Cara Menghilangkan Varises pada Kaki Secara Alami

Doktersehat-cara-menghilangkan-varises
Photo Credit: Flickr.com/Cynthia Roden

DokterSehat.Com – Varises adalah salah satu gangguan penyakit yang umumnya terjadi pada area kaki. Varises merupakan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah balik atau dalam istilah medis dikenal dengan pembuluh vena–yang berfungsi mengembalikan darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh kembali menuju jantung. Bagi beberapa orang, munculnya varises bisa menurunkan rasa percaya diri atau nyeri. Lantas, bagaimana cara menghilangkan varises yang ampuh?

Cara Menyembuhkan Varises

Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan varises atau cara menghilangkan varises di kaki, sebaiknya Anda juga perlu tahu apa penyebab varises. Pada dasarnya, penumpukan darah di dalam pembuluh vena terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena.

Pembuluh vena memiliki fungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar.

Selain rusaknya katup vena, berikut adalah beberapa aktivitas yang menjadi penyebab munculnya varises, di antaranya:

1. Terlalu lama berdiri

Terlalu sering berdiri dalam waktu yang lama bisa membuat kaki menjadi tegang, sehingga akan memengaruhi pembuluh darah balik atau vena yang kaku akibat menahan berat tubuh.

2. Terlalu lama duduk

Sering duduk juga bukan memicu terjadinya ambeien, ternyata duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan varises akibat lengkukan dari lutut pada posisi kaki dalam keadaan tertentu seperti terlipat, yang membuat pembuluh darah menjadi terhambat.

3. Celana terlalu ketat

Celana yang Anda gunakan juga bisa memicu terjadinya varises karena ukuran yang terlalu ketat. Varises biasanya terjadi pada bagian pinggul yang akan menyumbatkan peredaran dari pembuluh darah sehingga menyebabkan kaki mengalami varises.

4. Faktor usia

Seiring berlanjutnya usia biasanya elastisitas pembuluh darahnya juga akan mengalami penurunan, dan katup venanya juga akan melemah sehingga darah yang tadinya maju menuju jantung malah akan mundur yang menyebabkan gumpalan dan pembesaran pada pembuluh darah lalu timbulah varises.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Setelah Anda mengetahui penyebab munculnya varises, sekarang saatnya Anda mengetahui cara mengatasi varises. Berikut ini adalah cara menghilangkan varises secara alami yang bisa Anda coba di rumah, antara lain:

1. Lakukan pijatan dengan minyak jarak

Minyak jarak merupakan hasil olahan dari tanaman yang sangat kaya akan manfaat, minyak ini mampu mengatasi varises dan mencegah timbulnya kembali. Lakukanlah pemijatan bagian varises secara perlahan dengan menggunakan minyak jarak secara rutin di malam hari sebelum tidur.

Minyak jarak mengandung asam lemak omega-9 yang sebagian besar memberikan manfaat untuk kecantikan. Sifat emolinen pada minyak jarak dapat menyerap dengan mudah pada kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Selain itu, minyak jarak dikenal sebagai pencahar yang berkhasiat untuk mengobati lepra dan sifilis. Sebagai obat luar, minyak ini digunakan untuk mengobati bisul, abses, tumor, radang telinga tengah, dan sakit kepala migrain.

Minyak jarak adalah salah satu minyak esensial yang dioleskan untuk merangsang penyembuhan jaringan yang keras dan penyembuhan luka. Kadang, minyak jarak juga digunakan untuk membantu persalinan.

Anda bisa menggunakan minyak jarak dalam bentuk minyak oles dan minyak pijat yang langsung diaplikasikan ke kulit atau bisa dengan cara seperti mengompresnya, yakni merendam handuk kecil atau kain dalam minyak dan ditempatkan di daerah tertentu pada kulit.

Selain minyak esensial, cypress oil juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung sistem sirkulasi. Cobalah untuk mengusap area varises dengan lima tetes cypress essential oil selama beberapa minggu.

Perlu diingat, kedua minyak tersebut tidak bisa digunakan sebagai pengobatan utama, melainkan hanya sebagai pendukung.

2. Menjaga pola makan

Cara menghilangkan varises dengan mudah lainnya adalah dengan menjaga pola makan. Hindarilah makanan yang mengandung kalori tinggi, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C dan serat kemudian perbanyak minum air putih.

Oleh karena itu, pola diet yang sehat dan seimbang sangat dianjurkan karena dengan mengonsumsi segala sayuran dan buah segar hal itu dapat membantu agar kadar garam di dalam tubuh tidak terlalu tinggi, namun asupan tersebut bisa menaikkan kadar serat.

Perlu diketahui, karena serat dapat membantu menjaga sistem pencernaan bekerja optimal, maka tak heran jika penderita konstipasi harus rutin mengonsumsinya. Pasalnya, usaha mengejan berlebihan saat sembelit bisa menciptakan tekanan kuat pada bagian dalam perut yang berisiko merusak katup pembuluh vena. Rusaknya katup pembuluh vena inilah yang disinyalir menjadi penyebab varises.

Ketika Anda sudah menjaga pola makan dengan baik, otomatis tekanan darah akan lebih stabil dan akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah yang membuat varises muncul. Segera terapkanlah cara menghilangkan varises alami ini jika dirasa varises mulai mengganggu rasa percaya diri Anda.

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah kegemukan dapat meningkatkan risiko terkena varises. Oleh karenanya, jaga terus berat badan agar tetap ideal.

3. Terapi mengangkat kaki ke atas

Cara menghilangkan varises berikutnya dengan melakukan terapi kaki. Pada saat tidur biasakanlah mengangkat kaki ke atas dengan menempelkan kaki pada dinding agar tidak kelelahaan. Lakukanlah minimal 10 menit setiap hari agar pembuluh darah yang tersumbat pada bagian kaki menjadi lancar kembali.

Cara menghilangkan varises dengan meninggikan kaki ini bisa Anda lakukan di rumah saat sedang santai. Hal ini berguna untuk mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki dan meningkatkan sirkulasi sarah agar tidak terhambat. Usahakan posisi kaki lebih tinggi dari pada jantung.

Terapi lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan varises adalah dengan yoga. Yoga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan varises karena membuat peredaran darah tubuh berjalan dengan lancar. Latihan yoga dapat menolong tubuh untuk menjadi elastis dan fleksibel, di mana hal ini dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan varises alami.

Nah, itulah cara menghilangkan varises alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba.