10 Cara Mengatasi Beser yang Sering Terjadi pada Wanita

beser-doktersehat
Photo Credit: Freepik.com/@chainfoto24

DokterSehat.Com – Wanita lebih sering mengalami inkontinensia urine atau sering disebut beser dibandingkan dengan pria. Kondisi ini menyebabkan banyak wanita sering sekali kebelet pipis entah karena udara yang dingin atau kebanyakan minum. Kondisi ini tentu sangat merugikan karena bisa membuat wanita harus bolak-balik ke kamar mandi setiap hari.

Selain karena udara dingin dan banyak minum, keluarnya urine dari kandung kemih juga bisa terjadi tanpa bisa ditahan. Misal saat wanita bersin dengan kuat atau saat wanita tertawa hingga susah dikontrol, urine akan mendadak keluar sehingga wanita kerap mengalami ngompol meski tidak banyak. Nah, kalau Anda tidak ingin mengalami inkontinensia atau beser yang cukup mengganggu, coba simak beberapa ulasan di bawah ini.

Penyebab Beser pada Wanita

Salah satu penyebab terjadinya inkontinensia adalah lemahnya otot dasar panggul. Otot ini seharusnya bermanfaat untuk menahan kandung kemih kalau isinya sudah penuh. Kalau otot di dasar panggul ini lemah, urine akan mudah sekali keluar dan menyebabkan beser baik secara langsung atau karena dipicu kondisi tubuh dan aktivitas.

Penyebab selanjutnya dari kondisi inkontinensia ini adalah usia dari wanita. Semakin tua usia wanita, otot dari panggul akan melemah signifikan. Pelemahan ini menyebabkan wanita mudah sekali kecolongan saat kandung kemihnya penuh.

Terakhir, penyebab beser pada wanita juga karena kondisi sistem reproduksi wanita memengaruhi kondisi sering buang air kecil. Misal saat wanita melahirkan akan ada pelemahan otot di panggul. Selanjutnya operasi di area vagina juga bisa memicu adanya kebocoran urine.

Cara Mengatasi Inkontinensia yang Mengganggu

Kebocoran urine pada wanita memang tidak menyenangkan dan bisa mengganggu aktivitas. Namun, Anda bisa meringankan atau mengatasi beser dengan menerapkan beberapa hal di bawah ini.

1. Rutin bercinta

Cara mengatasi beser yang pertama adalah bercinta dengan pasangan. Saat wanita mengalami orgasme, mereka akan mengalami kejang di area vagina, panggul, dan anus. Sensasi kejang ini akan menguatkan otot panggul sehingga inkontinensia bisa diatasi dengan mudah.

Lakukan seks dengan rutin minimal sekali dalam seminggu. Saat melakukan seks, sebisa mungkin untuk mencapai orgasme agar efeknya lebih terasa.

2. Melakukan senam kegel secara rutin

Cara mengatasi beser kedua yang bisa diandalkan untuk mengatasi inkontinensia adalah dengan senam kegel. Senam ini dilakukan dengan cara menahan kencing. Otot yang ikut bereaksi saat Anda menahan kencing inilah yang dilatih untuk menguatkan dasar panggul dengan mudah.

Selain membantu mengatasi inkontinensia, senam kegel juga bermanfaat untuk orgasme. Rutin melakukan senam ini bisa membuat wanita merasakan orgasme yang hebat.

3. Menjaga kadar lemak dalam tubuh

Semakin banyak kadar lemak di dalam tubuh semakin banyak juga bobot yang menekan kandung kemih. Tekanan pada kandung kemih ini menyebabkan gangguan yang cukup besar, Anda jadi sering kebelet kencing meski kandung kemih belum penuh isinya.

Sebisa mungkin untuk memiliki berat badan ideal untuk mengatasi beser. Atur pola makan dengan baik dan bila perlu lakukan diet.

Anda dapat menurunkan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan mengikuti pilihan gaya hidup sehat seperti berikut ini:

  • Jalan cepat 30 menit selama 5 hari dalam seminggu
  • Mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan buah dan sayuran
  • Mengonsumsi sayuran setengah piring saat makan
  • Mengganti biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh
  • Meningkatkan asupan serat
  • Menghindari camilan manis
  • Mengurangi lemak jenuh
  • Kurangi makanan olahan
  • Seorang ahli diet dapat membuat rencana makan yang sehat dan seimbang untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Membatasi asupan kafeina

Kalau Anda sudah memiliki indikasi mengalami inkontinensia urine, menghindari kopi, teh, atau minuman dengan kadar kafeina tinggi bisa menjadi cara mengatasi beser. Minuman itu bersifat diuretik yang artinya akan menguras air di dalam tubuh sehingga Anda akan lebih sering mengalami inkontinensia.

Ganti minuman berkafeina atau yang terlalu manis dengan air putih. Penuhi kebutuhannya hingga 8 gelas sehari agar saluran kemih lebih sehat.

5. Hindari mengangkat beban berat

Cara mengatasi beser dengan menghindari mengangkat beban yang bikin otot-otot dasar panggul tegang. Ketika perlu mengangkat sesuatu, seperti menggendong anak-anak atau membawa tas belanja, kencangkan otot-otot dasar panggul Anda sebelum dan selama mengangkat beban.

6. Jangan lupa minum air

Ketika beser, reaksi pertama Anda adalah menghindari air minum. Itu sebenarnya dapat menyebabkan efek buruk karena tidak minum cukup air dapat mengiritasi kandung kemih. Namun, jangan terlalu banyak minum air.

7. Cukup minum air

Minumlah enam hingga delapan gelas cairan sehari (tetapi tidak lebih) kecuali dokter menyarankan sebaliknya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, banyak orang dengan inkontinensia urine menghindari minum cairan, karena mereka merasa itu menyebabkan lebih banyak masalah.

Namun, membatasi asupan cairan Anda membuat inkontinensia lebih buruk, karena mengurangi kapasitas kandung kemih Anda. Cairan yang terlalu sedikit juga dapat menyebabkan atau memperburuk konstipasi ataus sembelit.

8. Segera obati sembelit

Berusaha mengosongkan usus dapat melemahkan otot-otot dasar panggul dan membuat inkontinensia urine menjadi lebih buruk.
Jangan pernah menunda keinginan untuk mengosongkan isi perut Anda. Jika mengalami sembelit, pola makan dan gaya hidup mungkin dapat membantu mengatasinya. Seperti makan lebih banyak serat dan berolahraga lebih banyak.
Mengubah cara duduk dan menggunakan otot untuk mengosongkan isi perut Anda mungkin juga bisa membantu. Fisioterapis spesialis juga dapat memberi tahu Anda tentang hal ini.

9. Kurangi alkohol

Alkohol adalah diuretik yang membuat Anda lebih sering buang air kecil. Mengurangi minum minuman beralkohol juga dapat membantu gejala inkontinensia urine.

10. Hindari makanan pedas dan asam

Hindari makanan pedas dan asam, seperti sambal cabai, kripik pedas dan buah jeruk, karena dapat mengiritasi kandung kemih dan membuat gejala inkontinensia lainnya menjadi lebih buruk.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi beser pada wanita. Semoga bisa dipraktikkan sehingga Anda mendapatkan hasil terbaik.