Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jantung adalah salah satu organ vital yang dimiliki oleh setiap orang. Jantung sendiri memiliki peranan utama sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh, layaknya alat transportasi yang tugasnya membawa dan menyebarkan. Kemudian, darah berfungsi sebagai penyalur nutrisi jantung dan pembuluh darah untuk membentuk sistem kardiovaskular.

Cek Kesehatan Jantung itu Mudah, Lakukan Cara ini!

Dengan begitu, sudah terlihat betul bagaimana pentingnya organ vital yang satu ini bagi tubuh manusia. Maka tak heran jika setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan jantung yang sehat dengan berbagai cara, seperti menjaga pola makan, berolahraga, serta menjaga pola tidur.

Namun, kadang kala terjadi beberapa kasus yang mengherankan, seseorang yang telah menjaga kesehatannya dengan ekstra justru tidak memiliki jantung yang sehat. Tentunya hal tersebut membuat polemik tersendiri bagi sebagian besar orang. Sebab, yang telah menjaga kesehatannya saja masih terkena penyakit jantung, apalagi yang memiliki pola hidup tak sehat?

Hal itu juga menjadikan tanda tanya serta rasa penasaran lebih tinggi mengenai keadaan jantung. Mungkin Anda salah satu diantaranya? Jika rasa penasaran itu muncul dan mengganggu pikiran, Anda bisa melakukan cek kesehatan jantung ke dokter. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu lebih atau enggan pergi ke dokter, berikut ini doktersehat.com akan memberikan tips bagaimana cara mengecek kesehatan jantung secara mudah.

Dikutip dari laman Cosmopolitan, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuan asal Meksiko mengenai kesehatan jantung. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa cara mengecek kesehatan jantung dengan mudah adalah menggunakan kaki. Tepatnya, setiap orang bisa mengetahui kesehatan jantungnya hanya dengan menyentuh telapak kaki.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Namun, menyentuhnya pun tidak bisa sembarangan. Anda harus melakukannya dengan sedikit usaha. Pertama, lakukan posisi duduk dengan kaki lurus ke depan dan dirapatkan. Lalu, cobalah meraih telapak kaki Anda dengan kedua tangan sehingga jari menyentuh telapak kaki. Jika Anda bisa melakukannya, itu menandakan bahwa Anda memiliki kondisi jantung yang normal serta kebugaran tubuh yang baik.

Hal itu telah dibuktikan oleh lebih dari 400 responden berusia 20 sampai 80 tahun. Tercatat bahwa, orang-orang muda memang lebih banyak yang berhasil karena kondisi jantungnya masih terbilang normal. Walau demikian, tak sedikit pula orang muda yang gagal karena kondisi jantungnya tak sehat. Sebenarnya praktik sederhana ini dilakukan untuk menguji hubungan jaringan tubuh dengan elastisitas arteri. Jadi, semakin mudah seseorang melakukannya, berarti seseorang tersebut memiliki kondisi jantung yang cukup sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi