Terbit: 21 April 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Bagaimana cara melancarkan BAB yang ampuh? Masalah buang air besar merupakan masalah yang umum di masyarakat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai sebab seperti pola makan, gaya hidup, hingga kondisi kesehatan tertentu. Nah, jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah ini, berikut adalah berbagai cara melancarkan BAB yang Anda butuhkan!

12 Cara Melancarkan BAB Setiap Hari yang Paling Ampuh!

Cara Melancarkan BAB

Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada yang melakukannya setiap hari, melakukannya lebih dari satu kali dalam sehari, dan ada juga yang melakukannya beberapa hari sekali.

Meskipun tidak ada ukuran yang pasti, namun BAB lebih dari tiga hari sekali biasanya sudah dikategorikan sebagai konstipasi atau sembelit. Selain BAB yang jarang, sembelit juga membuat BAB menjadi lebih keras.

Kondisi ini tentunya tidak menyenangkan dan dapat menimbulkan komplikasi lainnya apabila dibiarkan.

Nah, agar BAB lancar, ini 12 cara melancarkan BAB yang dapat Anda coba!

1. Tambah Asupan Cairan

Cara melancarkan BAB yang pertama sangat mudah, yaitu dengan memerhatikan asupan cairan tubuh.

Dehidrasi adalah salah satu penyebab sembelit. Maka dari itu, memastikan asupan cairan terpenuhi merupakan salah satu cara agar BAB lancar tiap hari. Jika kita berbicara tentang memenuhi asupan cairan, minum air putih tentunya menjadi pilihan yang terbaik dibandingkan jenis cairan lainnya.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat dipercaya dapat melancarkan BAB, konsumsi serat memberikan pengaruh terhadap pergerakan usus.

Namun bukan hanya jumlah seratnya saja yang harus Anda perhatikan ketika Anda mengalami konstipasi, jenis serat yang dikonsumsi juga harus Anda perhatikan. Jenis serat yang harus diperbanyak konsumsinya ketika sembelit adalah jenis serat larut.

Serat larut dipercaya dapat menyerap air dan melunakkan feses serta meningkatkan konsistensinya. Dalam keadaan pencernaan yang normal, tentunya Anda harus kembali menyeimbangkan asupan serat larut dan tidak larut sesuai kebutuhan sistem pencernaan Anda.

3. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dalam tubuh, terutama di sistem pencernaan kita.

Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus dan dipercaya dapat membantu mengatasi sembelit kronis. Sebagai salah satu cara mengatasi susah BAB, Anda dapat mencoba konsumsi suplemen probiotik atau makanan yang mengandung probiotik.

Jenis makanan yang mengandung probiotik adalah makanan yang difermentasi seperti yogurt dan kimchi (sayuran fermentasi khas Korea).

4. Prebiotik

Selain makanan mengandung probiotik, Anda juga bisa mengonsumsi makanan prebiotik sebagai cara melancarkan BAB yang keras.

Prebiotik adalah senyawa dalam makanan yang membantu meningkatkan aktivitas mikroorganisme baik dalam pencernaan. Dapat dikatakan bahwa makanan prebiotik adalah makanan yang dapat meningkatkan jumlah probiotik.

Makanan yang mengandung prebiotik antara lain adalah seperti bawang putih, bawang merah, dan juga pisang.

5. Diet Rendah FODMAP

Cara melancarkan BAB selanjutnya adalah dengan cara menerapkan diet rendah FODMAP.

FODMAP merupakan sekelompok karbohidrat yang ditemukan dalam makanan tertentu. Diet jenis ini sering disarankan untuk mengatasi sindrom iritasi usus. Perlu diketahui bahwa sembelit dapat menjadi salah satu gejala dari sindrom iritasi usus.

Namun selain menerapkan diet ini, Anda tentunya harus melakukan beberapa langkah lain untuk mengatasi sindrom iritasi usus. Selain itu, cara ini mungkin kurang ampuh jika sindrom iritasi usus bukan merupakan penyebab sembelit.

6. Coba Obat Pencahar

Obat pencahar dapat menjadi cara mengatasi BAB keras yang cukup ampuh.

