10 Cara Melancarkan BAB Saat Puasa (Alami dan Efektif)

sembelit-doktersehat

DokterSehat.Com – Buang air besar (BAB) yang lancar sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda selama menjalankan ibadah puasa, namun tak sedikit yang mengalami sembelit karena kakurangan cairan atau dehidrasi. Maka penting untuk mencari cara agar BAB lancar saat puasa, karena bila tidak segera diatasi akan mengganggu kesehatan tubuh, seperti gangguan penyakit anus yang diakibatkan sering mengejan terlalu keras. Lantas bagaimana cara melancarkan BAB saat puasa? Selengkapnya simak ulasannya di bawah ini.

Cara agar BAB Lancar Saat Puasa

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan pencernaan saat puasa dencan cara alami. Berikut cara melancarkan BAB saat puasa yang bisa anda terapkan saat buka puasa dan sahur:

1. Cukup minum air

Sering mengalami dehidrasi dapat menyebabkan sembelit. Cara agar BAB lancar saat puasa adalah minum air yang cukup dan tetap terhidrasi. Anda bisa menerapkan 2-4-2, yaitu minum dua gelas air saat buka puasa, minum empat gelas malam hari, dan minum air dua gelas saat sahur.

Anda juga bisa minum air berkarbonasi, beberapa penelitian telah menemukan bahwa air soda lebih efektif daripada air biasa untuk mengatasi sembelit. Namun, jangan terlalu banyak minum minuman berkarbonasi yang mengandung pemanis, karena buruk untuk kesehatan dan bahkan membuat sembelit bertambah parah.

2. Pepaya

Cara agar BAB lancar saat puasa adalah penuhi serat harian Anda, salah satunya buah pepaya. Buah yang satu ini memang sudah sangat dikenal dengan manfaatnya yang dapat melancarkan masalah susah BAB. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan serat tinggi yang baik untuk kesehatan pencenaan. Maka dengan begitu cukup mengonsumsi setiap kali Anda berbuka dan saur masalah susah buang air besar Anda akan teratasi.

3. Melon

Jika Anda tidak suka pepaya, Anda bisa mengonsumsi buah melon. Buah melon juga memiliki manfaat sebagai salah satu obat alami untuk melancarkan BAB. Hal ini dikarenakan melon mengandung mineral yang sangat tinggi di dalamnya, berfungsi menghilangkan keasaman tubuh yang dapat mengganggu pencernaan, terutama pada organ lambung. Nah, cara melancarkan BAB saat puasa ini mudah dan enak kan?

4. Kubis

Selain menggunakan buah-buahan yang sudah dijelaskan di atas, BAB tidak lancar saat puasa juga bisa diatasi menggunakan kubis atau yang sering dikenal dengan sayur kol. Sayuran ini memiliki manfaat untuk melancarkan susah BAB berkat kandungan serat dan beberapa vitamin yaitu vitamin A, B, C dan E. Semua jenis vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Wortel

Wortel juga salah satu sayuran yang memiliki manfaat untuk BAB tidak lancar saat puasa, berkat kandungan berakaroten atau vitamin A, zat gizi dan kandungan serat tinggi dalam wortel. Dimana kandungan serat yang terdapat dalam kandungan sayur wortel ini dapat berfungsi untuk menaikkan 25% volume fases sehingga masalah susuh buang air besar akan teratasi.

6. Sayuran berdaun hijau

Tidak hanya mengandung serat, sayuran hijau juga merupakan sumber magnesium yang baik dan dapat membantu mengatasi sembelit. Karena sayuran hujau sangat rendah kalori, memiliki kandungan air yang tinggi dan padat nutrisi, dan sayuran hijau ini idealnya harus dikonsumsi setiap hari.

7. Olahraga

Aktivitas fisik dapat meningkatkan aktivitas otot di usus, jadi cobalah untuk menyesuaikan diri dengan lebih banyak gerakan dan olahraga secara rutin dalam seminggu. Olahraga terutama dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di pagi hari, meredam stres, dan memiliki pola pikir positif.

Olahraga yang ringan dapat membantu fungsi usus, seperti peregangan, jogging, yoga, berenang atau menari. Cara melancarkan BAB saat puasa ini memang cukup menguras energi, untuk itu sebaiknya lakukan menjelang buka puasa dan malam hari.

8. Probiotik

Mereka yang mengalami sembelit kronis telah terbukti memiliki ketidakseimbangan bakteri dalam ususnya. Sebagai solusi, makanan probiotik diperkirakan dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mencegah sembelit.

Probiotik juga dapat membantu mengobati sembelit dengan memproduksi asam laktat dan asam lemak rantai pendek. Ini dapat meningkatkan gerakan usus, sehingga memudahkan BAB.

Untuk menambahkan probiotik dalam makanan Anda saat buka puasa dan sahur, cobalah makan makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, asinan kubis dan kimchi, yang mengandung bakteri baik.

Selain makanan probiotik, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen probiotik. Sebaiknya minum suplemen ini setiap hari selama minimal 4 minggu untuk melihat hasilnya.

9. Hindari stres

Stres berpengaruh pada tubuh dalam berbagai cara yang tidak selalu bisa Anda rasakan, seperti meningkatkan ketegangan otot, meningkatkan kadar hormon stres seperti kortisol, menyebabkan kadar gula darah meningkat, mengubah nafsu makan, mengganggu pencernaan normal dengan mengubah lingkungan usus, dan memengaruhi cara kerja kelenjar tiroid dan hormon Anda.

Cara agar BAB lancar saat puasa tentunya menghilangkan stres. Kondisi ini bisa diatasi dengan yoga atau peregangan, meditasi, berdoa, menghabiskan waktu di luar ruangan, membaca atau menulis jurnal, berolahraga, mandi air hangat dan menggunakan minyak esensial yang menenangkan.

10. Kafein

Mengonsumsi minuman berkafein memiliki berbagai efek pada pencernaan tergantung pada orangnya. Bagi sebagian orang, kafein dapat menyebabkan sering buang air kecil dan kadang-kadang memperburuk perasaan cemas dan sembelit.

Sementara pada orang lain, kafein dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dengan merangsang kontraksi otot.

Meski begitu, minumlah kopi secukupnya dan jangan berlebihan. Juga, konsumsi cairan hidrasi lainnya saat buka puasa dan sahur untuk mengimbangi dehidrasi karena kehilangan cairan.

_

Itulah ulasan cara melancarkan BAB saat puasa yang bisa Anda coba di rumah. Bila pencernaan Anda tidak kunjung lancar setelah mencoba cara di atas, yang terbaik adalah konsultasikan dengan dokter ya, Teman Sehat!