Terbit: 5 Februari 2021 | Diperbarui: 6 Februari 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Menerapkan cara belajar efektif akan membuat proses belajar jadi menyenangkan dan lebih mudah memahami pelajaran. Pahami bagaimana cara belajar efektif di rumah serta berbagai tips belajar yang dapat Anda terapkan sehari-hari.

20 Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien (Praktikal dan Menyenangkan!)

Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien

Setiap manusia terus belajar sebagai proses kehidupan, namun murid-murid di sekolah atau universitas harus belajar berbagai mata pelajaran untuk mendapatkan nilai pendidikan. Sering kami murid-murid mengalami kesulitan belajar dan berefek pada kemampuan edukasi mereka.

Artikel ini akan membahas tentang tips cara belajar efektif agar siswa dapat mengingat pelajaran dan informasi secara akurat dan memanfaatkannya dalam berbagai situasi dalam hidup. Berikut ini penjelasannya!

1. Terapkan Cara Belajar Berbeda

Berdasarkan penelitian (Willis, J. 2008), cara belajar dengan media berbeda dapat merangsang bagian otak yang berbeda pula. Semakin banyak area otak yang aktif, maka kemampuan untuk menyimpan dan memahami informasi akan semakin kuat.

Anda bisa mempelajari satu topik atau satu mata pelajaran dengan berbagai cara. Misalnya, tidak hanya belajar dengan membaca buku namun bisa belajar dengan video, podcast, membuat kuis, permainan, bertanya langsung dengan yang ahli di bidangnya, melakukan wawancara, dan sebagainya.

2. Jangan Menghafal

Sebagian besar siswa mungkin hanya diajarkan cara menghafal yang kurang efektif, sehingga mereka akan kesulitan bila pertanyaannya diganti. Siswa harus diajari cara memahami teori atau ilmu secara praktikal, sehingga mereka benar-benar menguasai topik tersebut dan dapat menerapkan ilmu tersebut dengan benar.

Sebagian mata pelajaran mungkin membutuhkan kemampuan menghafal, namun kemampuan memahami topik tersebut tetap yang paling dibutuhkan. Sebuah studi membuktikan bahwa semakin Anda mencoba mengingat, maka akan semakin sulit Anda untuk mengingatnya di masa depan.

3. Buat Rencana Belajar

Cara belajar efektif di rumah adalah dengan membuat rencana belajar. Mau belajar apa saja hari ini? Buat daftar topik yang ingin Anda kaji atau berapa halaman buku yang harus Anda baca. Kerjakan PR, projek, atau latihan satu per satu jadi Anda tidak lupa.

4. Berikan Waktu Istirahat

Terkadang waktu belajar di sekolah atau universitas memang cukup panjang hingga Anda tidak fokus dan kelelahan. Bila sedang belajar di rumah, terapkan pola belajar yang lebih rileks.

Anda bisa istirahat selama 10-15 menit setelah belajar selama 1 jam. Waktu belajar yang pendek namun berkelanjutan akan membuat penyerapan informasi lebih efektif. Bila Anda belajar selama 3-5 jam tanpa istirahat, biasanya otak dan tubuh sudah lelah dan sulit menyerap pelajaran.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak yang Tepat

5. Buat Kelompok Belajar

Buat kelompok belajar untuk mendiskusikan bersama tentang semua pelajaran yang diberikan oleh guru atau dosen. Belajar dengan teman-teman pasti lebih menyenangkan dan membuat Anda semangat.

Pastikan setiap orang dalam grup belajar tersebut mau sama-sama belajar. Sering kali dalam grup belajar, hanya beberapa anak yang fokus belajar dan lainnya tidak. Walaupun demikian, grup belajar juga dapat melatih kemampuan komunikasi, organisasi, manajemen waktu, dan kemampuan sosial yang penting.

6. Belajar Lebih dari Satu Topik Tiap Hari

Cara belajar efektif dan efisien selanjutnya dengan mempelajari beberapa mata pelajaran setiap hari. Berdasarkan penelitian (Rohrer, D. 2012), belajar banyak topik akan membuat Anda lebih fokus daripada hanya mendalami satu mata pelajaran.

Misalnya, Anda akan ujian matematika, biologi, dan Bahasa Inggris, maka lebih baik mempelajari setiap bab dari ketiga mata pelajaran tersebut setiap hari. Cara belajar ini lebih baik daripada Anda belajar matematika sepanjang hari Senin, Biologi hari Selasa, dan Bahasa Inggris di hari rabu.

Pasalnya, otak manusia cenderung akan kebingungan untuk menyerap informasi yang sama dalam satu hari. Anda mungkin juga akan merasa lelah atau bosan saat harus belajar satu pelajaran yang sama seharian.

7. Buat Catatan atau Ulasan

Siapkan buku catatan, pulpen berwarna, atau stabilo untuk menandakan informasi penting. Catat bagian penting dari pelajaran, garis bawahi, beri tanda merah, buat bagan, mind-mapping, dan sebagainya untuk memudahkan Anda memahami pelajaran.

8. Jauhkan Semua Distraksi

Masalah klasik kenapa seseorang sulit belajar adalah mereka membiarkan distraksi itu muncul. Pahami cara belajar efektif di rumah, sebagai berikut:

  • Matikan notifikasi handphone.
  • Jauhkan handphone.
  • Matikan TV.
  • Jangan membalas chat saat sedang belajar.
  • Bila harus membuka handphone atau menggunakan akses internet, mohon abaikan notifikasi apa pun yang tidak terkait dengan pelajaran.
  • Beri tahu anggota keluarga atau teman-teman di sekitar Anda bahwa Anda ingin belajar selama beberapa jam.

