Terbit: 6 Februari 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Bayak orang yang secara tidak sadar menerapkan cara memakai masker yang tidak benar. Hal ini tentu saja membuat fungsi masker menjadi tidak optimal. Lantas, bagaimana seharusnya Anda menggunakan masker? Simak informasinya berikut ini!

cara-memakai-masker-yang-benar-doktersehat

Apa Itu Masker?

Masker adalah semacam penutup wajah (khususnya hidung dan mulut) yang biasanya digunakan seseorang ketika sedang sakit, beraktivitas di luar ruangan, pun oleh para praktisi medis saat sedang melakukan tindakan operasi.

Masker sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, namun 2 (dua) yang paling umum digunakan adalah:

  • Masker bedah (surgery mask)
  • Masker N95

Masker bedah adalah jenis masker yang—sesuai dengan namanya—diperuntukkan bagi dokter dan perawat ketika sedang menjalankan tugasnya yakni mengoperasi pasien. Akan tetapi, masker ini sekarang juga digunakan oleh masyarakat biasa ketika sedang beraktivitas terutama aktivitas di luar ruangan.

Setiap jenis masker yang diproduksi tersebut tentunya memiliki tingkat efektivitas yang berbeda dalam menangkal partikel-partikel kecil sehingga pemilihannya harus benar-benar tepat sesuai dengan kondisi.

Meskipun masker bedah lebih mudah didapatkan (dan harganya murah), dalam konteks pencegahan virus corona Anda lebih disarankan untuk menggunakan masker N95 oleh karena masker ini dapat menangkal partikel berukuran kurang dari 0,3 mikron (coronavirus berukuran 0,12 mikron).

Fungsi Masker untuk Kesehatan

Fungsi masker untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Menangkal partikel-partikel kecil (debu, kuman, bakteri, virus) masuk ke dalam tubuh
  • Mencegah penularan penyakit dari satu orang ke orang lain
  • Mencegah paparan polusi udara (asap kendaraan, asap pabrik, dsb.) dan bahan kimia
  • Menjaga higienitas ruangan maupun pasien saat tindakan operasi

Cara Memakai Masker yang Benar

Selain pintar-pintar memilih jenis masker kesehatan sesuai kebutuhan, yang juga harus Anda perhatikan adalah bagaimana cara memakai masker yang benar. Pasalnya, tanpa disadari cara pakai masker kita tidak 100 persen tepat. Alhasil, efektivitas masker untuk memproteksi hidung dan mulut akan berkurang.

Berikut ini tips atau cara memakai masker yang benar untuk Anda praktikkan.

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum menyentuh masker, Anda wajib mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih. Alangkah baiknya jika tangan dicuci menggunakan sabun antiseptik kemudian dibasuh dengan air hangat.

Mencuci tangan sebelum memakai masker bertujuan untuk memastikan jika tangan Anda benar-benar steril dari debu maupun partikel-partikel kecil berbahaya lainnya. Jika tangan dalam keadaan kotor, dikhawatirkan kotoran akan menempel pada masker.

2. Keluarkan Masker Dari Kemasan

Selanjutnya, keluarkan masker dari kemasan. Di tahap ini, Anda juga harus memastikan jika kemasan benar-benar tertutup rapat. Setelah masker dikeluarkan, perhatikan dengan seksama apakah ada lubang atau sobekan pada masker.

Jika didapati masker robek atau berlubang, jangan gunakan masker tersebut dan ganti dengan masker lainnya yang memiliki kondisi baik.

3. Sisi dan Warna

Nah, hal ini kerap menjadi kesalahan cara pakai masker pada banyak orang, khususnya masker bedah. Jika diperhatikan secara seksama, ada sisi masker yang sedikit kaku. Sisi inilah yang menjadi sisi atas.

Struktur masker yang kaku tersebut nantinya bisa Anda tekuk pada hidung guna mencegah partikel masuk dari sisi atas. Selain itu, warna masker juga menentukan mana yang menjadi sisi dalam atau sisi luar.

Warna hijau atau biru menjadi sisi luar, sedangkan warna putih merupakan sisi dalam. Jika selama ini Anda menerapkan sebaliknya, coba diubah dari sekarang, ya.

4. Pengait Masker

Masker kesehatan yang beredar di pasaran umumnya memiliki 2 (dua) macam pengait, yaitu:

  • Pengait telinga, yakni masker ditempelkan pada area mulut dan hidung kemudian tali kaitnya dilingkarkan pada bagian belakang daun telinga
  • Tali pengikat, yakni masker ditempelkan pada area mulut dan hidung kemudian tali pengikat ditarik ke kepala bagian belakang

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan saat Kabut Asap

5. Tarik Sisi Bawah ke Dagu

Setelah masker sudah terpasang, tarik bagian bawah masker hingga menutupi dagu. Hal ini guna memastikan jika area mulut dan dagu Anda sudah tertutup seutuhnya sehingga tidak ada debu, kuman, maupun partikel berbahaya lainnya yang masuk.

6. Melepaskan Masker

Setelah seharian digunakan, saatnya melepas masker untuk selanjutnya diganti dengan yang baru. Cara melepaskan masker yang benar adalah sebagai berikut:

  • Cuci tangan dengan sabun antiseptik dan air bersih sebelum menyentuh masker
  • Hindari menyentuh masker bagian depan karena kemungkinan sudah terkontaminasi
  • Lepas kaitan masker secara perlahan-lahan
  • Buang masker ke tempat sampah, kemudian cuci tangan kembali
  • Cuci muka dengan sabun dan air bersih (lebih baik lagi jika menggunakan air hangat)

Hal Lain yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Masker

Setelah mengetahui cara memakai masker yang benar, ada hal-hal lain yang juga harus Anda perhatikan terkait penggunaan alat yang satu ini, yaitu:

  • Perhatikan kemasan masker sebelum membeli. Pastikan kemasan dalam kondisi baik (tidak rusak, robek, dsb.)
  • Sebaiknya membeli masker di apotek untuk menjamin kualitas produknya
  • Masker bedah hanya bisa dipakai sekali. Hindari kebiasaan menggunakan tiap masker lebih dari satu kali karena masker bekas sudah terkontaminasi
  • Buang masker bekas di tempat seharusnya
  • Simpan masker di tempat yang kering dan steril
  • Untuk pencegahan infeksi virus corona, sebaiknya menggunakan jenis masker N95 ketimbang masker bedah biasa. Pasalnya, masker bedah tidak bisa menangkal partikel kecil yang berukuran di bawah 0,3 mikron
  • Jika sedang sakit, selain menggunakan masker, batasi juga interaksi dengan orang lain guna mencegah penularan penyakit

Itu dia informasi mengenai cara memakai masker yang benar untuk Anda terapkan. Jika ragu, tanyakan juga pada dokter mengenai prosedur-prosedurnya. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. How To Put and Remove a Face Mask. https://www.sfcdcp.org/communicable-disease/healthy-habits/how-to-put-on-and-remove-a-face-mask/ (Diakses pada 6 Februari 2020)
  2. Pathak, N. 2020. Can Wearing a Mask Protect You From Coronavirus? https://www.medscape.com/viewarticle/924531 (Diakses pada 6 Februari 2020)
  3. Secon, H. 2020. People are racing to buy face masks amid the coronavirus outbreak, but they probably won’t protect you from illness. https://www.businessinsider.sg/wuhan-coronavirus-face-masks-not-entirely-effective-2020-1/?r=US&IR=T (Diakses pada 6 Februari 2020)



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi