Terbit: 12 Januari 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Menerapkan cara berpikir positif berikut ini menjadi salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup. Apa saja cara-cara yang dimaksud? Simak informasinya untuk hidup yang lebih bahagia setiap hari!

21 Cara Berpikir Positif agar Hidup Bahagia

Cara Berpikir Positif agar Hidup Bahagia

Berpikir positif dapat membuat kesehatan fisik dan mental tetap terjaga. Sayangnya, tidak semua orang bisa mudah berpikir positif (mungkin termasuk Anda salah satunya). Punya pikiran negatif sebenarnya juga sah-sah saja, selama tidak berlebihan.

Nah, untuk Anda yang suka berpikir negatif, berikut ini ada tips atau cara berpikir positif untuk hidup yang lebih bahagia!

1. Fokus pada Hal-Hal yang Baik

Cara berpikir positif yang pertama adalah dengan berusaha memfokuskan pikiran terhadap hal-hal yang sifatnya positif.

Ketika Anda dihadapkan pada situasi yang sulit, cobalah untuk melihat sisis positif yang ada di dalamnya kendati kecil sekalipun. Ini memang terdengar klise, namun memang cukup efektif.

Sebagai contoh, ketika atasan di kantor tidak puas terhadap hasil kerja Anda. Alih-alih berpikiran negatif dan menyalahkan diri sendiri, cobalah berpikir bahwa hal ini menandakan jika atasan yakin bahwa Anda memiliki kapabilitas untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

2. Lupakan yang Sudah Terjadi, Fokus pada Waktu Sekarang

Anda baru saja membuat kesalahan yang membuat rekan kerja atau atasan kecewa bahkan marah terhadap diri Anda. Seketika, perasaan negatif pun akan muncul dalam pikiran, bukan?

Kendati hal ini manusiawi, namun jangan biarkan pikiran negatif itu berlarut-larut apalagi sampai menyebabkan stres. Segera lupakan kejadian tak mengenakkan tersebut kendati baru terjadi beberapa menit yang lalu. Fokuskan diri Anda pada waktu yang sekarang.

Terus mengingat-ingat kejadian lampau, ditambah kekhawatiran akan dampak dari kejadian tersebut di waktu mendatang hanya akan membuat keadaan semakin runyam.

3. Belajar Bersyukur

Ini juga menjadi cara berpikir positif yang paling efektif.

Bersyukur telah terbukti mampu mengusir rasa stres, meningkatkan rasa menghargai terhadap diri sendiri, dan tak ketinggalan yakni membangkitkan pikiran positif sekalipun Anda tengah menghadapi masa-masa sulit di dalam kehidupan.

Biar bagaimanapun, Anda pasti pernah mengalami momen-momen yang menyenangkan. Pun, jangan lupakan kehadiran keluarga maupun orang terdekat lainnya yang tak henti-hentinya memberikan dukungan. Nah, hal-hal inilah yang harus Anda syukuri. Dengan demikian, pikiran positif itu akan otomatis muncul menggantikan pikiran negatif.

4. Membuat Jurnal ‘Bahagia’

Mencatat segala hal positif yang terjadi pada diri Anda dalam satu hari juga menjadi cara untuk membantu berpikir positif.

Hal ini pun bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Dikatakan di dalam penelitian-penelitian tersebut bahwa mencatat hal-hal positif nan membahagiakan efektif untuk meningkatkan rasa optimis.

Jadi, coba terapkan cara ini untuk membantu Anda berpikir lebih positif, ya!

5. Bersosialisasi dengan Orang-Orang Optimistis

Ada anggapan bahwa lingkungan turut memengaruhi pola perilaku seseorang. Hal ini bisa jadi benar adanya.

Cobalah untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki jiwa optimis sehingga aura positif yang terpancar dari dirinya dapat ‘tertular’ pada Anda.

Sebaliknya, kurangi frekuensi Anda—apalagi jika sedang dalam situasi sulit—untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki sifat pesimis. Pasalnya, hal ini akan semakin menambah kesulitan dan pikiran negatif yang tengah dirasakan.

6. Cari Hal yang Mengundang Tawa

Ketika pikiran negatif melanda, hal ini biasanya diiringi oleh rasa khawatir, takut, hingga sedih.

Jika sudah begitu, maka mencari hal yang mengundang tawa adalah cara agar pikiran negatif tersebut hilang dan berganti dengan pikiran positif.

Anda bisa menonton video atau membaca tulisan yang mengandung unsur humor. Membicarakan topik lucu dengan teman-teman juga bisa jadi pilihan lainnya. Terpenting, hal-hal ini dapat memancing gelak tawa karena begitu Anda tertawa, rasa senang pun muncul yang mana akan secara otomatis membangitkan suasana positif di dalam diri.

7. Lakukan Positive Self-Talk

Apa itu positive self-talk? Positive self-talk adalah sikap di mana Anda berbicara pada diri sendiri untuk meyakinkan bahwa segala sesuatunya akan baik-baik saja, atau Anda pasti bisa menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.

Menurut penelitian, berbicara pada diri sendiri untuk menanamkan pikiran positif—sekecil apapun itu—efektif untuk membantu mengendalikan pikiran, perasaan, dan perilaku di kala sedang menghadapi masa-masa sulit.

8. Mulai Hari dengan Hal-Hal Positif

Memulai hari dengan ‘ritual’ positif juga menjadi cara berpikir positif yang efeknya bisa bertahan selama seharian penuh. Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan terkait dengan hal ini, seperti:

  • Olahraga pagi
  • Mendengarkan musik favorit
  • Membantu orang lain
  • Lakukan positive self-talking

Atau, Anda punya aktivitas menarik lainnya? Apapun itu, lakukan hal yang menyenangkan hati Anda agar suasana hati dalam kondisi bagus karena ini merupakan kunci dari lahirnya pikiran positif.

9. Cari Tahu Pemicu Pikiran Negatif, Selesaikan

Setiap orang—termasuk Anda—pasti punya alasan mengapa otak dipenuhi dengan pikiran negatif. Nah, cara berpikir positif tentu dengan terlebih dahulu menyingkirkan pikiran negatif tersebut, bukan?

Lantas, bagaimana cara menyingkirkan pikiran negatif tersebut? Mencari tahu sumber dari pikiran negatif adalah hal yang pertama harus Anda lakukan. Untuk mendukung hal ini, Anda juga bisa berbagi cerita dengan orang-orang terdekat seperti teman atau pasangan.

Setelah mengetahui apa yang menjadi akar permasalahan, Anda bisa meminta saran apa yang sekiranya harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut hingga kembali tersenyum seperti sedia kala.

10. Banyak Membaca Kutipan atau Literasi Seputar Motivasi

Entah sudah berapa banyak buku atau kutipan singkat yang menyebarkan semangat dan motivasi. Hal ini juga bisa Anda jadikan medium untuk menimbulkan pikiran positif di dalam diri.

Kendati efektivitasnya belum dapat dipastikan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba cara berpikir positif yang satu ini, bukan?

11. Jadikan Kesalahan sebagai ‘Guru’

Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan semasa hidupnya. Akan tetapi, jangan jadikan kesalahan ini terus-menerus membuat Anda berpikiran negatif, termasuk menyalahkan diri sendiri.

Alih-alih terus menatap kesalahan tersebut, yang harus Anda lakukan adalah segera ‘move on’ dan belajar dari kesalahan untuk bisa jadi lebih baik di masa mendatang. Ingat, ini bukanlah akhir dari segalanya. Anda masih punya banyak kesempatan untuk berubah.

12. Rayakan Momen Bahagia

Cara untuk menumbuhkan pikiran positif yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah dengan merayakan setiap momen bahagia yang terjadi.

Bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun, merayakan momen bahagia sudah selayaknya dilakukan untuk menjaga pikiran tetap positif.

13. Hargai Setiap Kesuksesan yang Diraih

Berkaitan dengan poin sebelumnya, cara berpikir positif lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghargai setiap kesuksesan yang diraih.

Jangan lihat seberapa kecil atau besarnya kesuksesan yang Anda dapatkan. Dengan menghargai setiap jerih payah yang telah dilakukan, hal ini membantu menstimulasi otak untuk berpikir bahwa Anda adalah orang yang berkompeten, cerdas, dan semacamnya.

14. Tanamkan Prinsip ‘Kesulitan adalah Tantangan’

Berpikir negatif juga termasuk ketika Anda menganggap segala sesuatunya terlihat sulit. Masalahnya, hal ini tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik.

Alih-alih berpikir negatif, coba jadikan sesuatu yang sulit itu sebagai tantangan. Misalnya, Anda diharuskan untuk melakukan presentasi bulanan oleh atasan. Daripada takut dan berpikir macam-macam, mengapa tidak berusaha untuk mencari cara agar presentasi bisa berjalan dengan baik, seperti:

  • Membuat outline presentasi
  • Mencari sumber terpercaya untuk menunjang presentasi
  • Buat desain presentasi unik namun tetap informatif
  • Berlatih satu hari sebelumnya hingga 30 menit sebelum presentasi dimulai

Mengubah kesulitan menjadi tantangan, selain membuat Anda lebih tenang dan mampu berpikir positif, juga tanpa disadari dapat mengasah kreativitas dalam menyelesaikan suatu masalah.

15. Tanamkan Prinsip ‘Tidak Ada yang Sempurna’

Menanamkan prinsip bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini juga menjadi cara berpikir positif yang bisa Anda terapkan.

Pasalnya, pikiran negatif kerap dipicu oleh perasaan bersalah maupun perasaan tidak mampu dalam mengerjakan sesuatu. Dengan menanamkan prinsip ini, Anda pun jadi yakin terhadap diri sendiri untuk menyelesaikan hal yang sedang dikerjakan tersebut, pun dalam berbagai konteks kehidupan yang lainnya.

16. Jangan Mudah Menyerah

Cara berpikir positif yang satu ini mungkin juga terdengar klise, namun dengan memiliki sifat pantang menyerah inilah Anda tetap bersemangat dalam menghadapi setiap problematika yang terjadi di dalam hidup.

Kembali lagi, hal ini berkaitan dengan prinsip-prinsip berpikir positif yang telah dijelaskan di atas seperti menganggap setiap kesulitan adalah tantangan dan juga meyakini bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini.

17. Berhenti Mengasihani Diri Sendiri

Mengasihani diri sendiri atas apa yang terjadi belakangan ini pada diri Anda hanya akan semakin membuat Anda terjebak dalam pikiran negatif. Bukannya solusi yang didapat, yang terjadi justru Anda semakin stres bahkan depresi.

Tidak. Anda tidak se-menyedihkan itu. Yakinkan diri Anda bahwa semuanya akan baik-baik saja. Daripada terus mengasihani diri sendiri, mengapa tidak ‘bangun’ dan lakukan usaha serta doa yang lebih keras lagi. Benar begitu, bukan?

18. Melakukan Meditasi

Entah sudah berapa banyak penelitian yang membuktikan manfaat meditasi untuk membantu menumbuhkan pikiran positif.

Faktanya, kegiatan ini memang diciptakan dengan tujuan merilekskan hati dan pikiran pelakunya yang mana hal tersebut tentu akan secara otomatis berdampak pada timbulnya aura positif di dalam tubuh.

Mulai dari sekarang, coba luangkan waktu selama beberapa menit—terutama di pagi hari—untuk melakukan kegiatan meditasi ini. Lakukan secara rutin dan rasakan manfaatnya yang satu ini.

19. Olahraga

Selain meditasi, olahraga juga menjadi cara berpikir positif yang efektivitasnya cukup tinggi.

Kegiatan olahraga berdasarkan penelitian mampu membantu tubuh melepaskan hormon dopamine alias hormon ‘bahagia’. Jika suasana hati sudah baik, otomatis pikiran pun akan ikut baik atau positif.

Anda bisa melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, senam, maupun jenis olahraga lainnya seperti bermain futsal dan basket. Selama melakukannya secara konsisten, hasilnya pun akan terasa.

20. Lakukan Kegiatan Sosial

Melakukan kegiatan sosial seperti membantu orang lain atau menjadi sukarelawan juga disebut-sebut dapat menimbulkan pikiran positif bagi yang melakukannya.

Kendati belum banyak penjelasan ilmiah yang mengaitkan hal ini, sejumlah orang mengaku suasana hati dan pikirannya menjadi lebih baik pasca melakukan kegiatan sosial.

21. Perbanyak Ibadah

Terakhir dari cara berpikir positif adalah dengan memperbanyak ibadah. Sama seperti meditasi, ibadah membantu tubuh dan pikiran untuk dapat lebih rileks. Alhasil, segala pikiran negatif dapat dihilangkan, berganti dengan pikiran positif.

Manfaat Berpikir Positif bagi Kesehatan Tubuh

Berpikir positif memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat berpikir positif yang bisa Anda dapatkan:

  • Meminimalisir risiko penyakit jantung dan stroke
  • Meminimalisir risiko penyakit kanker
  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Tubuh menjadi lebih berenergi
  • Kesehatan mental terjaga
  • Jika sakit, proses penyembuhan menjadi lebih cepat
  • Angka harapan hidup lebih tinggi

Itu dia informasi mengenai cara berpikir positif yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat!

 

  1. Alton, L. 2019. 7 Practical Tips to Achieve a Positive Mindset. https://www.success.com/7-practical-tips-to-achieve-a-positive-mindset/ (Diakses pada 12 Desember 2019)
  2. Beth Cooper, B. How To Think Positive Everyday: 4 Simple Steps to a Happier Life. https://open.buffer.com/think-positive/ (Diakses pada 12 Desember 2019)
  3. Cherry, K. 2019. How to Think Like an Optimist and Stay Positive. https://www.verywellmind.com/think-positive-2794771 (Diakses pada 12 Desember 2019)
  4. Davis, T. 2018. Think Positive: 11 Ways to Boost Positive Thinking. https://www.psychologytoday.com/us/blog/click-here-happiness/201803/think-positive-11-ways-boost-positive-thinking (Diakses pada 12 Desember 2019)
  5. Huyer, H. 2019. How to Think Positive and Eliminate Negative Thoughts. https://www.lifehack.org/articles/communication/tips-help-you-think-more-positively.html (Diakses pada 12 Desember 2019)
  6. Santos-Longhurst, A. 2019. Benefits of Thinking Positively, and How to Do It. https://www.healthline.com/health/how-to-think-positive (Diakses pada 12 Desember 2019)
  7. Uy, M. 10 Tips to Overcome Negative Thoughts: Positive Thinking Made Easy. https://tinybuddha.com/blog/10-tips-to-overcome-negative-thoughts-positive-thinking-made-easy/ (Diakses pada 12 Desember 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi