Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rokok adalah sebuah produk tembakau yang diracik dengan campuran berbagai macam senyawa kimia berbahaya. Sampai saat ini, seluruh pakar medis sepakat bahwa tidak ada satu manfaat pun yang didapatkan dari kebiasaan merokok. Sebab sudah banyak terjadi, orang kehilangan nyawa akibat efek samping racun yang terdapat di dalam rokok.

Ingin Berhenti Merokok? Konsumsi 3 Jenis Makanan ini!

Karena kasus tersebut, banyak yang takut dengan efek samping dari rokok. Namun di sisi lain, para pecandu rokok sangat susah untuk mengehentikan kebiasaannya. Hal tersebut dikarenakan rokok mengandung candu yang luar biasa. Setiap perokok pasti memiliki keinginan untuk berhenti, hanya saja hasrat tak mampu karena sudah kecanduan.

Namun, sulit bukan berarti tidak bisa. Sebab, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk mengurangi candu pada rokok secara perlahan. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Teh Hijau

Jika Anda ingin berhenti merokok, maka Anda perlu mencoba terapi teh hijau. Hal ini telah dilakukan oleh banyak orang dan terbukti bisa terlepas dari candu rokok. Hal tersebut dikarenakan teh hijau mengandung katekin dengan konsentrasi tinggi, fitokimia yang bisa menekan nafsu atau hasrat untuk merokok. Praktiknya sederhana, cukup konsumsi teh hijau 3 kali sehari, yaitu pada pagi, sore, dan malam menjelang tidur.

2. Akar Manis

Akar manis adalah sejenis tanaman polong-polongan yang berasal dari Eropa, tapi juga tidak sulit ditemukan di Asia. Tanaman yang memiliki nama latin Licorice ini biasanya digunakan sebagai penyedap atau perasa pada makanan.Anda bisa menggunakan akar manis sebagai metode untuk berhenti merokok. Sebab, akar manis dipercaya dari zaman nenek moyang sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit, termasuk penyakit paru-paru akibat kepulan asap rokok.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Ginseng

Ginseng adalah tanaman yang terkenal sebagai obat herbal. Tanaman ini memiliki senyawa aktif yang bisa menghambat produksi neurotransmitter pada otak. Neurotransmitter sendiri merupakan dopamine yang dikenal sebagai pemberi rasa bahagia ketika seseorang sedang merokok. Nah, dengan senyawa yang dimiliki ginseng, maka Anda akan mengalami penurunan nikmat saat sedang menghisap rokok sehingga akan berhenti secara bertahap.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi