Inilah Cara Diet yang Baik dan Benar

Doktersehat-cara-diet-yang-benar

DokterSehat.Com – Jika berbicara soal diet, banyak orang yang menganggap bahwa hal itu hanya perkara mengurangi asupan makan saja. Padahal, diet lebih rumit dari itu. Karena rumit, sering kali diet yang paling pas terkadang membingungkan.

Bahkan, pada beberapa kasus ada orang yang salah memilih diet dan justru gagal mencapai apa yang diinginkannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus mengenai cara diet yang benar.

Sebelum Anda menentukan cara diet yang benar, Anda harus mengetahui dulu apa itu pengertian diet sebenarnya. Diet adalah kegiatan makan makanan dengan cara diatur untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

baca juga: 3 Cara Diet Menggunakan Jeruk Nipis yang Benar

Diet dilakukan oleh sebagian orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian orang melakukan diet untuk menjaga kesehatannya atas anjuran dokter atau karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga yang melakukan diet karena bermasalah dengan berat badannya.

Setelah mengetahui apa tujuan dari diet yang akan dilakukan, lihat juga bagaimana kondisi berat badan, kadar lemak tubuh, penyakit yang dimiliki, profesi, dan pola hidup. Setelah itu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan diet yang benar.

Pada umumnya, mendapatkan tubuh ideal, langsing, dan sehat adalah idaman setiap orang. Namun, terkadang cara mencapainya sering kali tidak tepat. Hal ini disebabkan karena banyak orang tidak memahami metabolisme dan cara kerja tubuh.

Berikut adalah bagaimana cara diet yang benar, di antaranya:

1. Ganti makanan pagi atau sarapan Anda dengan sayuran dan buah. Buah dan sayur mengandung nutrisi yang diperlukan untuk mencukupi asupan nutrisi tubuh. Serat yang terkandung di sayur dan buah juga dapat mempercepat dan memperlancar buang air besar.

2. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, makan makanan yang mengandung vitamin C dan mineral potasium serta antioksidan untuk membantu menghancurkan selulit, mengencangkan kulit dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Minum air putih minimal 2 liter sehari.

Cara Diet Alami dengan buah

Selain beberapa cara di atas, diet yang benar juga harus mengetahui buah yang baik dan buruk untuk dikonsumsi pada saat diet. Berikut adalah buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi, antara lain:

1. Aneka macam buah berry

Blueberry, stroberi, raspberry, blackberry, semua dikemas dengan antioksidan dan vitamin. Buah-buahan ini juga banyak mengandung serat dan memiliki indeks glikemik (GI) yang umumnya rendah sekitar 20an.

2. Ceri

Ceri mirip dengan buah berry dalam hal nilai antioksidan. Buah ini memiliki kadar gula alami sedikit lebih tinggi, tapi karbohidrat sangat rendah dan merupakan sumber serat penting. Indeks glikemik ceri sekitar 22.

3. Apel dan pir

Kedua buah ini mengandung rendah gula dan mengandung sejumlah serat penting. Apel dan pir masih merupakan cara terbaik untuk memuaskan keinginan untuk rasa manis, dengan GI 38.

4. Persik dan aprikot

Dengan nilai gizi yang sama seperti apel dan pir, buah-buahan ini adalah cara cerdas untuk mendapatkan dosis yang baik dari vitamin C dan serat. Persik dan aprikot memiliki GI 30-an.

Diet yang Benar dan Buah yang Sebaiknya Dihindari

1. Kurma

Kurma kering mengandung kadar gula tertinggi dari buah lainnya. Kurma memiliki skor glikemik 103, lebih tinggi dari glukosa murni yang memiliki indeks glikemik 100. Bila Anda sedang diet, cobalah mengganti kurma dengan buah kering lain seperti aprikot kering atau kismis yang memiliki indeks glikemik 50 an.

2. Melon dan semangka

Melon dan semangka memiliki kandungan gula buah yang sangat tinggi (GI melon 65 dan semangka 100).

3. Nanas

Mungkin tidak mengherankan bila nanas memiliki skor gula darah yang tinggi karena rasanya yang manis. Indeks glikemik nanas adalah 66, yang dianggap sebagai tahap moderat (sedang).

4. Mangga dan pepaya

Meskipun tidak manis seperti nanas, mangga dan pepaya memiliki kadar gula yang cukup tinggi yaitu dengan indeks glikemik 55.

Cara Diet Sehat

Pada dasarnya, cara diet yang benar adalah tentang mengelola pola makan. Diet yang benar adalah ketika semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. Berikut adalah cara diet yang benar yang bisa dijadikan patokan:

  • Makanan dikukus atau direbus

Makanan yang dikukus atau direbus dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan makanan yang digoreng. Sementara itu, makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi.

baca juga: 6 Manfaat Tempe bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet?

  • Atur ulang menu di piring Anda

Penuhi sepertiga bahan makanan di piring dengan daging tanpa lemak, ikan, atau daging unggas. Cobalah untuk memperbanyak porsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Pilihlah jenis sumber karbohidrat yang sehat seperti beras merah atau kentang. Makan buah yang tidak terlalu manis seperti apel, tomat dan alpukat.

  • Terus aktif bergerak

Menjadwalkan olah tubuh di pagi hari sebelum mulai beraktivitas merupakan cara terbaik bagi Anda yang merasa kesulitan untuk meluangkan waktu. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 2-3 jam per minggu.