10 Cara Cepat Tidur (Pengidap Insomnia Wajib Baca)

cara-cepat-tidur-doktersehat

DokterSehat.Com – Semua orang butuh tidur, tanpa terkecuali. Tidur adalah momen di mana tubuh untuk sejenak diistirahatkan setelah seharian penuh beraktivitas. Akan tetapi, ada kalanya Anda dilanda kesulitan untuk tidur. Entah apapun alasannya, yang jelas gangguan tidur (insomnia) sangatlah mengganggu. Nah, ada sejumlah tips atau cara cepat tidur yang bisa Anda lakukan agar. Apa saja cara agar bisa tidur?

Cara Cepat Tidur (Mudah dan Efektif)

Sulit tidur atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah insomnia bisa dan sepertinya pernah menimpa hampir semua orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Mengingat tidur adalah kebutuhan esensial tubuh, kondisi insomnia ini tentu saja tidak bisa dibiarkan terus menerus karena akan mengganggu fungsi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa cara cepat tidur yang bisa Anda terapkan guna memperoleh tidur yang berkualitas.

1. Makan Malam 4 Jam Sebelum Tidur

Dari penelitian yang telah dilakukan, disepakati bahwa makan malam 4 (empat) jam sebelum tidur malam adalah cara cepat tidur yang efektif. Asalkan, jenis makanan Anda konsumsi itu makanan-makanan seperti telur, sayuran, dan buah-buahan.

Sebaliknya, hindari jenis-jenis makanan seperti daging berlemak, cokelat, dan makanan yang mengandung pedas oleh karena makanan-makanan tersebut cenderung sulit untuk dicerna sehingga justru malah mengganggu tidur.

2. Minum Susu Hangat

Minum susu hangat sebelum tidur alih-alih kopi dan jenis minuman lainnya yang mengandung kafein akan membuat Anda tidur lebih cepat.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi pada susu jika diminum sebelum tidur dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang, pun merawat kesehatan dan kekuatan tulang yang mana kedua proses tersebut terjadi ketika Anda sedang terlelap.

3. Mandi Air Hangat

Cara tidur cepat selanjutnya yang diklaim efektif membantu Anda terlelap di malam hari adalah, dengan mandi air hangat kira-kira 1 (satu) jam sebelum tidur.

Air hangat berfungsi untuk memberikan rasa nyaman dan rileks pada tubuh. Hal ini tentu saja membantu tubuh untuk dapat tidur dengan cepat. Ditambah lagi kondisi ruang tidur Anda yang sejuk, seharusnya tidak sampai 30 menit Anda sudah terlelap.

4. Buat Jadwal Tidur, Patuhi

Meskipun membutuhkan adaptasi, namun cara cepat tidur yang satu ini dinilai efektif untuk mengatasi gangguan tidur (insomnia) yang Anda alami.

Misalkan, Anda mejadwalkan tidur di jam 9 malam setiap harinya. Kendati awalnya terasa sulit, namun jika dilakukan secara disiplin, tubuh akan terbiasa untuk memberikan sinyal kepada hormon melatonin dan serotonin pada jam yang telah ditentukan tersebut, sehingga jangan heran jika nantinya tubuh Anda sudah siap untuk diistirahatkan di jam tersebut.

5. Matikan Lampu

Pencahayaan di dalam kamar tidur juga memengaruhi seberapa cepat Anda bisa tertidur. Jika Anda ingin tidur cepat, maka mematikan lampu atau paling tidak memasang lampu meja dengan cahaya kecil adalah salah satu cara tidur cepat yang ampuh.

Cara ini juga untuk menunjang cara agar bisa tidur yang disampaikan pada poin sebelumnya, dan agar efeknya terasa, idealnya matikan lampu sekitar 1 jam sebelum tidur.

6. Matikan Gadget, Televisi, dan Sebagainya

Asyik menatap gadget kesayangan atau menonton televisi (jika di kamar tersedia televisi) adalah kebiasaan buruk yang pada akhirnya hanya akan membuat Anda jadi sulit tidur, apalagi jika hal ini dilakukan terus menerus.