9. Tulisan Tangan

Membuat catatan dengan tulisan tangan terbukti lebih efektif. Anda dapat mengingat dan memahami setiap informasi yang Anda tulis ulang dalam tulisan tangan. Otak akan memproses informasi dengan cara lain, berbeda saat Anda mengetik dengan ponsel atau komputer.

10. Latihan Secara Berkala

Sebelum menjalani ujian di sekolah, Anda bisa melatih sendiri kemampuan Anda secara berkala, misalnya setiap minggu atau setiap selesai mempelajari satu bab pelajaran. Lakukan latihan dengan teman atau minta tolong ke orang tua atau saudara Anda untuk menilai pelajaran Anda.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Gawai Untuk Belajar Anak

11. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Tempat dan suasana yang nyaman akan meningkatkan konsentrasi belajar. Siapkan semua buku pelajaran, alat tulis, dan perlengkapan lainnya jadi Anda tidak bolak-balik. Bersihkan meja belajar, duduk di tempat yang empuk, tutup jendela, atau rapikan tempat belajar Anda sesuai keinginan Anda.

12. Proses Lebih Penting dari Hasil

Pahami bahwa proses belajar lebih penting dari hasilnya. Tujuan utama Anda bukan hanya untuk mendapat nilai bagus atau peringkat tinggi di kelas, namun proses untuk memahami, cara berpikir kritis, kemampuan menyelesaikan masalah, dan mengaplikasikan ilmu di kehidupan sehari-hari juga penting.

13. Buat Rangkuman Belajar

Salah satu cara belajar efektif di rumah adalah dengan membuat rangkuman setiap Anda selesai belajar atau mungkin rangkuman per bab atau mingguan. Pola ini akan membuat Anda lebih memahami topik dan memudahkan Anda untuk mengingat apa saja yang sudah Anda pelajari. Rangkuman pelajaran juga akan membuat memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang.

14. Jangan Lupa Minum Air Putih

Sebelum dan selama belajar, jangan lupa untuk minum air putih. Selain untuk hidrasi tubuh, minum air putih juga dapat mengembalikan fokus Anda. Jangan lupa bawa sebotol air putih di tempat belajar Anda.

15. Nyalakan Musik

Beberapa orang lebih suka belajar di tempat sepi, namun banyak juga yang lebih fokus belajar dengan latar belakang musik. Musik dapat membuat suasana belajar jadi lebih rileks dan semangat. Pilih jenis musik yang menenangkan, namun jangan dengarkan lagu galau selama belajar, ya!

16. Relaksasi Sebelum Belajar

Pastikan Anda belajar dengan keadaan diri yang sudah siap dan tenang. Anda mungkin perlu sedikit pemanasan tubuh atau streching sebelum belajar agar lebih rileks.

17. Beri Hadiah untuk Diri Sendiri Setelah Belajar

Tips cara belajar efektif adalah dengan menghargai perjuangan diri sendiri. Beri tahu diri sendiri bahwa Anda hebat dan berhak mendapat hadiah. Setelah belajar, Anda bisa istirahat, makan enak, menonton drama Korea, atau hadiah apa pun.

18. Terus Melatih Cara Berpikir

Latih terus cara berpikir Anda dan cari cara belajar yang paling efektif untuk diri sendiri. Setiap orang mungkin memiliki metode belajar berbeda. Pelajari cara mengasah kemampuan berpikir kritis di sini.

19. Jangan Khawatir

Anda tidak perlu khawatir akan mendapat nilai kurang bagus di kelas. Bila Anda terus rajin belajar berbagai skill, maka Anda akan menjadi pribadi cerdas di berbagai bidang.

Pahami juga bahwa setiap orang mungkin kurang menguasai pelajaran matematika, namun sangat cerdas di bidang lain. Tujuan pendidikan bukan hanya mendapat nilai bagus, namun untuk melatih Anda berpikir dan belajar untuk kemudian berhasil di masa depan.

20. Jalani Pola Makan dan Pola Hidup Sehat

Selain rajin belajar, Anda juga harus memenuhi kebutuhan makanan sehat dan pola hidup sehat. Apa yang Anda makan akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan otak juga. Pola hidup sehat juga akan mendukung kesehatan tubuh, jiwa, dan otak .

Itulah pembahasan tentang tips cara belajar efektif dan efisien. Selain belajar ilmu akademik, setiap orang juga harus belajar kemampuan praktikal, kecerdasan emosional, dan meningkatkan cara berpikir yang baik. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Cherry, Kendra. 2020. How to Become a More Effective Learner. Tips from Psychology to Improve Learning Effectiveness and Efficiency. https://www.verywellmind.com/how-to-become-a-more-effective-learner-2795162. (Diakses pada 5 Februari 2021).
  2. Oxford Learning. 2017. How to Study Effectively: 12 Secrets For Success. https://www.oxfordlearning.com/how-to-study-effectively/. (Diakses pada 5 Februari 2021).
  3. Wong, Daniel. 2021. How to Study Smart: 20 Scientific Ways to Learn Faster. https://www.daniel-wong.com/2015/08/17/study-smart/. (Diakses pada 5 Februari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi