Cara Melakukan Senam Kegel untuk Pria

Doktersehat-senam-kegel-pria
Photo Source: bettermennow.com

Senam Kegel Untuk Pria – Pada umumnya senam kegel adalah senam yang identik dengan wanita, namun ternyata manfaat senam kegel juga bisa dirasakan oleh pria. Senam kegel merupakan jenis senam yang dapat dengan mudah dilakukan karena jenis senam ini berbeda dengan senam yang mungkin biasa Anda lakukan.

Anda tidak perlu membutuhkan instruktur senam untuk mengarahkan Anda dalam setiap gerakan senam yang dilakukan.

Seperti senam kegel pada wanita, senam kegel pria disebut juga sebagai latihan otot dasar panggul, yakni tindakan melakukan kontraksi secara berulang pada area otot pubococcygeus (PC).

Latihan ini sangat baik untuk menguatkan otot yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti otot PC yang terletak di area perineum, yakni di antara anus dan skrotum.

baca juga: Kesalahan Senam Kegel yang Kerap Dilakukan Pria dan Wanita

Selain itu, senam kegel juga dapat memperkuat otot bulbocavernosus yang bertugas untuk mensuplai darah ke area penis selama ereksi, memompa saat ejakulasi, dan membantu mengosongkan uretra setelah buang air kecil.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari senam kegel adalah ejakulasi dini, di mana latihan ini menjadi banyak pilihan kaum pria karena relatif mudah untuk dilakukan dan juga memberikan efek yang cukup efektif.

Berikut ini cara senam kegel pria yang bisa Anda coba:

  • Mencari otot yang tepat

Menemukan otot dasar dasar panggul yang tepat bisa dilakukan dengan merasakan area ketika Anda menahan gas yang akan keluar dari dubur atau menghentikan urine pada saat Anda buang air kecil.

Setelah menemukan daerah tersebut, Anda bisa kemudian melihatnya melalui cermin. Otot dasar panggul Anda akan naik bersama dengan alat kelamin dan buah zakar.

  • Menyempurnakan teknik

Ketika Anda sudah melihat otot dasar panggul Anda, sudah saatnya Anda melakukan senam kegel dengan cara mengosongkan kandung kemih terlebih dulu. Setelah itu tempatkan badan Anda pada posisi berbaring dengan mengangkang dan kaki ditekuk.

Agar otot dasar panggul menjadi kencang, yang harus Anda lakukan adalah menahan kontraksi selama 3 detik lalu melepaskan selama 3 detik. Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali. Jika otot sudah semakin kencang, Anda bisa senam kegel ini sambil duduk, berdiri bahkan berjalan.

  • Menfokuskan pada otot dasar panggul

Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik dari senam kegel, sebaiknya Anda hanya memfokuskan pada otot dasar panggul. Saat melakukan senam ini, bernapaslah seperti biasa dan hindari untuk menahan napas.

  • Menjadikannya sebagai rutinitas

Agar hasil dari senam kegel pria menjadi lebih optimal, lakukanlah senam ini ketika Anda juga melakukan rutinitas harian. Contohnya, saat Anda menggosok gigi, Anda juga bisa melakukannya sambil melakukan senam kegel pria.

Jika Anda mengalami kesulitan melakukan latihan ini, jangan malu untuk meminta bantuan atau berkonsultasi ke dokter agar penerapan senam kegel pria lebih terarah dan sesuai.

baca juga: Cara Senam Kegel yang Benar untuk Keperkasaan Pria

Manfaat Senam Kegel Pria

Senam kegel pria bermanfaat untuk meningkatkan kualitas seksual pria, meningkatkan ereksi, membantu orgasme lebih intens, serta mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Selain itu, senam kegel pria juga bermanfaat untuk memperbaiki masalah inkontinensia urine dan inkontinensia feses.

Banyak faktor yang memengaruhi lemahnya otot panggul pada pria, antara lain faktor usia, operasi pengangkatan prostat (prostetektomi radikal), dan kondisi medis seperti diabetes dan kandung kemih yang terlalu aktif.

Secara umum, manfaat senam kegel lainnya antara lain:

  • Membantu menjaga kontrol otot untuk buang air.
  • Senam kegel untuk pria juga mengencangkan otot panggul bawah selama berhubungan seksual sehingga dapat membantu mengelola ereksi atau menunda ejakulasi.