DokterSehat.Com– Seperti apa cara masak tahu yang paling sering Anda pilih? Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diperoleh, terjangkau dan padat gizi, karena mengandung protein, vitamin, mineral, antioksidan dan fitonutrien yang tinggi.

Metode-masak-tahu-sehat-doktersehat-1

Tahu tidak hanya diolah menjadi lauk makanan utama saja, namun juga sudah sangat populer digunakan sebagai camilan sederhana maupun jajanan kekinian. Hal tersebut tentu membuat tahu sangat sering dipilih dan dikonsumsi sebagai bahan makanan harian.

Teksturnya yang lembut membuat tahu bisa diolah menjadi berbagai masakan atau olahan dengan cukup banyak metode.

Sayangnya, metode masak tahu yang sering dipilih adalah metode yang tinggi lemak, misalnya saja menggoreng atau goreng dengan tepung. Tidak jarang tahu juga disajikan dengan masakan berkuah santan yang juga banyak mengandung lemak.

Hal tersebut membuat kandungan gizi, utamanya fitonutrien yang tinggi pada tahu menjadi rusak dan tidak terserap maksimal oleh tubuh. Pilihlah cara masak tahu yang sehat untuk mengolah tahu merupakan cara yang paling tepat kita lakukan.

4 cara masak tahu yang sederhana dan super sehat

Ada banyak cara masak tahu yang bisa Anda pilih, namun tak semuanya sehat alias tidak semua cara memasak bisa memaksimalkan kandungan gizi tahu. Berikut cara masak tahu yang bisa Anda pilih:

1. Mengukus tahu

tahu_doktersehat_1

Photo Source: Flickr/ Robert Couse Baker

Mengukus tahu merupakan cara masak tahu yang mudah dilakukan dan super sehat. Selain bebas lemak, mengukus tahu akan membuat kandungan gizinya terjaga karena vitamin larut airnya tidak hilang.

Anda tentu bisa menambahkan berbagai bumbu alami pada tahu sebelum mengukusnya, misalnya bawang dan bubuk lada yang sudah dihaluskan dan dilumurkan pada tahu.

Beberapa contoh olahan tahu kukus yang super sehat adalah:

  • Pepes tahu, olahan dari tahu yang dihaluskan dan dibungkus daun pisang. Anda bisa menambahkan sayuran, telur atau bawang agar pepes tahu lebih nikmat.
  • Salad sayur dengan tahu kukus, kombinasi salad sayuran dengan tahu kukus yang sudah diberi bumbu alami akan membuat salad sayur Anda lebih lengkap gizinya.

2. Tahu panggang atau bakar

Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

Memanggang tahu atau membuat tahu bakar, juga merupakan salah satu cara masak tahu yang sehat. Anda bisa memanggang tahu untuk kemudian ditambahkan bumbu atau membuat sate dari tahu dan kemudian membakaranya.

Selain bebas lemak, metode masak ini juga menjaga kandungan gizi pada tahu dengan maksimal.

Anda bisa menyajikan tahu panggang atau tahu bakar dengan berbagai tambahan bumbu, mirip dengan ayam atau ikan bakar. Sajian yang satu ini tentu mudah dibuat, super nikmat dan sehat, bukan?

3. Tahu yang ditumis dengan bumbu alami

Metode-masak-tahu-sehat-doktersehat-3

Photo Credit: Flickr.com/Yun Huang Yong

Selanjutnya, cara masak tahu yang tak kalah sehatnya adalah membuat tahu tumis dengan menggunakan bumbu alami. Hal ini sama seperti kita membuat lauk dengan bumbu merah, kuning atau bumbu kecap.

Anda bisa mengukus atau memanggang tahu, memotongnya menjadi ukuran dadu, dan kemudian mencampurkannya dengan bumbu kental.

Usahakan menggunakan bumbu alami dari bubuk bawang putih, lada, tomat, kunyit, atau kecap rendah natrium. Tahu dengan bumbu ini tentu bisa jadi alternatif cara mengolah tahu yang tetap kaya cita rasa.

4. Tahu rebus dengan kuah alami

Makanan-protein-kuku-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/yoppy

Menu sup tahu tentu sudah tidak asing lagi, ya? Dengan cara masak tahu rebus ini, vitamin larut air pada tahu masih bisa ikut kita konsumsi.

Anda bisa mengombinasikan tahu rebus dengan berbagai bahan makanan yang cocok, misalnya sayuran atau daging. Gunakan bumbu alami dan jangan terlalu banyak menggunakan air atau membuat kuah, agar kemungkinan vitamin larut air yang ikut terkonsumsi masih tetap besar, ya.

Nah, semoga cara masak tahu di atas dapat membantu Anda dalam memvariasikan cara  mengolah tahu. Kira-kira mana yang akan Anda coba terlebih dahulu?