11 Cara Agar Bahagia yang Bisa Anda Coba, Ternyata Bahagia Itu Sederhana!

cara-bahagia-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak ingin hidup bahagia? Setiap orang memiliki definisi bahagia yang berbeda-beda. Meskipun bentuk kebahagiaannya berbeda-beda, tapi tentunya tidak ada seorangpun manusia yang tidak menginginkan kebahagiaan. Bagaimana cara bahagia? Ternyata bahagia bisa kita dapatkan dari berbagai kebiasaan sederhana, lho!

Cara Bahagia

Konsep bahagia setiap orang memang berbeda-beda. Sebagian orang mungkin melihat kebahagiaan sebagai hal yang rumit dan sulit untuk dicapai, padahal kebahagian juga dapat didapatkan dengan cara yang sederhana.

Berikut adalah 15 cara hidup bahagia yang dapat Anda terapkan sehari-hari!

1. Tersenyum

Senyum ternyata bukan hanya sekedar ekspresi kebahagiaan, tapi juga bisa menjadi salah satu cara bahagia.

Tersenyum dapat memicu pelepasan dopamin, senyawa di otak yang dapat membuat kita lebih bahagia. Anda dapat memulai pagi yang positif dengan cara tersenyum di depan cermin. Anda juga bisa mencoba tersenyum ketika sedang merasa murung dan rasakan sendiri perbedaannya.

2. Bersyukur

Cara bahagia yang kedua adalah dengan banyak bersyukur.

Hal ini mungkin terdengar klise, tapi sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa berlatih bersyukur dapat memiliki dampak signifikan pada harapan dan kebahagiaan. Bukan hanya pencapaian besar dalam hidup saja yang perlu disyukuri, tapi hal-hal kecil juga dapat disyukuri dan membuat Anda lebih bahagia.

3. Menarik napas dalam dan panjang

Mengambil napas panjang adalah salah satu insting tubuh untuk menenangkan diri.

Dilansir dari Healthline, menurut Harvard Health, latihan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres, artinya hal ini memang bagus untuk dilakukan dan dapat menjadi cara bahagia.

Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan diri:

  • Tutup mata dan coba bayangkan hal-hal yang indah.
  • Ambil napas dalam-dalam melalui hidung.
  • Hembuskan napas melalui hidung atau mulut.

Anda dapat menghitung hingga 5 ketika menghirup dan menghembuskan napas untuk pernapasan yang lebih stabil.

4. Mengakui hal tidak menyenangkan

Cara bahagia selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengakui hal yang tidak menyenangkan yang menimpa Anda.

Ketika mendapatkan kabar buruk atau membuat kesalahan, tidak masalah jika Anda merasa tidak bahagia. Anda dapat membiarkan perasaan tersebut sejenak. Setelah itu, Anda dapat memikirkan cara apa yang dapat dilakukan untuk memulihkan diri Anda.

5. Memberikan pujian

Bukan hanya mendapatkan pujian saja yang dapat membuat seseorang bahagia, Anda juga dapat memberikan pujian sebagai salah satu cara bahagia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tindakan kebaikan dapat membuat seseorang mendapatkan kepuasan. Memberikan pujian yang tulus adalah cara yang paling tepat untuk membuat seseorang bahagia sambil menciptakan kebahagiaan Anda sendiri.

Pujian yang diberikan tentunya bukan pujian berlebihan atau justru dapat menyinggung, tetapi pujian yang tulus yang dapat membuat seseorang merasa lebih berharga.

6. Istirahat dari media sosial

Apakah selama ini Anda beranggapan bahwa aktif di media sosial adalah salah satu cara bahagia?

Ada benarnya mungkin seseorang dapat merasa senang dengan yang dilakukannya dengan sosial media. Namun faktanya, media sosial cenderung memberikan efek negatif pada kebahagiaan seseorang.

Cobalah untuk berhenti sejenak dari media sosial dan menghabiskan waktu untuk hal lain seperti membaca, meditasi, bersosialisasi, atau sekedar menghabiskan waktu untuk menyendiri.

7. Pilih makanan yang baik untuk mood

Makanan tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik seseorang, tapi juga memengaruhi pikirannya.

Karbohidrat dapat memicu pelepasan serotonin atau hormon yang dapat membuat Anda nyaman. Karbohidrat sederhana dapat menyebabkan lonjakan energi yang tidak baik untuk Anda, jadi lebih baik dihindari. Karbohidrat kompleks dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Selain itu, jenis makanan seperti daging tanpa lemak, unggas, kacang-kacangan, dan susu tinggi protein dipercaya dapat meningkatkan energi dan konsentrasi. Sedangkan makanan olahan dan gorengan cenderung membuat seseorang sedih.

Jadi, jika Anda ingin sehat secara fisik dan juga bahagia, sebaiknya pilihlah makanan yang sehat untuk tubuh.

8. Berolahraga

Selain makanan, faktor lain yang juga berpengaruh pada fisik maupun pikiran adalah olahraga.

Olahraga secara rutin dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi. Sebaliknya olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kebahagiaan seseorang. Anda dapat memulai dari aktivitas fisik yang paling ringan untuk membiasakan diri.

9. Menghabiskan waktu di alam

Menghabiskan waktu di alam juga dapat menjadi salah satu cara bahagia, terutama bagi Anda yang merasa penat dengan rutinitas di perkotaan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan 30 menit atau lebih dalam seminggu di ruang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah dan depresi. Tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan kesenangan ini, Anda dapat pergi ke ruang terbuka hijau atau taman terdekat yang ada di sekitar daerah rumah Anda.

10. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu kunci cara hidup bahagia.

Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk tidur setiap malamnya. Tidur yang cukup ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik, fungsi otak, hingga kesejahteraan emosional.

Jika Anda sering merasa mengantuk di siang hari, terdapat kemungkinan bahwa Anda butuh istirahat lebih banyak. Cobalah untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya untuk mendapatkan tidur yang teratur dan cukup.

11. Berimajinasi

Cara hidup bahagia yang terakhir adalah dengan berimajinasi.

Ternyata tubuh kesulitan membedakan antara hal yang terjadi dalam imajinasi dan yang terjadi dalam kehidupan nyata. Ketika Anda membayangkan sesuatu yang membahagiakan, maka perasaan bahagia yang Anda dapatkan mungkin nyata.

Tentunya imajinasi ini juga dapat Anda jadikan sebagai motivasi untuk mewujudkan berbagai hal yang Anda inginkan dalam hidup.

Jika Anda mempertanyakan bagaimana cara bahagia, sebenarnya jawabannya terdapat dalam diri Anda sendiri, karena setiap orang dapat merasakan kebahagiaan yang berbeda.

Cara-cara di atas adalah cara yang dapat Anda coba, jika cara tersebut berhasil, Anda dapat menerapkannya secara rutin dalam kehidupan Anda. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

  1. How to Be Happy: 25 Habits to Add to Your Routine – https://www.healthline.com/health/how-to-be-happy
  2. How to Be Happy: 23 Ways to Be Happier – https://www.psychologytoday.com/us/blog/click-here-happiness/201801/how-be-happy-23-ways-be-happier