Meditasi, Cara Menuju Hidup yang Lebih Rileks dan Bebas Stres

meditasi-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda butuh ketenangan? Ada banyak sekali cara untuk mencari ketenangan, salah satunya adalah dengan melakukan meditasi. Terlihat sederhana, namun siapa sangka meditasi memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Simak berbagai hal yang perlu diketahui tentang meditasi berikut ini!

Apa Itu Meditasi?

Meditasi adalah teknik yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Awalnya meditasi dilakukan untuk membantu memperdalam pemahaman tentang kekuatan kehidupan yang sakral dan mistis. Namun kini meditasi umumnya merujuk pada teknis yang digunakan untuk relaksasi dan pengurangan stres.

Meditasi dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang mendalam dan pikiran yang tenang. Selama meditasi Anda diharuskan untuk memusatkan perhatian dan menghilangkan aliran pikiran campur aduk yang memenuhi pikiran Anda dan menyebabkan Anda stres.

Manfaat Meditasi

Ada banyak sekali manfaat meditasi untuk kesehatan. Manfaat ini bukan hanya terkait kesehatan mental, tapi juga terkait dengan kesehatan fisik, karena pada dasarnya, keduanya saling berhubungan.

Berikut adalah berbagai manfaat meditasi untuk kesehatan:

  • Mengurangi stres
  • Mengatasi kecemasan
  • Meningkatkan kesehatan emosional
  • Meningkatkan kesadaran diri
  • Membantu Anda fokus lebih lama
  • Mengurangi risiko pikun
  • Meningkatkan energi positif di sekitar Anda
  • Membantu mengatasi kecanduan
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi rasa nyeri dengan memengaruhi otak
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meringankan gejala sindrom iritasi usus
  • Meringankan sakit kepala tipe tegang
  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Meditasi memang memiliki manfaat untuk meringankan gejala berbagai macam penyakit. Namun apabila Anda memiliki gangguan kesehatan fisik maupun mental tertentu, sebaiknya konsultasikan sebelumnya dengan dokter Anda sebelum melakukan meditasi.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa meditasi juga dapat memperburuk gejala berbagai gangguan fisik dan mental tertentu.

Jenis Meditasi

Meditasi adalah istilah umum yang merujuk pada banyak cara untuk menuju keadaan rileks. Terdapat banyak jenis meditasi maupun teknik relaksasi yang memiliki komponen meditasi di dalamnya. Semua teknik meditasi ini bertujuan sama, yaitu kedamaian batin.

Berikut adalah beberapa jenis meditasi yang paling umum:

1. Meditasi Metta

Meditasi metta atau dikenal juga dengan meditasi loving-kindness adalah meditasi yang bertujuan untuk menumbuhkan cinta dan kebaikan terhadap segala sesuatu, termasuk pada musuh dan sumber stres yang kita miliki.

Kunci dari meditasi ini adalah mengulangi pesan berkali-kali, hingga Anda dapat merasakan sikap cinta dan kasih, Meditasi ini dirancang untuk meningkatkan perasaan cinta baik untuk orang lain maupun untuk diri sendiri.

2. Relaksasi Progresif

Relaksasi progresif disebut juga dengan body scan meditation. Meditasi ini mendorong seseorang untuk menemukan area-area yang tegang pada tubuhnya untuk kemudian melepaskan ketegangan tersebut.

3. Meditasi Mindfulness

Mindfulness merupakan bentuk meditasi yang mengharuskan Anda untuk tetap sadar dan hadir pada saat ini. Dibandingkan memikirkan masa lalu atau takut pada masa depan yang belum terjadi, Anda diharuskan untuk fokus dan hadir sepenuhnya di momen yang saat ini sedang Anda alami.

4. Meditasi Breath Awareness

Meditasi jenis ini adalah meditasi yang mengharuskan Anda untuk fokus pada pernapasan. Anda diharuskan untuk bernapas secara perlahan dan dalam serta fokus pada napas Anda, sehingga Anda dapat mengabaikan pikiran yang lainnya.

5. Kundalini Yoga

Kundalini yoga adalah meditasi aktif secara fisik yang memadukan gerakan dengan pernapasan dalam dan mantra. Sama seperti jenis yoga lainnya, yoga ini dapat meningkatkan kekuatan fisik dan mengurangi rasa sakit. Teknik ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan depresi.