Oleh sebab itu, cara cepat tidur yang harus Anda lakukan adalah matikan benda-benda tersebut untuk sementara. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus dan rileks, yang lantas berimbas pada timbulnya rasa kantuk.

7. Mendengarkan Musik

Penelitian telah menunjukkan bahwasanya mendengarkan musik sebelum tidur efektif untuk mempercepat seseorang untuk terlelap. Tak hanya itu, musik pun menghasilkan tidur yang berkualitas.

Akan tetapi, perlu diingat cara cepat tidur yang satu ini baru bisa terasa apabila musik yang Anda dengarkan berirama pelan dan juga bernada lembut. Lagu-lagu instrumental klasik mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengantarkan Anda ke alam mimpi.

8. Pengharum Aromaterapi

Tim peneliti dari Wesleyan University pada tahun 2005 mengemukakan bahwasanya aromaterapi efektif dalam mempercepat seseorang untuk tertidur, pun meningkatkan kualitas dari tidur itu sendiri.

Cara agar bisa tidur dengan menghirup pengharum ruangan dengan wangi aromaterapi seperti wangi bunga lavender bahkan dapat langsung terasa efeknya hanya dalam waktu 2-3 menit. Aromaterapi juga diklaim dapat membuat tubuh terasa bugar saat bangun keesokan harinya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda memasang pengharum ruangan sebagai aromaterapi agar bisa tidur lebih cepat.

9. Teknik 4-7-8

Andrew Weil, seorang dokter spesialis penyakit dalam asal Amerika Serikat (AS) memperkenalkan sebuah cara cepat tidur yang kemudian ia beri nama sebagai tekni 4-7-8. Sama seperti cara tidur cepat lainnya, maksud dari teknik 4-7-8 ini adalah untuk merilekskan tubuh dan pikiran sehingga membantu tubuh agar cepat merasa ngantuk dan ingin tidur.

Cara melakukan teknik 4-7-8 agar bisa tidur lebih cepat adalah sebagai berikut:

  • Tempelkan ujung lidah di langit-langit mulut, tepatnya di belakang gigi atas
  • Buang napas secara perlahan melalui mulut
  • Tutup mulut, kemudian tarik napas secara perlahan melalui hidung sambil menghitung sampai 4
  • Tahan napas sampai hitungan ke-7
  • Buang napas secara perlahan melalui mulut sampai hitungan ke-8
  • Lakukan cara ini sebanyak 3-5 kali

Perlu diketahui, cara agar bisa tidur ini tidak serta merta langsung terasa efeknya pada percobaan pertama atau bahkan kedua. Disiplin dan konsisten dalam melakukan cara ini adalah kunci utama agar manfaatnya benar-benar terasa di kemudian hari.

10. Memijat Titik-Titik Pemicu Ngantuk

Seorang praktisi kesehatan bernama Dr. Idzikowski menyarankan bagi Anda yang ingin cepat tidur untuk melakukan cara agar bisa tidur yakni memijat titik-titik tertentu dari tubuh, yang mana titik tersebut menurutnya menghasilkan efek rileks sehingga tubuh merasa ngantuk.

Titik-titik tersebut meliputi hidung bagian atas (tepatnya di antara dua alis), atau telapak jari kaki bagian kanan, terutama ibu jari dan jari telunjuk. Pijatlah titik-titik tersebut secara perlahan maksimal 30 detik sampai rasa ngantuk muncul.

Penyebab Sulit Tidur

Memangnya, apa sih yang menjadi penyebab Anda sulit tidur? Ada sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Namun pada umumnya, insomnia lebih banyak dilatarbelakangi oleh kondisi-kondisi seperti:

  • Stres, banyak pikiran, dsb.
  • Konsumsi kafein terlalu banyak
  • Tidak bisa lepas dari gadget
  • Penyakit

Untuk poin terakhir, hal ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter guna mencari solusi penyembuhan penyakit tersebut sehingga gangguan tidur juga bisa diatasi. Selebihnya, Anda bisa melakukan cara-cara cepat tidur di atas untuk mengatasi masalah susah tidur. Semoga bermanfaat!