Ingin Cepat Hamil? Lakukan 10 Cara Ini Setelah Haid!

cara-cepat-hamil-setelah-haid-doktersehat

DokterSehat.Com – Kehamilan bisa tejadi jika hubungan intim dilakukan pada waktu yang tepat. Saat menstruasi biasanya pasangan tidak dibolehkan untuk berhubungan intim, kemungkinan terjadinya pembuahan pada masa ini juga sangat kecil. Maka dari itu, masa setelah haid kembali dimanfaatkan oleh para pasangan yang menginginkan anak. Sebenarnya bagaimana sih cara cepat hamil setelah haid? Simak tipsnya berikut ini, yuk!

Cara Cepat Hamil Setelah Haid

Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi pada masa tertentu yang disebut dengan masa subur. Masa ini tentunya berada di luar masa menstruasi normal. Jika ingin memanfaatkan masa setelah menstruasi untuk memiliki anak, terapkan dulu 10 tips cara cepat hamil setelah haid berikut ini!

1. Hitung masa subur dengan benar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa masa subur adalah masa di mana kemungkinan terjadinya pembuahan lebih tinggi. Maka dari itu, sangat penting mengetahui masa subur wanita untuk pasangan yang menginginkan anak. Setiap wanita memiliki periode masa subur yang berbeda-beda, bergantung pada siklus menstruasinya.

Siklus menstruasi dihitung sejak hari pertama haid hingga hari pertama haid selanjutnya. Rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari, tapi ada juga yang lebih pendek sekitar 21 hari atau yang lebih panjang hingga 35 hari.

Umumnya masa subur wanita dimulai pada hari ke-10 hingga ke-16 siklus mentruasi. Sebelum menghitung masa subur, sangat penting mengetahui panjang siklus mentruasi Anda. Cara menghitung siklus menstruasi yang lebih mudah juga dapat menggunakan Kalkulator Ovulasi.

2. Lakukan hubungan intim ketika masa subur

Cara cepat hamil setelah haid selanjutnya adalah dengan melakukan hubungan intim secara rutin selama masa subur. Hubungan boleh dilakukan setiap hari atau paling tidak 2 hari sekali selama kurang lebih satu minggu masa subur.

Melakukan hubungan intim lebih dari satu kali sehari tentunya tidak terlalu disarankan karena dapat berpengaruh pada kualitas sperma yang dikeluarkan. Jika kualitas sperma menurun, tentunya kemungkinan pembuahan terjadi juga akan lebih kecil.

3. Tingkatkan asupan asam folat

Asam folat adalah nutrisi yang bukan hanya penting selama kehamilan, tetapi juga sangat penting untuk mempersiapkan kehamilan. Asupan asam folat bisa dipenuhi dengan berbagai makanan tinggi asam folat atau bisa juga dengan tambahan suplemen atau susu dengan kandungan asam folat jika diperlukan.

Penggunaan suplemen asam folat sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter agar dosis yang digunakan pas. Kebutuhan asam folat ini tidak hanya harus dipenuhi oleh calon ibu, tapi juga calon ayah, karena asam folat juga baik untuk kesuburan pria.

4. Konsumsi makanan bergizi

Selain memenuhi asupan asam folat, cara cepat hamil setelah haid selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi. Selain asam folat, ada banyak sekali nutirisi yang dapat menunjang kesuburan pria dan wanita mulai dari vitamin E, kalsium, zinc, zat besi, hingga protein.

Di samping memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi, pasangan yang ingin cepat hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang kurang sehat karena dapat berpengaruh pada kesehatan dan kesuburan.

5. Olahraga teratur

Cara cepat hamil setelah haid selanjutnya adalah dengan olahraga teratur untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat karena olahraga yang terlalu berat juga bisa mengganggu kesuburan seseorang.

Cukup lakukan olahraga ringan setiap hari untuk melancarkan peredaran darah dan juga produksi hormon. Olahraga bersama dengan pasangan juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan.

6. Jaga berat badan ideal

Obesitas sering kali dikaitkan dengan kesuburan seseorang. Di sisi lain, kekurangan berat badan juga diketahui dapat memengaruhi keseimbangan hormon seseorang. Terlalu gemuk maupun terlalu kurus bisa mengindikasikan tubuh yang kurang sehat sehingga bisa berpengaruh pada kesuburan.

Menjaga berat badan ideal juga termasuk salah satu tips cara cepat hamil setelah haid. Cara menjaga berat badan ideal bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur seperti yang dijelaskan sebelumnya.

7. Manajemen stres

Bukan hanya kondisi fisik saja yang berpengaruh pada kesuburan, tapi juga kondisi mental seseroang. Stres dapat menyababkan ketidakseimbangan hormon terjadi pada tubuh kita. Jika ingin cepat hamil, maka Anda dan pasangan harus pandai untuk mengelola stres sehingga tidak berpengaruh pada kondisi fisik Anda.

Hindari juga untuk terlalu memikirkan keinginan untuk memliki anak hingga membuat stres. Jalani dengan santai dan percaya saja bahwa Anda dan pasangan akan mendapatkan anak di waktu yang tepat.

8. Jauhi rokok

Kembali ditekankan bahwa salah satu cara cepat hamil setelah haid adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berhenti merokok dan sebisa mungkin menghindari rokok juga termasuk ke dalam pola hidup sehat tersebut.

Menghindari rokok tidak hanya berlaku untuk wanita, tapi juga untuk para pria yang ingin menjaga kesuburan dan kesehatan sperma.

9. Jangan konsumsi minuman beralkohol

Hal yang harus dihindari selanjutnya adalah minuman beralkohol. Perlu diketahui bahwa minuan beralkohol dapat mengganggu penyerapan beberapa nutrisi dalam tubuh, sehingga tidak baik untuk kesehatan. Jika sudah berusaha untuk memenuhi nutrisi untuk mempersiapkan kehamilan, tentunya akan percuma jika sebagian penyerapannya justru terhambat.

10. Hindari tubuh dari kelelahan

Tips cara cepat hamil setelah haid yang terakhir adalah menghindari tubuh dari kelelahan. Terlalu lelah bukan hanya tidak baik untuk kehamilan, tapi juga untuk tubuh yang sedang mempersiapkan kehamilan. Selain menjaga tubuh dari aktivitas terlalu melelahkan, sebaiknya hindari juga berbagai makanan atau kebiasaan yang umum dihindari oleh ibu hamil.

Mempersiapkan kehamilan pada dasarnya harus dilakukan oleh wanita maupun pria. Kerja sama Anda dan pasangan sangat penting jika ingin mewujudkan keinginan untuk memiliki anak. Jika hanya salah satu pihak saja yang mengubah pola hidupnya, tentunya kehamilan juga akan tetap sulit terwujud. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!