10 Cara Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami

cara-melebatkan-rambut-bayi-doktersehat

DokterSehat.Com – Hampir semua orang tua menginginkan agar bayinya memiliki rambut yang lebat dan tebal karena terlihat lebih indah. Tidak semua bayi terlahir dengan rambut yang tebal. Jumlah bayi yang terlahir dengan rambut tipis juga terbilang banyak. Orang tua yang memiliki bayi dengan rambut tipis pun merasa tidak puas.

Para orang tua dengan bayi berambut tipis berusaha untuk menebalkan rambut bayi mereka. Cara yang biasa ditempuh hanyalah cara cepat yakni dengan membeli produk tertentu agar rambut lebih lebat. Ada berbagai cara melebatkan rambut bayi secara alami yang tentunya lebih aman dan hemat.

Begini cara melebatkan rambut bayi secara alami:

1. Pijat kulit kepala bayi Anda

Pijatan lembut tangan Anda pada kepala bayi merupakan salah satu cara melebatkan rambut bayi. Jenis perawatan bayi yang satu ini bisa juga untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan rambut. Lanjutkan pemijatan dengan durasi 30 detik setiap kali pijatan. Anda bisa menambahkan minyak essensial seperti rosemary, lavender, peppermint, dan lainnya.

2. Oleskan minyak kemiri

Kemiri dipercaya memiliki manfaat yang banyak untuk rambut. Tidak hanya untuk dewasa, manfaat minyak kemiri untuk bayi ini jarang diketahui orang. Selain bisa menghitamkan rambut, kemiri juga bisa untuk melebatkan rambut. Bakarlah beberapa butir kemiri hingga mengeluarkan minyak lalu olesi pada rambut bayi Anda.

3. Berikan asupan bergizi

Zat gizi merupakan kunci untuk kesehatan anggota tubuh termasuk rambut. Berikan ASI sebagai makanan awal terbaik pada bayi baru lahir. Kemudian lanjutkan dengan makanan pendamping ASI yang bergizi. Tambahkanlah makanan yang mengandung Vitamin D karena bisa mendorong pertumbuhan rambut agar menjadi lebat. 

Baca juga: Inilah 3 Menu MPASI Kaya Gizi untuk Bayi, Perlu Dicoba!

4. Jaga kebersihan kulit kepala

Jagalah kebersihan kulit kepala dan rambut bayi Anda dengan memberikan shampo setiap kali mandi. Gunakanlah shampo yang mengandung minyak kemiri dan aman bagi rambut bayi dan tidak perih. Segera keringkan rambut bayi selesai Anda memberikan shampo. Hal ini bertujuan untuk mencegah rambut bayi lembab atau basah terlalu lama.

5. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala bayi. Banyak orang yang menggunakan lidah buaya sebagai cara melebatkan rambut bayi secara alami. Hal ini dikarenakan penggunaan lidah buaya pada rambut bayi tergolong mudah dan memberikan hasil yang cukup memuaskan

6. Terapi minyak argan

Beberapa tahun belakangan ini, minyak argan tengah populer. Hal ini dikarenakan manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut cukup terasa. Minyak argan terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga menjadi kuat, tebal, dan halus. Jadi, dengan melakukan terapi minyak argan, rambut bayi Anda tidak hanya menjadi tebal saja tetapi juga kuat dan halus.

7. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah rambut pada bayi dan orang dewasa. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara merebus santan hingga keluar minyak. Olesilah minyak kelapa dengan tindakan memijat kepala bayi secara lembut.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Rambut Bayi Tidak Segera Tumbuh Setelah Dibotaki

8. Pakailah sikat rambut yang lembut

Cara menebalkan rambut bayi tidak hanya dengan menggunakan minyak-minyakan saja. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan sikat rambut khusus untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi. Sikat rambut tersebut terbuat dari bulu yang sangat lembut dan kayu alami. Sirkulasi darah pada kulit kepala bayi akan meningkat sehingga membantu pertumbuhan rambut.         

9. Buatlah kondisioner rumahan

Kondisioner merupakan bahan pelengkap shampo yang bisa digunakan untuk melebatkan rambut. Anda bisa membuat kondisioner sendiri yang lebih aman dan ampuh untuk bayi Anda. Campur setengah cangkir minyak zaitun extra virgin dan setengah cangkir madu murni. Kondisioner ini akan lebih terasa manfaatnya untuk rambut bayi bila Anda juga melakukan pijatan.

10. Jangan biarkan rambut bayi kusut

Pada umumnya, bayi menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan berbaring. Hal tersebut membuat rambut bayi dapat dengan mudah kusut. Anda harus segera meluruskan kekusutan rambut pada bayi dengan menyisirnya. Rambut bayi yang dibiarkan kusut bisa menyebabkan kerontokan.