6. Meditasi Zen

Meditasi zen adalah meditasi yang dapat menjadi bagian dari praktik Budha. Meditasi ini melibatkan langkah dan postur tertentu sehingga kebanyakan orang membutuhkan petunjuk guru untuk mempraktikkannya.

7. Meditasi Transcendental

Meditasi transcendental dilakukan dengan cara diam dan mengulang mantra yang personal yang dapat berupa kata, bunyi, atau frasa dengan cara tertentu. Meditasi ini memungkinkan tubuh Anda untuk menetap dalam keadaan istirahat dan relaksasi yang mendalam hingga pikiran Anda mencapai kedamaian batin tanpa perlu menggunakan konsentrasi atau usaha.

Cara Meditasi

Jangan terlalu terpaku memikirkan cara meditasi yang benar, karena hal tersebut bisa membuat Anda semakin tertekan. Hal yang penting dalam praktik meditasi adalah berlatih secara rutin hingga Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah beberapa cara meditasi yang bisa Anda lakukan di rumah setiap hari:

  • Bernapas dalam-dalam. Cara ini merupakan cara yang paling dasar karena pernapasan merupakan aktivitas alami tubuh. Fokuskan semua perhatian Anda pada pernapasan.
  • Pindai tubuh Anda. Fokuskan perhatian pada berbagai bagian tubuh Anda. Sadari berbagai sensasi pada tubuh mulai dari rasa sakit, ketegangan, hangat, atau rileks.
  • Ulangi mantra. Anda dapat menentukan mantra Anda sendiri.
  • Berjalan dan bermeditasi. Coba untuk gabungkan kedua aktivitas ini karena kombinasi dari keduanya dapat menjadi cara yang efisien untuk sehat dan bersantai.

Persiapan Meditasi

Setiap jenis dan cara meditasi yang berbeda dapat memberikan Anda ketenangan dengan cara yang berbeda. Meskipun caranya berbeda-beda, namun pada dasarnya setiap meditasi memiliki elemen wajib yang sama.

Persiapan paling penting dalam meditasi adalah memastikan adanya elemen-elemen yang wajib ada dalam meditasi meliputi:

1. Perhatian yang Terfokus

Elemen pertama yang harus ada pada meditasi adalah perhatian yang terfokus.

Memusatkan perhatian akan membantu Anda membebaskan pikiran dari banyak gangguan yang membuat Anda stres dan khawatir. Anda dapat memusatkan perhatian pada objek tertentu seperti gambar, mantra, atau bahkan pada pernapasan Anda.

2. Nafas yang Rileks

Lakukan pernapasan yang dalam dan lebih lambat. Napas yang lebih lambat akan membantu lebih banyak oksigen yang masuk dan mengurangi penggunaan otit bahu, leher, dan dada bagian atas sehingga pernapasan menjadi lebih efisien.

3. Tempat yang Tenang

Elemen ini khususnya dibutuhkan oleh seorang pemula.

Latihan meditasi akan lebih baik jika Anda berada di tempat tenang dan tidak banyak gangguan. Jauhkan diri Anda dari benda-benda seperti televisi, radio, atau ponsel. Apabila Anda sudah terlatih meditasi, Anda mungkin dapat bermeditasi di mana saja, bahkan di tempat yang sangat ramai sekali pun.

4. Posisi yang Nyaman

Posisi umum dari meditasi yang Anda ketahui tentunya adalah duduk, namun pada dasarnya Anda juga bisa melakukan meditasi dengan posisi apa saja.

Anda dapat melakukan meditasi saat duduk, berbaring, berjalan, maupun posisi lainnya, yang terpenting adalah Anda merasa nyaman dengan posisi tersebut. Posisi yang nyaman berguna untuk menjaga postur tubuh selama meditasi.

5. Pikiran Terbuka

Elemen terakhir yang diperlukan ketika meditasi adalah sikap dan pikiran terbuka. Cobalah untuk melampaui dan membebaskan pikiran Anda tanpa menghakimi.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. Mayo Clinic. 2019. Meditation: A simple, fast way to reduce stress. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/meditation/in-depth/meditation/art-20045858. (Diakses 8 Oktober 2019).
  2. Thorpe, Matthew. 2017. 12 Science-Based Benefits of Meditation. https://www.healthline.com/nutrition/12-benefits-of-meditation#section1. (Diakses 8 Oktober 2019).
  3. Villines, Zawn. 2017. What is the best type of meditation?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320392.php. (Diakses 8 Oktober 2019).