Ada banyak jenis obat pencahar bebas resep yang tersedia di apotek. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum memilih jenis pencahar yang tepat untuk Anda,

Beberapa jenis obat pencahar meliputi:

  • Bulking agent. Obat pencahar jenis ini berbasis serat dan bekerja meningkatkan kadar air pada tinja.
  • Stool softener. Pencahar stool softener atau pelunak tinja mengandung minyak sehingga dapat melunakkan tinja dan memudahkan jalannya melalui usus.
  • Stimulant laxative. Pencahar stimulan atau stimulant laxative bekerja merangsang saraf di usus agar meningkatkan gerakan usus.
  • Pencahar osmotik. Pencahar jenis ini melunakkan feses dengan menarik air dari jaringan di sekitarnya ke dalam sistem pencernaan.

Obat pencahar dapat ampuh melancarkan BAB, namun tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin, terutama jika tidak di bawah pengawasan dokter.

7. Minyak Zaitun atau Minyak Biji Rami

Cara agar BAB lancar selanjutnya adalah dengan konsumsi minyak zaitun atau minyak biji rami (flaxseed oil).

Kedua minyak alami ini dipercaya dapat menjadi pencahar alami. Selain itu minyak ini juga memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dan minyak biji rami dapat meringankan sembelit pada pasien yang menjalani hemodialisis atau cuci darah.

8. Minum Kopi

Minum kopi juga dapat menjadi cara melancarkan BAB yang keras, namun cara ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang.

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dengan kandungan kafeinnya dapat menstimulasi usus. Kopi juga mengandung sejumlah serat larut yang sebelumnya sudah disebutkan dapat membantu melancarkan BAB.

Namun reaksi setiap orang mungkin berbeda-beda terhadap kopi. Hanya gunakan kopi sebagai pencahar bila Anda tidak memiliki kondisi pencernaan tertentu yang mengharuskan Anda menghindari kopi.

9. Makan Buah Prune

Prune adalah buah plum kering yang dipercaya dapat menjadi obat alami untuk mengatasi sembelit.

Prune memiliki kandungan serat dan sorbitol yang dapat menjadi pencahar alami. Dosis efektif prune diperkirakan sekitar 50 gram, dikonsumsi dua kali sehari.

Namun prune harus dihindari oleh Anda yang mengalami sembelit karena sindrom iritasi usus, karena prune memiliki kandungan FODMAP.

10. Enema

Enema adalah prosedur memasukkan cairan ke dalam kolon melalui anus.

Enema dapat membantu merangsang buang air besar dan mengatasi sembelit. Prosedur ini bekerja dengan cara melunakkan feses. Jenis-jenis enema yang mungkin dilakukan adalah seperti enema natrium fosfat, enema sabun, enema air keran, hingga enema kopi.

11. Kelola Stres

Otak dan saluran pencernaan saling terhubung erat, maka dari itu stres juga dapat memicu berbagai masalah pencernaan, termasuk konstipasi.

Anda mungkin dapat mengurangi gejala konstipasi dengan cara melancarkan BAB yang sudah disebutkan di atas. Namun apabila penyebab konstipasi adalah stres, maka mengatasi stres itu sendiri menjadi penting juga untuk dilakukan.

12. Olahraga

Cara melancarkan BAB terakhir yang sangat patut untuk dicoba adalah dengan olahraga.

Penelitian tentang olahraga dan intensitas ke kamar mandi sebenarnya menunjukkan hasil yang beragam. Sebagian menunjukkan bahwa keduanya tidak berhubungan, tapi terdapat juga penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat menurunkan gejala konstipasi.

Jika Anda memiliki masalah sembelit, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga secara rutin!

 

  1. Cirino, Erica. 2017. How to Make Yourself Poop. https://www.healthline.com/health/digestive-health/how-to-make-yourself-poop. (Diakses 21 November 2019).
  2. Huizen, Jennifer. 2019. Which foods are good for constipation?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382.php. (Diakses 21 November 2019).
  3. West, Helen. 2017. Thirteen home remedies for constipation. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318694.php#1. (Diakses 21 November 2019).
  4. Whelan, Corey. 2018. Is Stress Causing My Constipation?. https://www.healthline.com/health/stress-constipation. (Diakses 21 November 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi