Terbit: 10 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan berat badan ideal. Walaupun ada banyak macam metode diet yang diyakini bisa memberikan hasil maksimal, sayangnya sebagian besar orang masih sulit untuk menerapkannya.

Trik Agar Diet Tidak Terasa Menyiksa

Ada berbagai macam alasan seseorang enggan melakukan diet. Namun umumnya mereka masih gampang tergoda dengan makanan tidak sehat yang terlihat lebih menggiurkan, sehingga mereka merasa bahwa diet hanyalah menyiksa saja.

Sebenarnya, dibutuhkan trik khusus untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa trik sederhana yang bisa Anda terapkan saat diet agar tidak terasa menyiksa, diantaranya:

1. Pajang Makanan Sehat

Jika biasanya Anda meletakkan cemilan atau makanan ringan seperti keripik, kue kering, kerupuk, dan lain sebagainya di tempat yang mudah dilihat, maka mulai sekarang ada baiknya Anda mengganti makanan tersebut dengan makanan sehat. Anda bisa meletakkan sayuran dan bua-buahan di atas meja kamar, ruang tamu, meja makan, maeja kantor, dan di tempat terlihat lainnya. Jangan lupa juga untuk tidak menyimpan makanan berkalori tinggi di dalam kulkas.

2. Jangan Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat dipercaya dapat membuat berat badan naik secara drastis. Oleh sebab itu, saat Anda sedang ingin menurunkan berat badan, makanlah secara perlahan. Hal ini dikarenakan makan perlahan dapat memberi stimulus ke otak untuk menimbulkan rasa kenyang, sehingga Anda tidak akan makan dalam porsi besar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Tambahkan Makanan Sehat Dalam Menu

Diet bukan berarti mengharuskan Anda untuk tidak makan enak. Saat Anda ingin menyantap makanan favorit di restoran, maka Anda bisa melakukannya. Dengan catatan, Anda harus menambahkan satu pori makanan sehat di dalamnya, misalnya seporsi salad yang segar.

4. Minum Air Putih

Air putih memang sangat dianjurkan untuk diminum setiap hari minimal 8 gelas sehari. Air putih terbukti memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi saat Anda sedang dalam program diet. Air putih bisa membantu meluruhkan lemak di dalam tubuh dan juga melancarkan pencernaan. Seperti yang Anda tahu bahwa ketika diet, kemungkinan besar masalah sembelit akan datang. Selain itu, minum air putih yang cukup juga bisa memberikan rasa kenyang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi