Terbit: 21 Juni 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ada kalanya Anda dihadapkan pada suatu aktivitas yang membutuhkan konsentrasi, sebut saja seperti saat bekerja, ujian sekolah, berkendara, atau bahkan ketika membaca sebuah buku. Konsentrasi yang baik lantas membuat aktivitas yang kita lakukan tersebut berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang positif. Lantas, bagaimana cara melatih konsentrasi agar bisa selalu fokus?

cara-melatih-konsentrasi-doktersehat

Cara Melatih Konsentrasi agar Tidak ‘Gagal Fokus’

Banyak sekali aktivitas yang menuntut kita untuk berkonsentrasi tinggi. Hilang saja sedikit konsentrasi, maka bisa-bisa apa yang kita lakukan tersebut menjadi ‘berantakan’ alih-alih berjalan sebagaimana mestinya. Tak hanya itu, hilangnya konsentrasi juga berdampak pada timbulnya rasa stres pada diri Anda akibat pekerjaan yang menjadi terlihat sulit. Jika sudah begitu, produktivitas pun menurun.

Nah, tentu saja Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Oleh sebab itu, lakukan tips atau cara melatih konsentrasi berikut ini.

1. Tentukan Prioritas

Konsentrasi yang mengalami distraksi umumnya disebabkan oleh banyaknya tugas atau kegiatan yang Anda kerjakan secara bersamaan. Faktanya, tidak semua orang mampu untuk melakukan yang namanya multitasking (meskipun bisa dilatih). Jika sudah begitu, maka tak heran sulit bagi Anda untuk bisa fokus terhadap seluruh hal yang mesti dilakukan.

Solusi agar Anda bisa tetap berkonsentrasi dengan baik ketika beraktivitas adalah, dengan menentukan mana di antara tugas-tugas tersebut yang harus diprioritaskan. Dengan begini, fokus menjadi tidak terbagi-bagi dan Anda dapat menyelesaikn tugas dengan sebaik-baiknya.

Ada baiknya, tugas-tugas yang dirasa berat dilakukan terlebih dahulu sehingga setelahnya beban tidak terlalu berat dan hasil daripada tugas Anda juga tetap berkualitas.

2. Hindari Hal-Hal yang Mengganggu Konsentrasi

Coba perhatikan, apa yang selama ini kerap membuat Anda tidak fokus saat sedang mengerjakan sesuatu? Apakah itu smartphone, website favorit, atau yang lainnya? Jika sudah tahu, maka cobalah untuk sebisa mungkin menghindari hal-hal tersebut selama melakukan pekerjaan.

Berat memang, apalagi jika sudah menjadi kebiasan. Namun, inilah cara melatih konsentrasi yang efektif, mengingat sebagian besar orang acap kali terganggu konsentrasinya oleh hal-hal yang bis disebut sebagai ‘kesenangan digital’.

Lagipula, menghindari kesenangan digital tersebut hanya selama Anda belum menyelesaikan pekerjaan, kok. Setelah pekerjaan selesai, tentunya tidak ada yang melarang untuk kembali mengakses dunia maya dari gawai kesayangan. Dengan begitu, konsentrasi akan meningkat.

3. Meditasi

Melakukan meditasi adalah salah satu cara melatih fokus yang paling efektif dan sudah banyak orang yang membuktikanya. Dengan berdiam diri sambil duduk dan memejamkan mata selama minimal 1 (satu) jam dapat membuat pikiran tenang dan otak jadi lebih mudah berkonsentrasi.

Selain itu, bermeditasi juga berfungsi untuk melatih pernapasan Anda, yang mana hal ini sangat baik demi menjaga kesehatan sistem pernapasan. Cobalah untuk melakukan cara melatih konsentrasi yang satu ini di waktu-waktu seperti pagi hari dan malam sebelum tidur.

4. Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang disebut-sebut ideal untuk dijadikan cara melatih konsentrasi Anda. Pasalnya, kegiatan fisik yang satu ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang mana metabolisme juga memiliki kaitan dengan kemampuan berkonsentrasi.

Studi membuktikan bahwasanya olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu peningkatan fungsi otak, termasuk kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Selain itu, tentu kita semua setuju jika olahraga sangat dianjurkan guna menjaga tubuh agar tetap bugar.

5. Mendengarkan Musik Klasik

Alih-alih menyetel musik keras, yang mana hal ini justru membuyarkan konsentrasi, yang harus Anda lakukan sebagai cara melatih konsentrasi adalah dengan mendengarkan alunan musik-musik klasik dari sejumlah komposer kenamaan semisal Bach, Mozart, atau Beethoven.

Mendengarkan musik klasik menurut sejumlah penelitian efektif untuk melatih konsentrasi seseorang. Hal ini karena kegiatan ini memiliki cara kerja dan efek yang sama seperti cara melatih fokus berupa meditasi. Mendengarkan musik klasik membatasi Anda dari gangguan-gangguan eksternal yang berpotensi menghambat konsentrasi.

6. Melatih Kemampuan Otak

Melatih kemampuan berpikir otak juga menjadi alternatif cara melatih fokus Anda. Latihan yang dimaksud seperti bermain game teka-teki atau yang berhubungan dengan strategi. Selain itu, Anda juga bisa membentuk kelompok diskusi dengan orang-orang terdekat untuk membicarakan suatu topik tertentu. Bermain musik pun tak ketinggalan dalam memberikan manfaat untuk melatih konsentrasi.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, secara tidak langsung Anda sedang melatih otak untuk berpikir, yang mana hal ini dapat membuat kinerja otak mengalami peningkatan, termasuk peningkatan daya konsentrasi.

7. Minum Air Putih

Kekurangan cairan di dalam tubuh juga berdampak pada penurunan daya konsentrasi. Oleh sebab itu, cara melatih fokus juga harus diimbangi dengan konsumsi cairan—dalam hal ini air putih—dengan jumlah yang ideal, yakni sekitar 8 – 10 gelas per hari.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, dan jeruk guna semakin menambah asupan cairan di dalam tubuh sehingga konsentrasi tetap terjaga.

8. Istirahat yang Cukup

Otak adalah organ tubuh yang juga tidak bisa terus-menerus dipaksakan bekerja. Apabila Anda memaksa untuk tetap bekerja dengan dalil ingin menyelesaikan tugas-tugas yang dikerjakan, maka hal ini akan berdampak pada penurunan daya konsentrasi otak.

Jika nyatanya hal ini sudah terlanjut terjadi pada Anda, maka cara melatih konsentrasi otak agar bisa fokus  kembali seperti sedia kala adalah dengan tidak memaksa otak untuk terus bekerja. Alih-alih demikian, yang harus Anda lakukan adalah beristirahat yang cukup.

Studi sendiri sudah mengamini hal ini, bahwa istirahat (tidur) memiliki efek yang signifikan terhadap peningkatan memori dan fokus seseorang. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup jika ingin kemampuan konsentrasi meningkat.

Konsentrasi Baik, Produktivitas Tinggi

Itu dia tips atau cara melatih konsentrasi agar Anda tidak ‘gagal fokus’ ketika sedang melakukan tugas dan kewajiban yang dimiliki. Meskipun tidak mudah, atas nama produktivitas, seharusnya hal ini tak lantas membuat Anda sungkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi