Cara Cek Gula Darah Sendiri di Rumah yang Akurat dan Praktis

cara-cek-gula-darah-di-rumah-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda seorang penderita diabetes? Jika ya maka Anda perlu mengetahui cara cek gula darah di rumah. Para penderita diabetes sangat disarankan untuk memiliki alat tes gula darah sendiri dan tahu cara menggunakan alat tes gula darah rumahan.

Hal tersebut penting karena penderita diabetes harus mengontrol kadar gula darahnya supaya mengetahui kondisi tubuhnya (hiperglikemia atau tidak) dan agar tahu bagaimana efek obat yang sedang diterapkan. Sekalipun Anda tidak menderita diabetes tetapi memiliki gejala dan faktor risikonya sebaiknya juga tahu cara tes gula darah.

Mengenal bagian penting alat cek gula darah

Sebelum Anda mengetaui cara tes gula darah maka Anda perlu mengenal lebih dulu bagian-bagian penting yang diperlukan dalam pengujian kadar gula darah. Tes gula darah yang dilakukan di rumah memiliki beberapa komponen utama dan pendukung.

Berikut ini adalah beberapa komponen penting di dalam tes gula darah:

1. Glukometer

Glukometer adalah alat yang digunakan untuk membaca hasil dari tes gula darah. Hasil tes gula darah akan terlihat hanya dalam beberapa detik saja dengan menggunakan glukometer itu.

Alat tes gula darah praktis tersebut memiliki sebuah monitor guna menunjukkan nilai dari gula darah yang diuji. Hasil yang terlihat merupakan hasil kuantitatif di mana akan menunjukkan angka.

Baca Juga: Alat Cek Gula Darah: Cara Menggunakan dan Harga

Selain itu, glukometer juga memiliki celah yang berguna sebagai tempat untuk strip gula darah. Spesifikasi dan kecanggihan dari glukometer berbeda-beda tergantung merk dan serinya. Sesuaikanlah kebutuhan dan budget yang Anda miliki dalam memilih glukometer.

2.  Strip gula darah

Komponen penting berikutnya adalah strip gula darah. Strip gula darah ini mengandung reagen yang merupakan zat pereaksi terhadap zat kimia di dalam darah. Reagen yang ada pada strip gula darah jika terkena darah maka akan terjadi sebuah reaksi kimia.

Reaksi kimia antara reagen pada strip dengan senyawa kimia di dalam darah akan menghasilkan arus listrik. Besar arus listrik ini memiliki nilai yang sama dengan nilai kadar gula darah yang bisa dibaca oleh glukometer.

Pada saat Anda membeli glukometer biasanya akan mendapatkan beberapa strip gula darah. Akan tetapi, strip gula darah tersebut terbatas. Jadi, Anda perlu membeli strip gula darah tambahan secara terpisah agar bisa melakukan tes gula darah berkali-kali.

3. Lancing device

Lancing adalah sebuah perangkat yang bisa menahan lanset atau jarum kecil. Bentuk dan ukuran lancing ini bisa berbeda-beda disesuaikan dengan ukuran lanset. Tipe lancing ini juga ada yang softclix, fastclix, dan multiclix.

4. Lanset

Lanset atau jarum kecil diperlukan di dalam pengujian gula darah untuk menusuk jari sehingga keluar darah. Darah yang akan keluar adalah darah kapiler. Lanset yang digunakan pada masa kini menghasilkan tusukkan yang dangkal.

Meskipun dangkal, sebaiknya Anda tetap menusukkan lanset pada jari secara hati-hati. Anda boleh memilih untuk menggunakan lanset pada jari telunjuk, jari tengah, atau jari manis. Sesuaikan ukuran lanset dan lancing device secara tepat.

5. Alcohol swab

Alcohol swab diperlukan untuk mensterilkan jari yang hendak ditusuk. Anda bisa menggunakan kapas dan cairan alkohol jika tidak tersedia alkohol swab. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi akibat tusukan. Biasanya, alcohol swab dikemas sachetan dan praktis digunakan.

Cara cek gula darah di rumah agar mendapat hasil akurat dan tepat

Glukometer adalah alat cek gula darah yang biasa dimiliki oleh para penderita diabetes karena mudah dioperasikan sendiri di rumah. Cara  menggunakan alat tes gula darah rumahan itu cukup mudah kok.

Anda perlu mengikuti beberapa cara cek gula darah di rumah ini agar mendapatkan hasil kadar gula darah yang akurat dan tepat.

1. Pra-analitik

Tahap pertama dari tes gula darah disebut sebagai tahap pra-analitik. Pada tahap pra-analitik ini Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai persiapan sebelum masuk pada tahap selanjutnya.

Pertama, cuci tangan dan siapkan lanset untuk diatur pada lancing device. Setelah itu, letakkanlah strip gula darah di dalam celah yang disediakan pada glukometer. Apabila sudah maka tentukan jari mana yang akan ditusuk dengan lancing dan lanset.

Bersihkan jari tersebut dengan menggunakan alcohol swab. Tunggulah beberapa detik, yaitu sekitar 5 detik atau sampai alkohol mengering. Usapan alcohol swab bertujuan agar tidak terjadi infeksi pada jari setelah ditusuk. Sampai sini maka tahap pra-analitik selesai.

Baca Juga: Tes Gula Darah: Macam, Cara Mengukur, dan Metode (Paling Lengkap)

2. Analitik

Apabila tahap pra-analitik telah selesai dilakukan maka tahap selanjutnya yaitu tahap analitik bisa dilakukan. Setelah alcohol swab pada jari yang akan ditusuk telah kering maka bersiaplah untuk menusuk jari. Cara cek gula darah di rumah ini memang awalnya seram.

Namun, tidak perlu takut. Anda bisa meminta bantu teman atau keluarga untuk menusuk jari Anda. Apabila Anda memiliki kesiapan mental dan keberanian yang cukup baik maka tusuklah jari Anda sendiri secara hati-hati.

Sebelum menusuk jari maka urutlah jari tersebut ke arah atas agar jari tampak lebih empuk. Hal itu bertujuan agar setelah ditusuk, darah akan secara mudah keluar. Apabila jari tidak diurut ke atas maka darah tidak keluar.

Jari yang sudah tampak lebih empuk pun bisa ditusuk dengan lanset yang dikendalikan melalui lancing device (perangkat device). Apabila darah telah keluar maka tidak perlu ditekan agar darah tidak mengalami pengenceran guna mendapat hasil akurat.

3. Pascaanalitik

Darah yang sudah keluar menandakan bahwa tahap analitik telah tuntas dan bisa masuk ke dalam tahap pascaanalitik. Setelah darah keluar lalu teteskan atau tempelkan pada strip gula darah yang telah terpasang pada glukometer.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal bagi Non Diabetes dan Diabetes

Reaksi kimia akan terjadi dan arus listrik pun akan dihasilkan. Nilai kadar gula darah di monitor pun akan segera terlihat. Anda bisa mencocokan nilai gula darah Anda dengan acuan kadar gula darah normal agar tahu gula darah Anda normal atau tidak.