Cara Mengatasi Lemas Berlebihan Saat PMS Datang

doktersehat lemas saat PMS

DokterSehat.Com – Bagi beberapa wanita, PMS yang toba 2-3 hari menjelang menstruasi adalah hal yang biasa. Rasa sakit yang muncul sudah bisa diatasi karena selama bertahun-tahun mengalaminya. Namun, pada beberapa wanita, PMS adalah sebuah bencana yang sangat besar. Kondisi ini tidak hanya membuat wanita mengalami perubahan suasana hati atau mood saja, tapi juga gangguan yang lebih besar.

Wanita yang memiliki endometriosis biasanya mengalami rasa sakit yang jauh lebih tinggi. Beberapa wanita bahkan ada yang sampai pingsan karena tidak kuat menahan rasa sakitnya. Selain itu, wanita yang sedang mengalami PMS juga mengalami rasa lemas yang cukup masif sehingga mereka kerap tidak bisa melakukan aktivitas hariannya dengan lancar.

Kalau Anda sering mengalami lemas berlebih saat PMS tiba, coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasinya.

  1. Makan yang menambah energi

Saat menderita sakit yang cukup intens, wanita sering malas makan karena untuk bergerak saja sudah sakit. Akhirnya mereka lebih banyak berdiam diri di dalam kamar untuk tidur alih-alih makan untuk memperbanyak energi dan menghindari rasa lemas berlebih.

Tidur saat sedang sakit memang memberikan efek yang nyaman. Namun kalau dilakukan berlebihan justru memberikan efek lemas. Coba ingat kembali saat puasa dan Anda banyak tidur, kondisi kemas justru sering muncul.

Ketimbang Anda terus lemas, coba untuk mengonsumsi makanan yang memberikan energi. Pilih makanan yang bisa memberi efek kenyang lebih lama dan tidak mengandung banyak karbohidrat sederhana. Oatmeal, sereal, atau nasi merah cukup direkomendasikan.

  1. Jangan sampai dehidrasi

Rasa lemas pada tubuh terjadi akibat wanita terus menahan sakit yang datang setiap saat. Selain itu, rasa lemas juga terjadi karena wanita jarang sekali minum saat sedang PMS. Akibat rasa sakit yang dialami, wanita jadi malas melakukan apa pun.

Meski sedang malas untuk minum, usahakan untuk tetap menghabiskan 6-8 gelas air putih setiap harinya. Kalau malas pergi ke dapur, sediakan botol minuman sehingga Anda tinggal minum secara langsung tanpa perlu banyak bergerak.

  1. Lakukan olahraga ringan

Lemasnya tubuh kadang disebabkan oleh kebiasaan kita sendiri yang lebih banyak pasif di atas kasur ketimbang bergerak. Rasa malas ini membuat tubuh jadi semakin lemas sehingga rasa sakit yang muncul meski sedikit akan membuat kita jadi tidak kuat menahannya.

Saat sedang PMS, jangan hanya diam di dalam rumah saja. Sesekali lakukan olahraga ringan selama 30 menit. Anda bisa jalan kaki mengeliling rumah atau jogging kecil. Saat tubuh aktif, rasa sakit di dalam tubuh akan sedikit berkurang dan Anda jadi semakin segar.

  1. Jangan mengonsumsi minuman berkafeina

Saat sedang PMS jangan sekali-kali mengonsumsi minuman yang berkafeina seperti kopi atau soda. Minuman ini akan memberikan efek diuretik yang cukup tinggi. Wanita akan sering buang air kecil dan ada perasaan tidak nyaman lain yang membuatnya semakin lemas dan tidak bertenaga.

  1. Persiapkan camilan yang sehat

Beberapa wanita yang mengalami PMS justru sering lapar sehingga mereka selalu menyediakan camilan. Sayangnya camilan yang disiapkan tidak semuanya sehat. Camilan yang banyak mengandung gula ini malah memberikan efek mengantuk dan lemas. Oleh karena itu, coba ganti camilan menjadi yang sehat seperti buah-buahan agar semakin menyehatkan tubuh.

Bawalah apel atau pisang di dalam tas. Selanjutnya bawa juga air putih yang banyak kalau sedang ada pekerjaan atau acara di luar rumah.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang sering lemas saat PMS.