Jangan Asal Minum! Ini 4 Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Diet

doktersehat-jenis-teh-hijau-dan-manfaatnya-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata teh hijau? Selain hits untuk berbagai camilan teh hijau sudah sangat populer dengan manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi manfaat dari teh hijau untuk menurunkan berat badan tentu baru akan maksimal jika kita mengonsumsi teh hijau dengan cara yang tepat.

Manfaat teh hijau untuk turunkan berat badan

Teh hijau disebut sebagai jenis teh yang kandungan antioksidannya paling tinggi. Hal ini tentu wajar mengingat jenis daun teh yang digunakan adalah daun yang pada bagian atas tanaman teh dan proses pengeringan dan pembuatan teh yang berbeda dengan jenis teh lainnya.

doktersehat-kandungan-biji-teh-hijau
Photo Credit: Pexels.com

Konsumsi teh hijau sangat baik untuk menurunkan berat badan karena antioksidannya yang tinggi tersebut akan mampu mendukung metabolisme tubuh lebih lancar sehingga proses pencernaan dalam tubuh lebih optimal dan berat badan dapat berkurang.

Lalu, bagaimana sih cara mengonsumsi teh hijau dengan tepat agar bisa menurunkan berat badan?

Nah, agar kita bisa memanfaatkan konsumsi teh hijau dengan maksimal, ada beberapa tips mudah yang bisa kita terapkan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah:

1. Konsumsi teh hijau tanpa gula

Jika biasanya banyak sajian teh hijau kemasan, maka jika ingin program diet Anda berhasil, usahakan untuk memilih jenis teh hijau bubuk atau celup yang tanpa menggunakan penambahan gula buatan.

doktersehat-teh-hijau-matcha

Selain itu manfaat maksimal dari teh hijau juga akan terasa jika Anda mengonsumsinya tanpa tambahan gula pasir.

Tambahan asupan gula pada minuman akan berkontribusi pada peningkatan kalori dan berat badan dalam tubuh. Hal ini tentu akan mengagalkan program diet Anda, bukan?

2. Konsumsi teh hijau dalam suhu hangat

Penambahan teh hijau pada berbagai jenis sajian minuman dingin memang nikmat, ya. Akan tetapi hal ini justru tidak akan mendukung keberhasilan diet Anda, lho.

Suhu minuman dapat berpengaruh pada metabolisme tubuh, dimana suhu minuman yang berbeda jauh dengan suhu tubuh akan memaksa tubuh bekerja lebih keras sehingga metabolisme terganggu dan penyerapan zat yang ada pada minuman jadi tidak maksimal.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Kondisi ini membuat kandungan yang ada pada teh hijau berisiko tidak diserap optimal oleh tubuh, selain itu minuman dalam suhu yang sangat dingin dinilai mampu memengaruhi terbentuknya penumpukan lemak bawah kulit. Untuk itu usahakan mengonsumsi teh hijau dalam suhu hangat saja, ya.

3. Konsumsi pada pagi dan malam hari

Manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan akan dirasakan maksimal oleh tubuh jika dikonsumsi pada saat yang tepat, yaitu pagi dan menjelang tidur malam hari, mengapa?

doktersehat-minuman-diet
Photo credit : pixabay.com

Hal ini akan baik bagi metabolisme jelang dan pasca tidur, dimana metabolisme tubuh saat tidur akan lebih maksimal jika kita mengonsumsi teh hijau sebelum tidur. Konsumsi teh hijau saat baru bangun tidur juga akan mempersiapkan tubuh untuk bermetabolisme dengan optimal sepanjang hari.

4. Konsumsi teh hijau dalam porsi yang cukup

Meskipun manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan memang terbukti, namun bukan berarti Anda harus berlebihan mengosumsinya, ya.

Pastikan Anda tidak berlebihan mengonsumsi teh hijau, porsi yang dianjurkan berdasarakan studi yang dilakukan di Los Angeles adalah sebesar 2-3 gelas dalam sehari.

doktersehat-batas-minum-teh-hijau
Photo Credit: Flickr.com/sk

Angka ini akan membuat manfaat antioksidan diserap maksimal oleh tubuh dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan misalnya pencernaan atau asupan antioksidan berlebihan.

Anda bisa mengonsumsi teh hijau masing-masing satu gelas saat pagi dan jelang tidur, jika Anda ingin mengonsumsi satu porsi teh hijau lagi usahakan minum pada saat yang berbeda misalnya saat menjelang waktu makan siang.