamasi bila Anda memiliki jenis kulit sensitif. Bahan aktif serum antiinflamasi biasanya berupa zinc, arnica, atau aloe vera.

6. Serum Berbasis Tumbuhan

Ada berbagai jenis serum berbasis tumbuhan seperti liquorice untuk mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, dan bekas luka. Tergantung pada bahan aktif serum, namun biasanya juga berfungsi untuk mengatasi warna kulit tidak rata dan melembapkan kulit secara alami.

Cara Memakai Serum Wajah

Bila Anda sudah menemukan jenis serum sesuai kebutuhan Anda, namun belum paham bagaimanan cara menggunakannya. Berikut ini cara pakai serum wajah yang benar!

1. Cleanser (Pembersih Wajah)

Pertama, cuci muka dengan produk face cleansing atau pembersih wajah yang cocok untuk kulit wajah Anda. Ini adalah step awal untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk dan menyumbat kulit sebelum menggunakan serum.

2. Aplikasikan Toner, Mist, atau Produk Berbasis Air

Menggunakan layer produk yang tepat akan meningkatkan hasil perawatan kulit. Aplikasikan toner yang cocok untuk jenis kulit Anda dengan lembut, terutama pada bagian pipi, hidung, dagu, dan leher Anda. Bila tidak suka menggunakan toner, silakan gunakan rosewaterwitch hazel, aloe vera, atau kompres wajah dengan air hangat.

3. Pakai Serum Wajah

Setelah membersihkan dan melembapkan kulit, berikut ini cara pakai serum wajah yang benar:

  • Gunakan dua tetes serum (sebagian produk mungkin menyarankan 3-4 tetes serum).
  • Oleskan serum di ujung jari lalu tepuk lembut ke seluruh wajah.
  • Jangan menarik, menggosok kulit terlalu kelas, atau menggunakan serum terlalu banyak.
  • Anda juga bisa meneteskan serum ke telapak tangan, lalu mengaplikasikannya ke wajah dengan lembut dan perlahan.
  • Pijat kulit dengan lembut bila perlu.

4. Tunggu Serum Menyerap

Setelah tahu cara memakai serum wajah, sekarang tunggu beberapa menit hingga serum menyerap sebelum Anda mengaplikasikan produk skin care selanjutnya. Produk serum wajah dengan formulasi yang baik akan menyerap dengan cepat. Bila serum meninggalkan residu, lengket, dan berminyak, mungkin produk tersebut tidak diformulasikan dengan baik.

5. Gunakan Pelembap

Cara memakai serum yang benar harus diakhiri dengan mengaplikasikan pelempab. Serum terdiri dari konsentrasi bahan aktif yang mungkin terlalu kuat dan dapat menyebabkan iritasi, jadi harus diseimbangkan dengan krim pelempab, baik berupa krim siang atau krim malam. Krim pelembap juga akan mengunci serum agar fungsinya semakin maksimal.

Baca Juga: 10 Urutan Skincare Pagi yang Benar untuk Kulit Cantik dan Glowing

Tips Pakai Serum Wajah yang Benar

Ada beberapa tips menggunakan serum wajah, sebagai berikut:

1. Tes Serum Terlebih Dulu

Anda mungkin sedang mencoba jenis serum atau konsentrasi serum, sebaiknya coba dulu di kulit tangan untuk memastikan konsentrasi tersebut aman untuk Anda. Terutama bila Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus mencoba semua jenis skin care atau make up di kulit tangan sebelum mengaplikasikannya ke kulit wajah.

2. Penyimpanan Serum

Simpan semua produk kecantikan Anda di tempat yang kering dan sejuk. Jangan lupa untuk menutup kemasan produk dengan benar setelah menggunakannya.

3. Lakukan Ini Bila Menggunakan Krim Malam

Cara pakai serum dan krim malam sama seperti yang sudah dijelaskan, namun ada beberapa tips berikut ini:

  • Tunggu beberapa menit atau sampai serum menyerap sebelum menggunakan krim malam.
  • Jangan menggunakan lapisan serum terlalu banyak di malam hari dan sebaiknya biarkan kulit sedikit beristirahat.
  • Biasanya krim malam terdiri dari kandungan terkonsentrasi, jadi Anda bisa memilih hanya menggunakan krim malam saja atau serum malam saja. Jangan keduanya atau jangan terlalu sering menggunakan keduanya.
  • Tunggu beberapa menit sampai skin care menyerap sebelum tidur dan pertimbangkan menggunakan sarung bantal berbahan satin agar skin care tidak terhapus di kain.

4. Baca Label Instruksi

Setiap produk memiliki aturan dan cara pakai serum wajah berbeda. Ada produk serum yang sebaiknya hanya digunakan satu kali atau instruksi tertentu.

5. Hindari Skin Care dengan Pewangi Buatan

Baca label kandungan produk. Hindari semua produk kecantikan dengan pewangi dan pewarna kimia yang berbahaya. Baca tentang produk kecantikan yang berbahaya di sini.

Itulah pembahasan tentang cara memakai serum wajah secara umum. Perlu dipahami bahwa setiap produk serum dan skin care mungkin memiliki aturan dan cara pakai berbeda, jadi tetap baca instruksi penggunakan di balik kemasan atau konsultasikan dengan profesional di bidang kecantikan dan perawatan kulit.

 

  1. Face Serum. 2020. How To Use Face Serum. https://www.faceserum.com/how-to-use-face-serum/. (Diakses pada 29 Januari 2021).
  2. Jaychander, Neeti. 2018. Benefits of face serum, how to choose and apply them. https://www.femina.in/beauty/skin/face-serum-benefits-how-to-choose-and-apply-74879.html#:~:text. (Diakses pada 29 Januari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi