Mandi adalah kebutuhan dan kewajiban dasar semua manusia demi kebersihan, kesehatan, dan juga kecantikan. Anda mungkin mandi secara teratur setiap hari, namun apakah sudah melakukannya dengan benar? Ketahui cara mandi bersih yang benar untuk melepaskan virus, bakteri, dan kuman berbahaya setelah beraktivitas seharian.

cara-mandi-bersih-doktersehat

Manfaat Mandi bagi Kesehatan dan Kebersihan

Berdasarkan penelitian, mandi bukan hanya berdampak baik bagi kesehatan dan kebersihan tubuh, namun juga penting bagi kesehatan jiwa dan pikiran Anda. Berikut ini manfaat mandi yang mungkin belum Anda ketahui:

  • Menambah Energi: Mandi pagi memberi Anda energi dan semangat untuk memulai hari Anda.
  • Membunuh Kuman: Racun di dalam tubuh dibuang melalui keringat, karena itu Anda harus mandi untuk membersihkan berbagai jenis racun, virus, dan patogen lainnya dari kulit Anda.
  • Mengurangi Stres: Mandi memberikan Anda efek menyegarkan dan menyenangkan untuk meredakan stres sehari-hari. Mandi juga dapat melancarkan suplai oksigen ke otak untuk meredakan stres dan depresi.
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah: Air mengalir di tubuh Anda juga berdampak baik bagi kelancaran darah sehingga fungsi tubuh bekerja dengan baik.
  • Menambah Kepercayaan Diri: Tentu saja, mandi membuat Anda bersih, wangi, dan segar sehingga Anda merasa lebih baik dan tambah percaya diri.

Berbagai manfaat mandi Anda dapat rasakan setiap hari. Berdasarkan penelitian, mandi juga dapat dijadikan alternatif terapi dan relaksasi untuk perbaikan kesehatan mental Anda.

Berapa Kali Harus Mandi dalam Sehari?

Seberapa sering Anda harus mandi dalam sehari? Tidak ada aturan pasti, Anda dapat mandi 2 kali sehari atau tergantung pada seberapa aktif Anda. Anda mungkin mandi lebih sering setiap hari apabila Anda melakukan latihan olahraga berat atau aktivitas lain dimana Anda cenderung banyak berkeringat.

Apabila Anda mandi lebih sering, disarankan untuk mandi dengan singkat untuk tetap menjaga kelembapan kulit secara alami. Pada dasarnya, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan mandi Anda sesuai dengan aktivitas Anda sehari-hari.

Cara Mandi Bersih yang Benar

Sabun dan air yang Anda gunakan berpengaruh pada kualitas mandi Anda, namun bila Anda tahu cara mandi yang benar, Anda akan mendapatkan hasil kulit yang bersih serta rambut yang indah.

Berikut ini panduan cara mandi bersih untuk membersihkan diri dari virus yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Siapkan Air dengan Temperatur yang Pas untuk Anda

Dibandingkan dengan air panas atau air dingin, mandi air hangat lebih dianjurkan. Air hangat lebih nyaman dan tidak membuat kulit kering. Air hangat juga jadi pilihan terbaik bila Anda mandi di pagi hari.

2. Bersihkan Bagian Tubuh Atas Terlebih Dulu

Bersihkan bagian tubuh bagian atas terlebih dahulu saat Anda mandi, mulai dari mencuci rambut, wajah, dada, dan punggung. Cuci muka terlebih dulu terutama bila Anda memiliki masalah kulit wajah tertentu seperti jerawat atau yang lainnya.

Anda juga dianjurkan untuk membersihkan bagian tubuh yang lain sambil Anda keramas atau menggunakan conditioner agar conditioner dapat didiamkan sesuai dengan waktu yang dianjurkan pada label kemasan untuk hasil rambut lebih baik.

3. Keramas dengan Benar

Pastikan Anda keramas dengan benar. Jangan menggosok atau menggaruk kulit kepala terlalu keras dan lama karena Anda akan merusak rambut serta kulit kepala. Ketahui cara keramas yang benar di sini.

4. Gunakan Sabun dengan Pelembap

Anda mungkin sudah memiliki produk sabun kesukaan Anda yang Anda pakai setiap hari, namun Anda dianjurkan untuk menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembap dan antibakteri sekaligus.

Berdasarkan rekomendasi dari dokter kulit, Anda dapat memilih produk dengan bahan stearic acid atau asam stearat dan pelembab atau moisturizer yang tertulis di balik kemasan. Sabun yang mengandung antibakteri saja biasanya cenderung membuat kulit kering.

5. Urutan Membasuh Tubuh yang Benar

Sebagian besar orang mungkin tidak memerhatikan urutan membersihkan dan membasuh tubuh saat mandi. Apabila ingin keramas, lakukan itu terlebih dulu. Apabila ingin mencukur, lakukan itu terakhir.

Bagi wanita, basuh dari bagian atas tubuh yaitu bawah lengan, payudara, vulva, dan kaki. Jangan pernah memasukan busa sabun vagina Anda karena ini dapat menyebabkan iritasi, vagina dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami.

Sementara bagi laki-laki, basuh dari bawah lengan atau ketiak, dada, perut, dan sekitar alat kelamin lalu bagian belakang tubuh. Jangan lupa untuk membasuh di antara jari-jari kaki.

Setelah semua bagian tubuh sudah dibersihkan dan dibasuh dengan benar, bilas sampai bersih. Pastikan semua busa sudah hilang.

6. Setelah Mandi

Segera keringkan diri Anda dengan handuk bersih, terutama area lipatan kulit seperti jari-jari kaki, ketiak, dan selangkangan. Jangan menggosok terlalu kuat karena akan mengiritasi kulit.

Itulah cara mandi bersih yang benar. Bila perlu, Anda dapat mengaplikasikan losion atau produk moisturizer sesuai dengan jenis kulit dan selera Anda setelah mandi.

Baca Juga: 10 Manfaat Mandi Bersama Pasangan (Pasutri Harus Tahu!)

Cara Mandi yang Benar Bila Kulit Anda Sensitif

Bagi orang dengan kulit sensitif, terlalu sering mandi dapat membuat kulit menjadi merah, gatal, dan semakin kering, tetapi mengetahui cara mandi yang benar bagi kulit sensitif akan membuat mandi menjadi aman dan menyenangkan.

1. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi terlalu lama akan membuat orang dengan kulit sensitif mendapatkan masalah kulit yang lebih tidak menyenangkan. Anda harus mandi tidak lebih dari 10 menit agar kelembapan kulit tetap terjaga secara alami.

2. Gunakan Sabun dengan Benar

Bagi orang berkulit sensitif, menggunakan sabun yang salah malah akan membuat kulit jadi kering. Anda disarankan hanya menggunakan sabun untuk bagian tertentu saja seperti ketiak dan selangkangan. Sisanya, air sudah cukup membersihkan tubuh Anda.

Walaupun demikian, lebih baik Anda memilih produk sabun khusus untuk kulit sensitif jadi Anda dapat membersihkan tubuh dengan lebih efektif dan tidak ada efek samping pada kulit nantinya.

3. Segera Bilas dan Keringkan Tubuh

Gunakan air hangat, sehangat mungkin yang bisa kulit Anda terima. Menggunakan air terlalu panas akan menghilangkan minyak alami dari kulit dan membuat kulit kering. Setelah itu, keringkan dengan cepat selesai mandi.

4. Pilih Produk yang Tepat

Semua produk kecantikan, termasuk sabun, pilih produk tanpa pewarna, pewangi, atau aroma buatan dan zat kimia lainnya. Hindari produk yang berbasis alkohol dan antibakteri karena akan memicu iritasi kulit.

Gunakan sabun pembersih dengan kandungan dan tekstur yang lembut atau gel mandi dengan minyak atau pelembap (hypoallergenic) tambahan.

Anda dapat mengikuti panduan mandi yang benar untuk kulit sensitif. Pada dasarnya, gunakan produk khusus kulit sensitif dan jangan menggosok atau membasuh tubuh terlalu lama dan berlebihan karena kulit Anda tidak menyukainya.

Baca Juga: 6 Penyebab Kulit Sensitif yang Jarang Disadari!

Lebih Baik Mandi Air Hangat atau Air Dingin?

Anda mungkin bertanya-tanya, lebih baik mandi air hangat atau air dingin? Tidak ada aturan mengenai ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan diri Anda dan kondisi cuaca tempat Anda berada.

Keduanya memiliki manfaat yang baik untuk kebersihan tubuh, yaitu:

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat lain dari mandi air hangat adalah:

  • Meredakan gejala pernapasan seperti mengeluarkan dahak, membersihkan saluran hidung Anda, dan meredakan pilek.
  • Membantu relaksasi otot.
  • Membantu membuka pori-pori kulit agar dapat membersihkan noda-noda hitam atau sel kulit mati.

Selain itu, mandi air hangat juga dapat menghangatkan tubuh terutama bagi Anda yang sedang kedinginan dan harus mandi.

Manfaat Mandi Air Dingin

Setelah mengetahui cara mandi bersih, berikut ini manfaat mandi air dingin:

  • Menenangkan kulit gatal.
  • Mengurangi nyeri otot setelah olahraga berat.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Membuat rambut dan kulit bercahaya.
  • Membuat Anda merasa segar.
  • Meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen.

Anda dapat menggunakan temperatur air untuk mandi sesuai kebutuhan dan keinginan Anda, yang penting adalah Anda sudah melakukan cara mandi bersih yang benar untuk menghilangkan virus, bakteri, kuman, dan patogen yang menempel di tubuh Anda karena aktivitas di luar ruangan.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

  1. Schumer, Lizz. 2018. 10 Right Ways to Take a Shower (You’re Probably Doing It Wrong). https://www.cheatsheet.com/gear-style/10-right-ways-to-take-a-shower-since-youre-probably-doing-it-wrong.html/. (Diakses pada 24 Maret 2020).
  2. Slawek, Emily. 2017. How to take a shower, according to dermatologists. https://www.nbcnews.com/better/pop-culture/how-take-shower-according-dermatologists-ncna740526. (Diakses pada 24 Maret 2020).
  3. Univer, Eden. 2018. How To Take A Shower The Right Way. https://www.teenvogue.com/story/best-showering-skincare-tips. (Diakses pada 24 Maret 2020).
  4. Kohler.co. 2019. Benefits of Showering. https://www.kohler.co.uk/inspiration/blog/benefits-of-showering/.
  5. Reiff Ellis, Rachel. 2018. Shower Tips for Sensitive Skin. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/sensitive-skin-shower-tips#1. (Diakses pada 24 Maret 2020).
  6. CYWH. 2017. What is the correct way to take a shower?. https://youngwomenshealth.org/2017/05/24/what-is-the-correct-way-to-take-a-shower/. (Diakses pada 24 Maret 2020).
  7. Lindberg, Sara. 2020. Cold Showers vs. Hot Showers: Which One Is Better?. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower. (Diakses pada 24 Maret 2020).