Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Saat Sedang Hamil

doktersehat keputihan saat hamil

DokterSehat.Com – Mendapatkan keputihan saat hamil sebenarnya hal yang biasa dan sering dialami oleh semua wanita, Namun, tidak semua keputihan yang terjadi adalah sehat. Ada keputihan yang terjadi karena gangguan seperti infeksi sehingga bisa membahayakan wanita dan bayi yang ada di dalam rahimnya.

Untuk mengenal lebih jauh terkait dengan keputihan yang terjadi pada wanita hamil dan cara mengatasinya, simak ulasan di bawah ini dengan saksama.

Penyebab keputihan pada wanita hamil

Saat sedang hamil, tubuh wanita akan mengalami peningkatan estrogen. Peningkatan ini menyebabkan area di sekitar vagina akan mengalami peningkatan produksi lendir. Peningkatan inilah yang menyebabkan wanita mengalami keputihan. Selama warna lendir yang keluar adalah bening dan tidak menyebabkan gatal, wanita tidak perlu mengkhawatirkannya.

Yang perlu dikhawatirkan dan diwaspadai adalah saat cairan yang keluar memiliki warna hijau dan agak kekuning-kuningan. Sementara itu ada bau tidak sedap dari cairan dan wanita sering merasakan gatal dan panas di area vagina. Keputihan jenis ini biasanya disebabkan oleh bakteri sehingga wanita harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Cara mengatasi keputihan pada wanita hamil

Kalau keputihannya normal mungkin tidak ada cara khusus untuk mengatasinya. Cukup selalu menjaga kebersihan vagina secara rutin. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah dengan rutin mengganti celana dalam kalau dirasa sudah basah dan tidak bersih lagi.

Jangan menggunakan celana dalam yang kasar atau terlalu banyak menggunakan pewangi. Celana dalam yang menggunakan pewangi sangat berbahaya karena bisa merusak flora normal yang ada di dalam vagina. Selanjutnya perhatikan cara membasuh vagina saat buang air agar tidak ada bakteri dari anus yang ikut terbawa ke depan dan akhirnya menyebabkan keputihan abnormal.

Semoga ulasan di atas memberikan tambahan pengetahuan dan Anda tidak langsung panik kalau mendapati keputihan normal saat hamil.