Kembung Bisa Disebabkan Oleh Cara Makan Seperti Ini

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang paling sering kita alami adalah perut kembung. Biasanya, kita menganggap masalah kesehatan ini terkait dengan kondisi masuk angin atau sakit maag. Padahal, ada hal lain yang juga bisa menjadi penyebabnya, salah satunya adalah kebiasaan makan terlalu banyak atau makan dengan sangat cepat.

Menurut pakar kesehatan, makan dengan porsi yang terlalu banyak ternyata tidak hanya bisa menyebabkan perut penuh dan begah melainkan juga memicu masalah perut kembung. Banyaknya makanan yang masuk ke dalam perut membuat enzim yang ada di dalam saluran pencernaan berkurang atau tidak cukup untuk mengolah semua makanan. Alhasil, proses pencernaan pun menjadi lebih lambat dan akhirnya menyebabkan gejala kembung.

Jika kita makan dengan terlalu cepat atau tidak mengunyahnya hingga benar-benar halus, maka sistem pencernaan di dalam perut harus bekerja dengan lebih keras untuk mencerna makanan yang masih dalam kondisi kasar. Hal ini juga membuat pencernaan berjalan dengan jauh lebih lambat dan akhirnya berimbas pada produksi gas yang lebih banyak di dalam perut yang memicu datangnya perut kembung.

Selain dua kebiasaan makan yang tidak sehat tersebut, kebiasaan mengonsumsi beberapa makanan yang bisa memicu produksi gas dengan lebih banyak juga bisa menjadi pemicunya. Sebagai contoh, jika kita sering mengonsumsi sayuran seperti kol, brokoli, dan sayuran yang biasa dijadikan lalapan mentah lainnya, maka risiko untuk mengalami perut bergas meningkat. Makanan atau minuman lain seperti buah nangka, kacang-kacangan, dan minuman bersoda jika dikonsumsi dengan berlebihan juga akan memberikan efek yang sama.

Untuk mengatasi masalah perut kembung, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi bahan-bahan herbal yang diolah bersama dengan air hangat. Sebagai contoh, kita bisa meminum jahe merah hangat yang bisa membuat badan terasa jauh lebih nyaman, melindungi lambung, sekaligus mencegah produksi gas berlebih di dalam perut. Kita juga bisa menggunakan kunyit yang bisa memberikan perlindungan bagi lambung atau mengonsumsi nanas yang kaya akan kandungan bromelain, kandungan yang bisa membantu perut mencerna protein dengan lebih baik sekaligus mencegah produksi gas dengan berlebihan.