Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, nyatanya makanan manis masih banyak digemari, bahkan sulit untuk dihindari. Seringkali, makanan manis dikonsumsi sebagai makanan ringan untuk menjadi teman di waktu luang. Jika kebiasaan buruk tersebut tidak segera dihentikan, maka kemungkinan besar kesehatan Anda akan terganggu. Berbagai penyakit akan muncul ketika Anda mengonsumsi makanan mengandung gulu secara berlebihan.

Ingin Berhenti Konsumsi Makanan Manis? Begini Caranya!

Menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan manis bukanlah perkara mudah. Sebab, menurut riset dari University of Florida menyatakan bahwa otak melepaskan zat kimia seperti heroin yang disebut opioid endogen ketika mengidam makanan manis dan asin. Oleh sebab itu, pikiran Anda dikuasai oleh keinginan akan makanan manis yang susah untuk dikendalikan.

Namun, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ada cara untuk mengendalikan keinginan makanan manis, yakni dengan minum cuka sari apel. selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan keinginan mengonsumsi makanan manis, diantaranya:

1. Makan Secara Teratur

Makan secara teratur bisa mengendalikan diri untuk mengonsumsi makanan ringan atau yang biasa disebut dengan ngemil. Terlebih lagi makanan ringan yang sering dijadikan sebagai kudapan adalah makanan manis. Dengan makan secara teratur, maka rasa lapar secara berlebihan bisa Anda cegah. Selain itu, makan secara teratur tiga kali sehari dan diselingi dengan konsumsi dua makanan ringan sehat, akan membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari.

2. Tambahkan Sedikit Jus Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin, khususnya vitamin C sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Lemon umumnya sering dijadikan sebagai tambahan infused water, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Tidak hanya itu saja, menurut salah satu peneliti medis dan ahli biokimia, mengonsumsi beberapa sendok makan jus lemon setiap hari dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah sebanyak 8-12 persen. Yang artinya, mengonsumsi jus lemon dapat mengendalikan Anda untuk mengonsumsi makanan manis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Segera Atasi Rasa Stres

Seperti yang Anda tahu bahwa stres yang datang akan membuat Anda berkeinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Hal ini dikarenakan makanan manis bisa mengurangi rasa stres, bahkan suasana hati yang sedang kacau. Jika Anda ingin mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis, sebaiknya cari cara lain untuk mengatasi stres yang Anda rasakan. Misalnya, seperti pergi ke tempat yang indah, berolahraga, atau pergi jalan-jalan bersama kawan-kawan. Hal tersebut lebih bermanfaat ketimbang harus mengatasi stres dengan cara mengonsumsi makanan manis.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi