7 Cara Berhenti Merokok untuk Wanita yang Ingin Segera Hamil

berhenti-merokok-untuk-hamil-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Merokok adalah kebiasaan yang buruk, tapi masih dilakukan oleh banyak orang termasuk wanita. Ketika memutuskan untuk merokok, mereka sudah membuat kesuburan tubuhnya anjlok dari waktu-waktu. Segera cari tahu cara berhenti merokok untuk wanita.

Kalau Anda termasuk wanita yang merokok, ada baiknya untuk dihentikan saat ini juga. Ada banyak sekali efek samping dari merokok selain masalah kesuburan. Oleh karena itu, mulailah menghentikan rokok dengan beberapa cara di bawah ini. Cara ini juga cocok untuk Anda yang ingin memulai memiliki anak pertama atau anak kedua dan seterusnya.

Cara berhenti merokok untuk wanita yang ingin hamil

Berhenti merokok memang bukan pekerjaan yang gampang. Apalagi Anda sudah melakukannya selama bertahun-tahun dan mengalami kecanduan. Berikut beberapa cara berhenti merokok untuk wanita yang mudah:

  1. Memiliki tekad yang kuat

Sebelum berhenti merokok, yakinkan diri sendiri terlebih dahulu. Kalau memang sudah yakin dan ingin memiliki anak, segera hentikan kebiasaan merokok. Jangan menundanya lagi karena kesuburan akan semakin menurun. Terlebih kalau usia yang Anda miliki dan pasangan sudah semakin tua, menunda kehamilan akan menciptakan masalah di masa depan.

Lakukan kontemplasi terlebih dahulu terkait dengan kebiasaan merokok yang dilakukan. Apakah dengan merokok ini memberikan banyak manfaat atau tidak. Jika sudah yakin ingin berhenti merokok, lakukan dengan tepat dan terstruktur.

  1. Beri jeda 2-3 bulan untuk berhenti

Melakukan cara berhenti merokok secara langsung tentu akan sulit. Biasanya ada fase pengenalan dan pengurangan konsumsi rokok setiap harinya. Kalau dalam sehari Anda bisa habis 6-10 batang rokok, kurangi perlahan-lahan setiap hari atau minggunya hingga menjadi 1-2 biji saja. Selanjutnya kurangi lagi hingga dalam satu hari tidak merokok sama sekali.

Mengapa harus dikurangi dan tidak langsung berhenti begitu saja? Tubuh butuh penyesuaian diri. Kala langsung berhenti, kemungkinan Anda merasakan pusing hingga mual akan besar. Kalau perlahan-lahan, gejala withdrawal kafein akan rendah sehingga kemungkinan gagal jadi rendah.

  1. Niatkan untuk berhenti seterusnya

Kalau Anda ingin berhenti merokok selama memulai kehamilan, usahakan untuk dilanjutkan seterusnya. Mengapa demikian? Karena setelah melahirkan pun kafein bisa mengganggu ibu dan juga bayinya. Oleh karena itu, kalau sudah bisa berhenti, lanjutkan hingga tidak butuh lagi dengan rokok.

  1. Hindari pemicu ingin merokok

Terkadang niat yang sudah kuat sering runtuh karena ada pemicu yang membuat Anda tidak bisa menghentikan rokok. Salah satu pemicu dari keinginan merokok adalah kopi, berada di lingkungan orang yang merokok, dan tekanan psikologis yang cukup kuat.

  1. Ciptakan support system yang baik

Memiliki niat yang kuat terkadang tidak cukup membuat seseorang untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Kalau Anda merasa tidak mampu, ada baiknya untuk mencari orang yang mau mendukung. Minta dorongan semangat dari pasangan agar kebiasaan merokok segera dihentikan.

Kalau Anda dan pasangan sama-sama merokok ada baiknya untuk berhenti merokok bersama-sama. Dengan berhenti merokok bersama-sama. Kemungkinan besar, Anda dan pasangan bisa sukses karena tujuan yang diinginkan sama.

  1. Olahraga seara rutin

Cara berhenti merokok untuk wanita adalah dengan berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Rasa stres berlebihan bisa dihilangkan sehingga Anda tidak mengalami ketergantungan dengan rokok. Seperti yang kita tahu stres bisa memicu seseorang melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dalam jumlah banyak setiap harinya.

  1. Tahu cara meredakan keinginan merokok

Meredakan keinginan untuk merokok adalah salah satu masalah yang paling susah diatasi oleh siapa saja yang ingin berhenti. Pria pun juga akan mengalami hal ini kalau berniat untuk menghentikan kebiasaan merokok. Perasaan ingin merokok yang kuat kerap muncul kalau jumlah nikotin di tubuh anjlok dalam jumlah besar.

Kalau Anda ingin terbebas dari kondisi ini ada baiknya untuk tahu cara untuk mengatasinya. Misal saat tidak tahan untuk mengambil rokok Anda mengalihkannya dengan makan sesuatu yang manis atau berolahraga. Beberapa orang ada yang memiliki untuk meditasi singkat. Temukan cara mengatasi keinginan merokok sesuai dengan kemampuan.

Efek rokok pada kesehatan wanita secara menyeluruh

Ada banyak efek samping rokok untuk kesehatan, termasuk pada wanita. Inilah beberapa efek rokok yang akan dirasakan oleh wanita:

  • Fertilitas wanita yang merokok akan anjlok menjadi 72 persen dari mereka yang tidak merokok. Selain itu, seorang wanita yang merokok juga memiliki kemungkinan hingga 4 kali untuk hamil lebih dari satu tahun setelah program kehamilan dilakukan.
  • Wanita yang merokok akan lebih banyak mengalami inflamasi di panggul sebanyak 33 persen dari mereka yang tidak merokok. Inflamasi ini juga bisa memicu kemandulan kalau tidak segera diatasi.
  • Wanita yang merokok juga lebih rawan mengalami gangguan pada tubuh berupa telat haid, perdarahan abnormal, infeksi, hingga peluang mengalami menopause dini 2-3 tahun lebih awal bisa terjadi.
  • Kalau wanita sedang hamil, merokok akan menyebabkan gangguan pada janinnya, Pasalnya racun yang masuk ke dalam tubuh akan membuat janin terganggu pertumbuhannya sehingga kemungkinan terjadi keguguran, lahir prematur, hingga keabnormalan organ bisa terjadi.
  • Wanita yang merokok akan lebih rentan mengalami osteoporosis.
  • Perubahan hormon pada wanita akan sering terjadi pada wanita yang merokok. Perubahan ini bisa menyebabkan gangguan fungsi tubuh wanita secara menyeluruh.
  • Kemungkinan terjadi kanker serviks dan payudara akan semakin tinggi.

Itulah beberapa cara berhenti merokok pada wanita yang sedang ingin hamil. Kalau pun Anda sedang tidak ingin hamil, berhenti merokok, kesehatan tubuh juga akan meningkat. Bahkan, peluang terkena kanker akan sangat rendah.