Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sakit maag merupakan salah satu keluhan yang bisa terjadi di masa kehamilan. Selain sakit maag, ada juga beberapa keluhan lainnya seperti sakit kepala, nyeri punggung, dan sebagainya.

Tips Mencegah dan Mengatasi Maag Saat Hamil

Sakit maag dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya perubahan hormonal dan tekanan yang dialami akibat perubahan rahim yang membesar. Saat maag kambuh, perut akan terasa tidak nyaman dan mungkin dapat mengganggu aktivitas Anda. Bisakah mencegah maag saat hamil?

Tips mencegah maag saat hamil

Meskipun sangat tidak nyaman, namun maag sebenarnya bisa dihindari dengan cara sederhana, yaitu pengaturan makan yang baik. Hindari makan makanan yang berlemak, makanan pedas atau asam yang memicu sakit maag.

Selain itu, hindari terlalu banyak makan saat hamil. Banyak yang beranggapan bahwa saat hamil perlu makan banyak untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin. Meskipun kebutuhan kalori ibu hamil meningkat, namun ibu hamil sebenarnya tidak perlu makan dengan porsi berlebih. Makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan keluhan sakit maag saat hamil.

Salah satu tips yang bisa Anda coba untuk tetap makan banyak di saat hamil adalah dengan makan dalam porsi sedikit, namun berulang. Jika biasanya makan dalam porsi besar hingga tiga kali sehari, Anda bisa menyiasatinya dengan makan dalam porsi kecil sebanyak lima sampai enam kali sehari.

Mengatasi maag saat hamil

Saat maag kambuh, Anda bisa meredakannya dengan minum minuman madu hangat atau teh mint. Jika hal ini tidak membantu, maka sebaiknya Anda mengonsumsi obat maag. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda terkait obat maag yang akan dikonsumsi karena ibu hamil tidak bisa mengonsumsi obat maag sembarangan.

Jika Anda diberi antasida, maka hindari konsumsi antasida dengan suplemen zat besi. Kandungan dalam antasida dapat memengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi