Terbit: 10 Februari 2020 | Diperbarui: 15 Mei 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Menerapkan cara meditasi yang benar untuk pemula bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi dari kegiatan yang satu ini yaitu  menenangkan diri sekaligus melepas rasa stres yang tengah mendera. Apakah Anda tertarik untuk mulai melakukan terapi yang satu ini? Jika ya, maka sebaiknya simak cara meditasi untuk pemula berikut ini!

cara-meditasi-untuk-pemula-doktersehat

Apa Itu Meditasi?

Meditasi adalah semacam terapi atau aktivitas di mana dalam penerapannya, Anda diharuskan untuk berada dalam posisi duduk bersila, memejamkan mata, dan yang paling penting yakni mengosongkan pikiran selama kegiatan berlangsung. Hal ini bertujuan agar pikiran dan tubuh benar-benar menyatu sehingga dampak positifnya bisa terasa.

Meditasi sendiri secara garis besar terbagi ke dalam 2 (dua) jenis, yaitu:

  • Concentrative meditation, adalah meditasi yang dilakukan dengan cara memfokuskan diri pada suatu objek dan sebaliknya, mengabaikan objek lain yang ada di sekitarnya. Tujuan dari jenis meditasi ini adalah untuk melatih tingkat kefokusan diri sehingga diharapkan mampu mencapai ketenangan batin
  • Mindfulness meditation, adalah jenis meditasi yang bertujuan untuk melatihi fokus dan tingkat kesadaran diri guna mengatasi sejumlah masalah mental seperti stres dan depresi

Cara Meditasi untuk Pemula

Bagi Anda yang tidak biasa, melakukan meditasi bisa jadi terlihat sulit. Meditasi yang sempurna membutuhkan konsentrasi tinggi dan juga teknik khusus. Akan tetapi, jangan dulu mengurungkan niat Anda, ya. Walaupun terkesan sulit, bukan berarti meditasi tidak bisa dilakukan secara mandiri.

Berikut ini adalah cara meditasi untuk pemula yang bisa Anda terapkan!

1. Posisi Duduk

Dalam bermeditasi, posisi duduk adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, posisi duduk memiliki peran penting dalam sukses atau tidaknya proses dari meditasi itu sendiri.

Berikut ini adalah posisi duduk yang benar ketika bermeditasi:

  • Siapkan bantal kecil sebagai alas
  • Lalu, duduklah di atas bantal dengan posisi duduk bersila
  • Tegakkan badan

Kendati aturan posisi duduk ini wajib Anda terapkan jika ingin meraih hasil maksimal, akan tetapi aturlah posisi senyaman mungkin.

2. Posisi Tangan

Setelah posisi duduk, cara meditasi untuk pemula selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan.

Selama ini, kegiatan meditasi identik dengan posisi telapak tangan diletakkan di atas lutut. Faktanya, tidak ada aturan pasti mengenai posisi tangan. Anda bebas meletakkannya di area lain seperti paha. Atau, cukup luruskan lengan ke arah bawah.

Buatlah diri Anda senyaman mungkin untuk yang satu ini agar konsentrasi tidak mudah buyar selama melakukan meditasi.

3. Posisi Kepala

Sementara untuk area kepala, cara meditasi yang bisa dikatakan benar adalah dengan sedikit menundukkan kepala hingga dagu berjarak cukup dekat dengan dada. Hal ini nyatanya agar memudahkan pernapasan.

Selain itu, untuk urusan mata, tidak ada aturan apakah mata harus ditutup atau boleh dibuka selama kegiatan meditasi berlangsung.

Kendati demikian, mayoritas orang akan menutup matanya saat bermeditasi karena dianggap lebih bisa meningkatkan konsentrasi.

4. Teknik Bernapas

Teknik bernapas juga perlu diperhatikan demi mencapai hasil maksimal saat bermeditasi.

Cara bernapas yang benar yakni dengan menarik dan membuang napas HANYA dari hidung. Sementara itu, tutup mulut rapat-rapat agar tidak ada udara yang keluar. Jangan lupa untuk tetap rileks, ya.

5. Pasang Timer

Jangan lupa untuk memasang timer selama meditasi berlangsung.

Penggunaan timer bertujuan untuk memastikan Anda melakukan meditasi dalam waktu yang benar karena ketepatan waktu juga menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan meditasi.

Baca Juga: Meditasi, Cara Menuju Hidup yang Lebih Rileks dan Bebas Stres

Tips Meditasi untuk Pemula agar Hasil Maksimal

Setelah mengetahui dan memahami cara meditasi untuk pemula di atas, yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah

1. Terapkan Durasi Singkat

Meditasi idealnya membutuhkan waktu yang cukup lama—bahkan hingga berjam-jam—agar mendapat hasil yang maksimal.

Akan tetapi, Anda yang baru saja mulai mempraktikkan meditasi mungkin akan menemui kesulitan untuk bermeditasi dengan durasi sedemikian panjang.

Maka dari itu, tips meditasi pemula yang pertama adalah dengan melakukannya dalam durasi singkat. Dilansir dari Psychology Today, para pelaku meditasi menyebut jika durasi 3-5 menit di awal-awal penerapan juga sudah terasa lama.

Daripada fokus Anda buyar, maka lebih baik tanamkan mindset ‘sebentar tapi berkualitas’. Nanti jika sudah terbiasa, baru tambah durasinya sedikit demi sedikit.

2. Lakukan Secara Konsisten Setiap Hari

Tips meditasi untuk pemula selanjutnya adalah, lakukan kegiatan ini secara rutin dan konsisten.

Maksud dari rutin dan konsisten di sini adalah, meditasi selayaknya dilakukan setiap hari. Anda lebih baik bermeditasi singkat 3-10 menit namun setiap hari ketimbang bermeditasi 1 jam lebih namun dilakukan hanya dalam satu waktu selama seminggu.

3. Cari Tempat Sepi

Namanya butuh konsentrasi tinggi, meditasi sudah seharusnya dilakukan di tempat yang jauh dari hiruk pikuk.

Maka dari itu, sebaiknya cari tempat yang sepi dan menenangkan ketika Anda hendak bermeditasi. Jika dilakukan di rumah, taman atau kamar bisa jadi spot pilihan. Pagi hari pun menjadi waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas menyehatkan ini.

4. Berhitung

Nah, sulit konsentrasi adalah masalah yang mungkin dialami oleh Anda yang baru saja mulai menjalani terapi meditasi.

Tapi tak perlu khawatir, ada trik yang bisa Anda lakukan agar konsentrasi tidak cepat buyar, yakni dengan menghitung napas dari 1 sampai 5, kemudian ulangi lagi dari awal dan begitu seterusnya sampai meditasi selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Meditasi

Melakukan meditasi dijamin akan menjadi salah satu keputusan terbaik Anda. Pasalnya, aktivitas ini memiliki sejumlah manfaat, yaitu:

  • Mengusir rasa stres
  • Meningkatkan kesadaran diri
  • Membantu mengendalikan emosi
  • Membantu mengatasi gangguan tidur
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan daya ingat

Itu dia informasi mengenai cara meditasi untuk pemula yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

 

  1. Boyes, A. 5 Meditation Tips for Beginner. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/in-practice/201303/5-meditation-tips-beginners (Diakses pada 10 Desember 2019)
  2. Cherry, K. 2019. The Types and Benefits of Meditation. https://www.verywellmind.com/what-is-meditation-2795927 (Diakses pada 10 Desember 2019)
  3. Poveda, Z. Everything you need to start meditating. http://alifeofproductivity.com/wp-content/uploads/2013/05/Meditation-Guide.pdf (Diakses pada 10 Desember 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi