10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Alami

cara-mengobati-radang-tenggorokan-doktersehat

DokterSehat.Com – Jika tenggorokan terasa kering, bengkak dan sakit saat menelan, mungkin Anda sedang mengalami radang tenggorokan. Sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek atau flu.

Sakit tenggorokan biasanya akan sembuh dengan sendiri, meski pada beberapa kasus ada yang berkembang menjadi serius. Namun Anda tidak perlu cemas. Ada beberapa cara pengobatan sederhana dan alami yang mungkin bisa Anda coba lakukan di rumah:

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Perbanyak minum air

Memenuhi dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang penting, apalagi jika saat ini Anda tengah mengalami sakit tenggorokan atau radang. Terpenuhinya jumlah cairan dalam tubuh akan menjaga membran mukus tetap lembap sehingga perlawanan terhadap bakteri atau alergen menjadi lebih kuat, begitupula kemampuan tubuh dalam melawan ancaman gejala flu lainnya. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan dengan baik, namun jika bosan dengan air putih, sesekali bisa minum teh hangat atau air jahe.

Baca juga: Beberapa Penyebab Sakit Tenggorokan Yang Harus Kita Waspadai

2. Minum obat anti-inflamasi

Mara menghilangkan sakit tenggorokan paling efektif adalah dengan mengonsumsi obat anti-inflamasi non-steroid, seperti tablet yang mengandung ibuprofen. Tablet dengan kandungan ibuprofen akan dengan mudah dijumpai di apotek dan toko obat. Bukan saja dapat mengatasi radang, obat ini akan mampu menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan solusi paling bijak untuk mengatasi segala keluhan dalam tubuh termasuk ketika sakit tenggorokan. Munculnya keluhan pada tubuh bisa menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Bukan saja mudah, istirahat terbukti dapat menurunkan rasa sakit pada tenggorokan, sebab pada umumnya pemicu sakit tenggorokan dipicu oleh virus influnza yang dapat diatasi sendiri oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

4. Konsumsi antibiotik

Pada umumnya penyebab sakit tenggorokan dipicu akibat bakteri, biasanya bakteri yang menjadi sumber penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes. Dengan demikian cara menyembuhkan sakit tenggorokan adalah dengan pemberian antibiotik. Untuk memastikan penyebab infeksi, ada baiknya jika Anda mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu yang dilakukan oleh dokter. Jika pada akhirnya diberikan obat antibiotik maka jangan lupa untuk menghabiskannya.

Baca juga: Cara Mengobati Tenggorokan Berlendir

5. Berkumur dengan air garam

Meskipun terdengar kuno, namun berkumur dengan air garam akan lebih efektif dan lebih cepat dalam melegakan sakit tenggorokan. Selain bermanfaat sebagai antiseptik, garam memiliki sifat dalam membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan serta dapat meredakan rasa sakit.

6. Madu

Madu dicampur teh atau diminum sendiri adalah obat rumah tangga umum untuk sakit tenggorokan. Satu studi menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam menjinakkan batuk malam hari daripada penekan batuk biasa. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang artinya dapat membantu mempercepat penyembuhan untuk sakit tenggorokan.

7. Berkumur dengan baking soda

Sementara berkumur dengan air garam lebih umum digunakan, berkumur dengan baking soda atau soda kue yang dicampur dengan air garam juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Berkumur dengan larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.

The National Cancer Institute merekomendasikan berkumur dan dengan lembut dengan kombinasi dari 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam. Mereka merekomendasikan menggunakan campuran larutan ini setiap tiga jam sesuai kebutuhan.

8. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki banyak penggunaan antibakteri alami. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikrobanya dalam melawan infeksi. Karena sifatnya yang asam, ia dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Jika merasakan sakit tenggorokan, coba larutkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel dalam satu cangkir air dan berkumurlah dengan larutan tersebut. Kemudian menyesap sedikit campuran, dan ulangi seluruh proses satu hingga dua kali per jam. Pastikan untuk minum banyak air di antara sesi berkumur.

Ada banyak cara menggunakan ACV untuk mengobati sakit tenggorokan, tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan juga sensitivitas tubuh Anda terhadap cuka. Yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau praktisi perawatan kesehatan Anda.

Baca juga: Redakan Sakit Tenggorokan dengan Beberapa Cara Berikut ini!

9. Bawang putih

Cara mengatasi sakit tenggorokan juga bisa dengan bawang putih, karena bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Bumbu dapur ini mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya untuk melawan infeksi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke dalam diet Anda juga merupakan cara mendapatkan sifat antimikroba.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengobati sakit tenggorokan yang bisa Anda coba di Rumah. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!