Cara Mudah Mengendalikan Gula Darah pada Penderita Diabetes

mengendalikan-gula-darah-dengan-mudah-doktersehat

DokterSehat.Com – Seorang penderita diabetes harus hati-hati dengan apa yang mereka santap setiap harinya. Sedikit saja melakukan kesalahan gula darah bisa meningkat dengan tajam dan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak nyaman. Oleh karena itu setiap penderita diabetes harus mampu mengendalikan gula darahnya dengan baik.

Kalau Anda seorang penderita diabetes atau orang yang ingin mengendalikan gula darah di dalam tubuhnya agar tidak mudah naik, sebisa mungkin untuk melakukan beberapa hal di bawah ini. Dengan melakukan ini gula darah akan selalu stabil dan Anda bisa lebih bugar setiap saat.

Cara mengendalikan gula darah secara alami

Mengendalikan gula darah sebenarnya mudah dilakukan asal tahu caranya dan telaten. Berikut beberapa contoh cara mengendalikan gula darah di tubuh secara alami khususnya pada penderita diabetes.

  1. Olahraga secara rutin

Olahraga memiliki banyak manfaat pada mereka yang memiliki kondisi diabetes. Pertama, olahraga bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh sehingga kondisi obesitas tidak akan terjadi. Olahraga juga membuat seseorang menjadi lebih semangat dan produktivitas kerjanya tinggi setiap saat.

Dengan melakukan olahraga, sensitivitas insulin di dalam tubuh akan meningkat. Kondisi ini memicu otot mengambil gula dari darah untuk melakukan metabolisme dan menghasilkan energi. Gula di dalam darah yang terus diambil akan menurunkan kadarnya sehingga kondisi diabetes akan terkontrol dengan baik.

  1. Membatasi asupan karbohidrat

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh seseorang yang menderita diabetes adalah mengedukasi dirinya sendiri. Dengan mengedukasi dirinya sendiri, mereka akan tahu apa saja yang boleh dimakan dan apa saja yang tidak bisa dimakan. Pada kondisi diabetes, konsumsi karbohidrat adalah hal yang wajib diperhatikan.

Kita harus tahu jenis karbohidrat mana saja yang bisa dikonsumsi dan mana yang tidak. Selanjutnya kita juga harus tahu mana saja karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi. Buatlah semacam daftar makanan yang bisa disantap dan tidak bisa disantap. Selanjutnya aplikasikan pada menu makanan.

  1. Mengonsumsi cukup air

Kalau memiliki diabetes, jangan sekali-kali mengabaikan konsumsi air harian. Konsumsi air ini membuat Anda jadi terbebas dari kenaikan gula darah yang cukup tinggi. Dalam satu hari usahakan untuk mengonsumsi sekitar 8 gelas air. Air yang dikonsumsi juga hanya air putih dan tidak diberi tambahan gula.

Air akan membuat tubuh Anda menjadi lebih terhidrasi. Selain itu air juga membuat kadar gula darah di dalam tubuh rendah dan mencegahnya naik dengan cepat. Kalau Anda belum terbiasa minum banyak air, ada baiknya untuk segera memulainya dari sekarang perlahan-lahan hingga dalam satu hari terpenuhi 8 gelas.

  1. Memperbanyak sayuran berserat

Serat tidak hanya bermanfaat untuk membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah terjadinya sembelit saja. Serat bisa mencegah kenaikan gula darah dengan cepat di tubuh. Dengan mengonsumsi banyak sayuran, kenaikan gula darah di tubuh akan berjalan perlahan-lahan. Hindari sayuran atau buah yang memiliki cita rasa manis sementara waktu.

  1. Kontrol level stres tubuh

Mengalami stres yang berlebihan ternyata bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh dengan cepat. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk menurunkan kadar stres dengan melakukan meditasi atau yoga. Lakukan hal-hal yang menyenangkan selama bermanfaat untuk tubuh.

  1. Tidur berkualitas

Kalau ingin selalu sehat dan tidak mau mengalami kenaikan gula darah, tidurlah yang berkualitas. Tidur yang berkualitas ini bisa dilihat dari tingkat kenyenyakan dan juga durasinya. Usahakan untuk tetap tidur selama 6-8 jam per hari. Kalau Anda tidak bisa tidur selama itu, tubuh akan mengalami stres dan memicu naiknya gula darah.

  1. Selalu mengecek kadar gula darah secara rutin

Selama ini penderita diabetes hanya mengetahui kondisi gula darahnya saat melakukan  pemeriksaan di laboratorium atau klinik. Kalau pemeriksaan harus ke sana membutuhkan waktu yang lama. Lebih baik melakukan pemeriksaan sendiri di rumah dengan alat yang sudah bisa dibeli di pasaran.

Degan melakukan pemeriksaan sendiri, Anda tidak akan kebingungan setiap saat. Kalau merasa tidak nyaman bisa mengecek kondisi gula darah secara rutin. Selain itu, ingat juga apa yang Anda makan sehingga gula darah baik cukup cepat. Makanan itu masukkan ke daftar hitam agar tidak dikonsumsi lagi di kemudian hari.

Kesalahan yang sering dilakukan penderita diabetes

Penderita diabetes sering kambuh karena mereka sering melakukan kesalahan yang sebenarnya bisa dicegah. Berikut beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar.

  • Tidak bisa membedakan mana karbohidrat kompleks dan sederhana. Dampaknya gula darah naik dengan signifikan gara-gara makan nasi putih terlalu banyak.
  • Tidak tahu mana gula yang direkomendasikan dan tidak. Gula yang berasal dari tebu hingga madu tidak begitu direkomendasikan. Penggunaan harus dibatasi agar tidak menyebabkan gangguan pada tubuh. Penggunaan buah yang manis juga harus dibatasi karena bisa meningkatkan gula darah.
  • Tetap melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol meski tidak banyak. Apa yang dilakukan ini bisa membuat kondisi diabetes menjadi lebih parah dari sebelumnya.
  • Meski memiliki diabetes bukan berarti tidak bisa olahraga. Anda tetap bisa melakukannya dengan intensitas rendah hingga sedang. Kalau Anda malas melakukan olahraga, tubuh akan menjadi pasif dan mudah sekali mengalami kenaikan gula darah.

Dari beberapa cara yang telah di sebutkan di atas, mana saja yang menurut Anda paling cocok untuk mengendalikan gula darah? Biasakan untuk melakukan beberapa cara di atas agar tubuh selalu sehat dan produktivitas Anda dalam bekerja bisa naik signifikan.