Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Makanan kalau diolah dengan baik akan memberikan nutrisi pada tubuh. Namun, kalau diolah dengan cara salah atau tercampur dengan bahan tertentu akan membuat tubuh keracunan dan berisiko mengalami kematian kalau tidak segera ditangani dengan baik.

Cara Cepat Menangani Keracunan Makanan

Kalau Anda atau rekan mengalami pusing, mual, dan jantung berdetak dengan kencang setelah makan, bisa jadi tubuh sedang mengalami keracunan. Untuk mengatasi hal ini, coba lakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

1. Segera minum air mineral
Keracunan menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi karena kerap muntah dan kondisi cairan di dalam tubuh tidak stabil. Air mineral akan membuat tubuh tidak menjadi lemas karena kehabisan cairan. Air mineral juga mengandung banyak mikronutrien yang bermanfaat.

Selain air mineral dalam kemasan, kalau Anda bisa mendapatkan air kelapa muda, minumlah beberapa gelas. Air kelapa muda mengandung banyak nutrisi dan ion yang bermanfaat untuk tubuh serta mampu menetralkan racun untuk mengurangi dampak negatif bagi tubuh.

2. Pergi ke tempat nyaman
Keracunan makanan akan membuat seseorang jadi lemas dan akhirnya ambruk jika tidak segera ditolong. Untuk membantu meringankan orang yang keracunan, sebisa mungkin menempatkan mereka di ruangan yang nyaman agar bisa berbaring. Selanjutnya bantu mereka untuk bernapas dengan baik.

3. Muntah dengan cara benar
Jika orang yang keracunan ingin muntah, hadapkan kepalanya agar menghadap ke bawah. Hal ini dilakukan agar cairan yang berisi racun tidak masuk lagi ke dalam mulut. Selain itu, muntah degan cara ini juga cepat membersihkan isi perut.

Jika, tiga cara di atas tidak membuat orang yang keracunan membaik kondisinya, segera panggil petugas medis atau bawa ke rumah sakit terdekat. Di klinik, orang yang keracunan akan mendapatkan perawatan khusus sehingga risiko yang menakutkan bisa dihindari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi