Terbit: 16 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh langsing dan ideal bukanlah hal yang mudah. Diperlukan usaha yang cukup keras untuk mendapatkannya. Mulai dari rajin berolahraga hingga melakukan diet dengan cara mengurangi asupan kalori di dalam tubuh.

Berat Badan Berkurang tanpa Diet, Bagaimana Caranya?

Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan itu dengan mudah. Sebab, terkadang mereka masih tergoda untuk menyantap makanan yang memiliki kalori berlebih dan tentu saja tidak sehat.

Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet dan berolahraga. Anda tertarik, bukan? Berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan tanpa harus diet dan berolahraga.

1. Sarapan

Sarapan merupakan jam makan yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan. Sayangnya, masih banyak orang yang berpikir bahwa dengan sarapan, berat badan tidak akan cepat turun bahkan akan semakin bertambah. Padahal, dengan darapan, Anda bisa memperoleh energi yang nantinya akan digunakan untuk memulai melakukan aktivitas. Selain itu, saran juga bisa menekan keinginan untuk makan banyak pada siang hari. Sehingga, Anda tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebih saat makan siang.

2. Makan Buah

Buah merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan secara rutin. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus mengonsumsi buah-buahan utuh, bukan dengan cara di jus atau di olah menjadi makanan ataupun minuman. Sebab, pada saat buah diolah menjadi makanan dan minuman, nutrisinya akan berkurang. Jadikan buah utuh tersebut menjadi camilan.

3. Minum Air Putih

Selain buah, air putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seseorang disarankan untuk mengonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas per hari. Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih lebih banyak. Sebab, air putih akan membantu Anda untuk melunturkan lemak di dalam tubuh. Selain itu, air putih juga mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh, serta mampu menekan rasa lapar.

4. Berhenti Minum Es dan Soda

Es dan soda memang sangat menyegarkan, apalagi ketika tubuh terasa sangat haus. Akan tetapi, mengonsumsi es dan soda tidaklah baik untuk kesehatan, terlebih lagi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, es dan soda akan menyebabkan lemak dan kalori menumpuk di dalam tubuh. Untuk itu, berhentilah minum es dan soda dan mulailah mengganti dengan minuman segar, seperti infused water atau teh herbal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi