Terbit: 3 Juni 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Ketahui bagaimana cara ciuman sebagai bentuk ekspresi cinta kepada pasangan. Ciuman lembut dapat membantu meningkatkan chemistry Anda dan pasangan. Ketahui bagaimana cara berciuman yang benar dan menggairahkan serta manfaatnya bagi kesehatan dalam artikel ini.

11 Cara Ciuman Bibir Romantis dan Menggairahkan

Cara Ciuman yang Benar dan Menggairahkan

Bagi Anda yang baru menikah atau baru memiliki pasangan mungkin belum tahu bagaimana cara ciuman bibir yang menggairahkan pasangan. Pada dasarnya, Anda dan pasangan akan menemukan koneksinya sendiri saat berciuman, namun Anda juga dapat mengikuti cara berciuman berikut ini:

1. Persiapkan Perasaan Anda

Persiapkan perasaan dan mental Anda terlebih dahulu. Pastikan ciuman yang ingin Anda bagi adalah bentuk ekspresi dari cinta dan kasih sayang, bukan hanya sekadar hubungan fisik belaka. Anda mungkin harus bertanya pada pasangan Anda terlebih dulu, terutama bila ini akan menjadi ciuman pertama Anda dan pasangan.

2. Pastikan Diri Anda Wangi

Persiapan fisik juga perlu dilakukan sebelum berciuman dengan pasangan, salah satu yang paling penting adalah pastikan diri Anda wangi. Wangi tubuh juga dapat meningkatkan ketertarikan pasangan. Bila perlu, gunakan losion atau minyak wangi khususnya di bagian leher dan tangan.

3. Sikat Gigi Terlebih Dulu

Cara berciuman bibir yang juga penting untuk diperhatikan adalah kebersihan gigi dan mulut. Saat Anda dan pasangan berciuman, Anda berbagi mikrobiota dari lidah dan saliva. Setidaknya, Anda harus menjaga kebersihan mulut secara dasar sebelum berciuman.

Pasalnya, ada beberapa infeksi yang mungkin ditularkan setelah berciuman seperti Mono Disease (Mononucleosis) atau yang dikenal dengan Kissing Disease. Penyebab infeksi ini adalah virus Epstein-Barr yang ditularkan dari saliva. Walaupun demikian, Anda tidak memiliki risiko terkena infeksi ini bila sistem pertahanan tubuh Anda sudah kuat.

4. Pastikan Bibir Anda Lembap

Pastikan bibir Anda lembut, lembap, dan tidak pecah-pecah. Kondisi bibir Anda harus terlihat baik karena Anda mungkin tidak mau merasakan kulit mati di bibir Anda terkelupas saat pertama kali berciuman.

Anda disarankan menggunakan lip balm atau pelembap bibir. Bila Anda laki-laki dan tidak memiliki lip balm, setidaknya basahi bibir Anda dengan air terlebih dahulu.

Baca Juga: 3 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Menyebar Melalui Ciuman

5. Pastikan Tidak Bau Mulut

Apabila Anda sudah sikat gigi dan kumur-kumur namun Anda merasa Anda memiliki masalah pernapasan dengan bau yang mengganggu, maka sebaiknya gunakan semprotan penyegar mulut atau mouth spray. Anda juga bisa menggunakan permen mint sebelum menerapkan cara ciuman bibir.

6. Perhatikan Penampilan Anda

Apabila ini adalah ciuman pertama Anda dan pasangan, Anda mungkin ingin mendapatkan kesan terbaik. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memerhatikan penampilan Anda walaupun Anda sudah tahu bahwa pasangan Anda mencintai Anda apa adanya.

Bila Anda perempuan, sebaiknya gunakan riasan wajah yang natural. Kebanyakan laki-laki lebih suka riasan natural saat berciuman. Selain itu, mereka mungkin tidak ingin merusak lipstik di bibir Anda atau lipstiknya akan membekas di wajah dan pakaiannya.

7. Buat Kontak Mata dan Koneksi yang Baik

Pandangan mata yang dalam adalah salah satu cara untuk menyatakan perasaan. Jadi, tatap mata pasangan Anda untuk memberitahunya bahwa Anda ingin mengekspresikan perasaan Anda padanya dengan ciuman. Sebelumnya, Anda harus menciptakan suasana dan koneksi yang baik dengannya.

8. Lakukan di Waktu dan Tempat yang Tepat

Anda mungkin harus memikirkan tempat dan suasana yang baik sebelum mencium pasangan Anda. Pastikan pasangan Anda sedang dalam suasana hati yang stabil dan tidak memaksa. Misalnya, persiapkan juga momen bercumbu yang manis seperti saat hari ulang tahun pernikahan atau peringatan romantis lainnya.

9. Lakukan Sentuhan Lembut di Awal

Cara berciuman selanjutnya adalah dengan melakukan sentuhan lembut di awal. Anda juga harus tenang dan jangan terburu-buru. Anda mungkin akan gugup namun harus mengontrol napas dan gerakan Anda. Kecup bibirnya perlahan dan pelajari respon pasangan Anda.

Baca Juga: 10 Obat Perangsang Wanita Alami yang Dapat Tingkatkan Hasrat Seksual!

10. Perhatikan Bahasa Tubuh Pasangan

Tidak semua orang bisa mengungkapkannya dengan bahasa verbal, jadi Anda harus membaca bahasa tubuh pasangan Anda saat berciuman. Bahasa tubuh ini akan mengungkapkan apakah pasangan Anda mau, suka, atau menikmati kontak fisik tersebut.

Jangan berhubungan fisik dengan seseorang bila itu hanya bermanfaat atau sesuai keinginan satu pihak saja. Ciuman terbaik adalah saat kedua pasangan bahagia.

11. Ketahui Perasaan Pasangan Anda

Setelah menerapkan cara berciuman tersebut, Anda harus mengetahui perasaan pasangan Anda. Anda dapat bertanya apakah pasangan Anda menyukai itu atau jenis ciuman seperti apa yang diinginkannya. Komunikasi juga menjadi faktor penting dalam sebuah hubungan.

Bahkan, Anda mungkin harus bertanya atau meminta izin pada pasangan Anda sebelum meminta sebuah kecupan. Setelahnya, Anda dan pasangan akan mempelajari satu sama lain dalam hubungan tersebut.

Manfaat Ciuman bagi Kesehatan

Ciuman bukan hanya sekadar hubungan fisik antar pasangan, namun juga meningkatkan perasaan cinta, koneksi, dan kualitas hubungan. Selain itu, ada juga manfaat ciuman bagi kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Manusia memiliki hormon kebahagiaan yang bernama oksitosin. Hormon ini dilepaskan saat Anda melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti mendengarkan lagu, berolahraga, atau berhubungan dengan pasangan. Termasuk saat Anda ciuman bibir dengan pasangan yang juga dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan hubungan dalam jangka panjang.

2. Mengurangi Stres

Berciuman dapat mengurangi level kortisol yaitu kadar stres pada diri Anda. Berciuman memberikan Anda dan pasangan kasih sayang yang penuh dan berdampak baik bagi kesehatan mental Anda.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Berdasarkan studi pada tahun 2014, berciuman bibir dapat meningkatkan imun sistem secara natural. Bila Anda melakukan cara ciuman yang benar, Anda dapat mengambil manfaatnya untuk kesehatan juga.

Ada lebih banyak lagi kegunaan ciuman yang tidak hanya berarti hubungan fisik. Baca juga 10 Manfaat Ciuman Bibir bagi Kesehatan dan Risikonya yang lebih lengkap.

Itulah beberapa cara ciuman bibir yang menggairahkan dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan. Ciuman bukan hanya sebuah kontak fisik, namun dapat meningkatkan kualitas hubungan antara pasangan.

 

  1. Everyday Health. 2017. How to Kiss a Man – Top Kissing Tips for Women. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/how-kiss-man-top-kissing-tips-women/.
  2. Mayo Clinic. 2019. Mononucleosis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mononucleosis/symptoms-causes/syc-20350328#:~:text=Infectious%20mononucleosis%20(mono)%20is%20often,with%20someone%20who%20has%20mono. (Diakses pada 3 Juni 2020).
  3. Nicholson, Jeremy M.S.W., Ph.D. 2011. Why We Kiss (and How to Do It Right). https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-attraction-doctor/201111/why-we-kiss-and-how-do-it-right. (Diakses pada 3 Juni 2020).
  4. Santos-Longhurst, Adrienne. 2018. 16 Reasons to Smooch: How Kissing Benefits Your Health. https://www.healthline.com/health/benefits-of-kissing. (Diakses pada 3 Juni 2020).
  5. Sutton, Jandra. 2019. 24 Kissing Tips and Tricks. https://www.healthline.com/health/kissing-tips. (Diakses pada 3 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi