Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

doktersehat-stroberi-untuk-masker

DokterSehat.Com– Bicara soal hair styling, rambut lurus merupakan gaya rambut yang paling banyak diminati para wanita sehingga merepa mencari cara meluruskan rambut. Bahkan, gaya rambut lurus ini dapat menjadikan penampialn tetap flawless dan elegan.

Tidak heran jika gaya rambut lurus masih bertahan sejak lama. Kendati demikian, sejumlah orang yang tidak terlahir dengan rambut lurus akan melakukan beragam cara meluruskan rambut secara alami. Termasuk menggunakan perawatan atau alat styling tertentu yang belum tentu aman bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Maka dari itu, tidak ada salahnya menggunakan sejumlah bahan alami untuk meluruskan rambut.

 

Cara Meluruskan Rambut dengan bahan Alami

1. Telur dan minyak zaitun

Dilansir dari laman Reward Me, campuran kedua bahan ini dapat menutrisi dan menguatkan rambut Anda. Kendati demikian, campuran minyak zaitun dan telur dengan perbandingan 1:2 ini dapat menjadikan rambut menjadi lebih lurus.

2. Susu, madu dan stroberi

Kombinasi dari bahan-bahan tersebut terdengar lezat untuk dinikmati bukan? Namun siapa yang akan menyangka jika perpaduan susu, madu dan stroberi merupakan cara  meluruskan rambut alami. Tidak hanya meluruskan rambut, campuran tersebut juga menjadikan rambut lebih halus dan lembut.

3. Lidah buaya

Kandungan enzim pada lidah buaya tidak hanya menstimulasi pertumbuhan rambut saja. Namun, juga dapat mengurangi tekstur rambut yang kasar. Tidak heran mengaplikasikan lidah buaya pada rambut dapat menjadikan rambut semakin lurus.

4. Minyak castor

Minyak castor tidak hanya dapat mengatasi kulit kepala yang bermasalah. Namun, juga menjadikan cara meluruskan rambut dengan alami. Mengaplikasikan minyak castor untuk meluruskan rambut juga menjadikan rambut lebih bersinar dan mudah diatur.

5. Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan yang lebih populer. Cuka terkenal dapat membantu meluruskan rambut dan berkilau. Setelah Anda membersihkan kondisioner dari rambut Anda, tambahkan beberapa tetes cuka ke dalam cangkir air dingin dan bilaskan pada rambut Anda.

6. Jus lemon dan santan

Ketika orang bertanya bagaimana cara meluruskan rambut secara alami? Jawabannya adalah jus lemon. Buah berwarna kuning ini adalah pelurus rambut alami. Selain itu, jika Anda mencampurnya dengan santan, ini akan bermanfaat sebagai kondisioner. Oleskan campuran ini pada helai rambut Anda dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

7. Pisang, curd, madu dan minyak zaitun

Masker rambut ini adalah kekuatan yang dikemas dengan kondisioner alami seperti curd (olahan susu) dan minyak zaitun.

Cara meluruskan rambut dengan ketiga bahan tersebut:

  • Siapkan dua buah pisang matang dan 2 sendok makan madu, minyak zaitun dan curd, lalu tumbuk menjadi pasta halus.
  • Lapisi rambut Anda dengan masker ini dan tutupi dengan shower cap.
  • Biarkan selama 1/2 jam dan kemudian bersihkan.

Penting untuk dicatat bahwa ramuan ini harus digunakan dua atau tiga kali seminggu, dan tidak setiap hari.

8. Beras dan telur

Kandungan dari kedua bahan alami ini dapat menghilangkan ketombe dan membuat rambut Anda terasa halus dan bersih. Beras dan telur juga dapat menyuburkan rambut, menghilangkan kotoran, dan memperbaiki kerusakan, menyehatkan rambut, dan yang terpenting bagi andan yang memiliki rambut kriting, kedua bahan ini juga dapat meluruskan rambut.

Caranya, campurkan tepung beras dan telur hingga menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut pada rambut Anda. Tutupi rambut dengan shower cap. Biarkan masker selama sekitar satu jam. Bilas dengan air dingin dan sampo bebas sulfat ringan. Lakukan cara ini sekali seminggu.

 

Dibanding menggunakan bahan kimia atau styling tools bersuhu tinggi yang dapat menyebabkan sejumlah masalah, tidak ada salahnya menjajal cara aman dengan bahan alami. Selain dapat meluruskan rambut, kandungan pada bahan-bahan alami ini juga menjadikan kulit kepala dan rambut lebih ternutrisi.