Anak Tak Mau Minum Air Putih? Ini 5 Cara Mudah Membiasakannya!

anak-minum-dari-gelas-doktersehat-1
Designed by: Freepik

DokterSehat.Com– Minuman yang khas dikonsumsi anak-anak, biasanya adalah minuman manis kemasan atau susu, ya. Hal ini seakan telah menjadi kebiasaan dan membuat kita seakan lupa bahwa anak juga harus banyak minum air putih.

Sama seperti orang dewasa, kebutuhan konsumsi air putih harian anak harus selalu dipenuhi. Hal ini tentu saja untuk mendukung hidrasi tubuh yang baik yang akan mendukung fungsi organ dan sistem tubuh berjalan dengan optimal.

Pada anak-anak, minum air putih sebaiknya sudah dianggap menjadi kebiasan sehari-hari. Kondisi ini tentu saja harus melalui proses yang membuat anak terbiasa minum air putih.

Berikut 5 cara mudah agar anak terbiasa minum air putih:

1. Biasakan sejak dini

gigi-anak-rapuh-doktersehat
photo credit : pexels.com

Anda sudah bisa membiasakan anak mengonsumsi air putih sejak anak berusia 6 bulan.

Pada saat anak sudah memauki usia ini, kenalkan air putih pada anak, misalnya setelah memberikan MPASI atau setiap 2-3 jam sekali.

Semakin tingkatkan volume asupan air putih anak sesuai dengan usianya, yaitu 800-1500 ml untuk anak usia 6 bulan hingga 5 tahun, agar anak semakin terbiasa mengonsumsi air putih.

2. Buat jadwal kapan anak harus minum air putih

Selanjutnya, jika anak sudah mulai mengerti. Anda bisa membuat jadwal minum air putih untuk anak.

Hal ini bisa dilakukan dengan membiasakan anak minum air putih setelah makan, setelah ngemil, atau mungkin setelah melakukan aktivitas harian, misalnya mandi atau bermain.

Sesuaikan jadwal ini dengan kegiatan anak sesuai masanya, misalnya saat ia sudah memasuki masa pra sekolah nanti. Hal ini akan membuat anak menjadikan minum air putih menjadi bagian dari kegiatan dan kebiasaannya sehari-hari.

3. Gunakan alat minum yang ia sukai

doktersehat-piring-gelas-melamin
Photo Credot: vintage19_something

Agar anak semakin bersemangat saat mengonsumsi air putih, gunakan alat minum kesukaannya.

Anda bisa memilih gelas, cangkir, atau botol dengan warna kesukaannya atau memilih alat minum dengan gambar karakter favorit Anak. Hal ini akan menciptakan rasa senang saat anak mengonsumsi air putih.

4. Biasakan anak membawa air putih saat keluar rumah

Saat akan berpergian, buat kebiasaan agar anak membawa air putih dari rumah.

Hal ini baik untuk mendukung anak terbiasa minum air putih dan mencegah anak memilih minuman manis kemasan saat anak sedang keluar rumah.

5. Contohkan bahwa minum air putih adalah hal yang utama

doktersehat-minum-air-putih-sehat-1024Selain melakukan 4 hal di atas, Anda juga harus menunjukkan bahwa minum air putih adalah hal yang harus diutamakan dan dibiasakan. Orang tua merupakan role model dan tempat anak melihat dan meniru apa yang sebaiknya ia lakukan.

Usahakan Anda mencukupi kebutuhan air putih harian dengan mengonsumsi air putih di waktu-waktu yang rutin, hal ini jaga secara tidak langsung akan membuat anak terbiasa mengonsumsi air putih.

Manfaat membiasakan anak minum air putih

ciri-ciri-anak-berbakat-doktersehat

Membiasakan anak minum air putih tidak hanya akan membuat kebutuhan air putih harian anak tercukupi, namun juga akan memberikan manfaat di antaranya:

  1. Membuat anak tidak terbiasa minum manis
    Asupan air putih yang cukup akan membuat anak cukup kenyang sehingga tidak lagi ingin minuman lainnya. Minuman manis yang umumnya sering dikonsumsi anak-anak bisa menyebabkan anak merasa minuman yang ia konsumsi harus memiliki rasa manis, menyebabkan kegemukan, diabetes, dan kerusakan gigi.
  2. Anak tidak mudah lemas dan bisa beraktivitas dengan baik dan fokus, karena terhindar dari risiko dehidrasi.
  3. Pencernaan anak lebih lancar, karena cairan yang cukup mendukung kerja usus besar lebih optimal.