Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masalah kehamilan menjadi masa-masa sulit bagi sebagian wanita. Pasalnya, tubuh akan mengalami beberapa perubahan yang juga memicu masalah kesehatan. Salah satu yang paling banyak terjadi dan menyerang wanita hamil adalah pigmentasi. Penyakit yang juga disebut dengan chloasma alias melisma ini kerap membuat sejumlah area tertentu pada tubuh memiliki warna yang lebih gelap dibanding kulit sekitarnya. Kondisi yang demikian juga membuat sejumlah wanita merasa kurang percaya diri. Nah, berikut sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pigmentasi.

Cara Atasi Pigmentasi yang Terjadi Saat Hamil

1. Menggunakan Sunscreen atau Sunblock

Seperti yang telah diketahui, pigmentasi merupakan kondisi di mana zat melanin dalam tubuh mengalami peningkatan. Tidak heran jika paparan sinar matahari menjadikan kulit semakin cepat mengalami pigmentasi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan produk yang mengandung sunscreen mau pun sunblock. Kedua jenis produk tersebut ampuh dalam mencegah efek buruk yang ditimbulkan sinar UV pada kulit.

2. Jangan Mencukur Rambut

Mencukur rambut merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Namun, hal tersebut justru memicu terjadinya pigmentasi. Dilansir dari laman Baby Center, mencukur rambut menggunakan wax dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Kondisi inilah yang nantinya akan memperparah pigmentasi.

3. Gunakan Produk dengan Bahan Hypoallergenic

Tidak ada salahnya untuk menggunakan produk dengan bahan hypoallergenic. Pasalnya, produk dengan kandungan bahan ini mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Dilansir dari laman Baby Center, iritasi kulit dapat memperparah pigmentasi yang ada.

Masalah pigmentasi yang kerap membuat kulit tubuh memiliki warna tidak merata ini memang membuat sebagian wanita kurang percaya diri. Namun, dengan menjalani sejumlah tips di atas, pigmentasi yang Anda alami dapat berkurang atau bahkan memudar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi