Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial dan aplikasi perpesanan di ponsel pintar muncul pesan berantai yang menyebutkan bahwa kita bisa menghilangkan formalin yang ada dalam bahan makanan seperti ikan asin, ikan segar, mie basah atau tahu. Cara menghilangkan formalin adalah dengan merebusnya, merendamnya dengan air panas, atau memakai cuka.

Mungkinkah Formalin Bisa Dihilangkan dari Makanan?

Di dalam pesan berantai ini, kita hanya perlu merendam ikan asin ke dalam air selama 60 menit. Hal ini akan membuat kadar formalin bisa dikurangi hingga lebih dari 60 persen. Bahkan, ikan asin yang direndam di air garam akan mengalami penurunan formalin hingga 89,5 persen. Sementara itu, tahu yang direbus hingga mendidih dan kemudian digoreng akan mengalami penurunan kadar formalin dengan signifikan.

Khusus menghilangkan formalin dari mie basah, kita hanya perlu merendamnya dalam air panas hingga 30 menit dan kemudian mencucinya kembali dengan air bersih. Sementara itu, ikan segar bisa dihilangkan formalinnya dengan cara merendamnya di dalam larutan air dan cuka berkonsentrasi 5 persen selama 15 menit.

Meskipun terlihat sangat meyakinkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bahan makanan yang sudah tercampur dengan formalin sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Meskipun kita sudah berusaha untuk menurunkan kadar formalin dari bahan makanan tersebut, bahan makanan ini sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mudah percaya dengan pesan berantai yang belum tentu bisa dipastikan kebenarannya, apalagi jika tidak didasari dengan fakta-fakta medis atau penelitian tertentu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Selalu berhati-hati dalam memilih bahan makanan agar kita tidak mudah mengonsumsi makanan dengan kandungan berbahaya seperti formalin.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi