Terbit: 20 Maret 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Sedang mencari cara menghilangkan stres? Ya, semua orang pasti pernah mengalami stres. Kendati wajar, tetap saja Anda tidak ingin jika kondisi ini terjadi berlarut-larut, bukan? Stres berlarut-larut juga tentu dapat memengaruhi kesehatan fisik maupun psikis kita. Oleh sebab itu, baca tips ampuh mengatasi stres berikut ini!

15 Cara Menghilangkan Stres (Dijamin Efektif)

Cara Mengatasi Stres Paling Ampuh

Ada saja hal-hal yang menjadi penyebab stres entah itu karena masalah pekerjaan, masalah keluarga, hingga masalah percintaan. Jangan biarkan kondisi mental yang satu ini terjadi berlarut-larut. Lakukan cara mengatasi stres paling ampuh berikut ini!

1. Olahraga

Cara mengatasi stres yang pertama adalah dengan olahraga. Selain membuat fisik bugar dan bebas penyakit, berolahraga ternyata juga ampuh mengusir stres.

Ada beberapa alasan mengapa olahraga efektif menghilangkan stres, yaitu:

  • Olahraga membantu menurunkan kadar hormon kortisol alias hormon ‘stres’
  • Olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur
  • Olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga berpengaruh terhadap mood dan mental

Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki santai. Lakukan cara mengatasi stres ini secara rutin agar hasilnya benar-benar terasa.

2. Meditasi

Selain berolahraga, melakukan meditasi juga bisa jadi cara menghilangkan stres yang cukup ampuh. Menurut penelitian, meditasi dapat memberikan efek menenangkan pada saraf otak sehingga akan secara otomatis meredakan stres.

Tidak sulit untuk melakukan metode anti-stres yang satu ini, kok. Anda hanya duduk bersila sambil memejamkan mata. Kemudian, atur napas sedemikian rupa agar efek rileks tersebut benar-benar terasa.

3. Mengatur Napas

Menarik napas dalam-dalam lalu membuangnya secara perlahan terbukti efektif dalam menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh, sehingga secara otomatis mengusir perasaan stres, cemas, maupun depresi yang tengah Anda alami.

Agar hasilnya maksimal, lakukan cara menghilangkan stres yang satu ini dengan prosedur:

  • Carilah tempat yang sepi, misalnya di kamar
  • Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin, bisa duduk bersila atau sambil berbaring
  • Tarik napas dalam-dalam, kemudian tahan dalam 2 hitungan
  • Buang napas secara perlahan dalam 4 hitungan
  • Lakukan cara ini berulang-ulang selama kurang lebih 5 menit

4. Memelihara Hewan

Memelihara hewan seperti anjing dan kucing juga dipercaya sebagai cara menghilangkan stres yang efektif.

Fungsi hewan peliharaan sebagai ‘obat stres’ tersebut dikarenakan interaksi dengan hewan-hewan tersebut mampu membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin, atau biasa kita kenal sebagai ‘hormon cinta’.

Anjing dan kucing menjadi medium bagi manusia untuk mencurahkan segala bentuk kasih sayang, misalnya saat membelai atau memeluknya. Aktivitas ini lantas juga memicu peningkatan kadar dopamin dan serotonin, hingga akhirnya membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Tak heran, kedua hewan ini kerap dijuluki sebagai ‘sahabat manusia’.

5. Membuat Gambar Abstrak

Selain menulis, menggambar sesuatu di secarik kertas (sekalipun gambar itu hanya berupa coretan abstrak tanpa makna) menurut penelitian dapat berfungsi sebagai obat stres yang juga tak kalah efektif dalam mengusir rasa stres ini.

Lakukan cara menghilangkan stres yang satu ini di sela-sela aktivitas Anda, misalnya saat bekerja, atau sebelum tampil di hadapan publik.

6. Mendengarkan Musik

Musik juga diklaim sebagai cara menghilangkan stres yang efektif. Menurut para peneliti dari Stanford University, musik memiliki kapasitas yang serupa seperti obat stres dalam membantu menenangkan otak dan meredakan stres.

Selain itu, menggerakkan tubuh dengan menyesuaikan irama musik yang didengar juga efektif memicu pelepasan hormon endorfin. Tidak ada aturan khusus jenis musik apa yang harus didengar guna mengatasi stres. Selama Anda senang dengan musik tersebut, maka cara menghilangkan stres ini seharusnya berjalan lancar.

7Travelling

Rasanya kita semua setuju kalau aktivitas travelling atau jalan-jalan adalah salah satu cara mengatasi stres terbaik.

Dilansir dari Forbes, Dr. Tamara McClintock Greenberg, seorang psikolog asal San Fransisco, Amerika Serikat mengatakan jika travelling adalah kegiatan yang dapat merelaksasi pikiran.

Bepergian ke destinasi-destinasi wisata favorit memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau pasangan. Jadi, luangkan waktu untuk jalan-jalan, ya. Jika tidak sempat untuk bepergian ke luar kota atau luar negeri, berkeliling kota saja sudah cukup kok untuk mengurangi stres.

8. Pijat

Stres yang memuncak otomatis berdampak pada fisik. Mulai dari tubuh yang terasa lelah, pegal-pegal, dan otot kaku, semuanya umum dirasakan oleh Anda yang tengah dilanda stres.

Jika sudah begitu, maka cara mengatasi stres dan gejalanya yang satu ini adalah dengan melakukan pijat, apapun jenis pijatnya seperti Thai Massage yang kini tengah digandrungi.

Melakukan pijat tidak hanya membantu merilekskan otot-otot yang tegang melainkan juga membantu mengusir rasa stres, dan hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian sehingga efektivitasnya tak perlu diragukan lagi.

9. Menghirup Aromaterapi

Melakukan terapi pijat untuk menghilangkan stres akan semakin efektif apabila sambil menghirup aromaterapi.

Ya, aromaterapi adalah medium lainnya yang sangat ampuh untuk mengusir rasa stres. Studi pun telah membuktikan jika aromaterapi dapat membantu menstimulasi otak untuk mengurangi produksi hormon kortisol alias hormon ‘stres’.

Anda bisa mencoba jenis aromaterapi apapun seperti aroma bunga lavender, daun mint, dan sebagainya.

10. Tertawa

Alternatif cara menghilangkan stres lainnya adalah dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa mengundang gelak tawa. Artinya, Anda disarankan untuk tertawa agar stres yang melanda bisa segera hilang.

Membaca cerita atau menonton video lucu adalah jawaban dari semua ini. Manfaatkan gawai Anda guna melakukan cara mengatasi stres yang satu ini. Tapi ingat, jangan terlalu lama menatap layar gadget karena hal ini juga tidak baik untuk kesehatan.

11. Seks

Khusus bagi Anda yang telah menikah, berhubungan seks dengan pasangan tercinta adalah cara menghilangkan stres terampuh yang bisa dilakukan.

Ya, siapa yang tidak suka seks? Dan sepertinya kita semua juga setuju bahwa aktivitas ini memang aktivitas yang sangat menyenangkan (membayangkannya saja sudah membuat senang, bukan?).

Studi yang dirilis oleh Journal of Biological Psychology menyebutkan bahwasanya berhubungan seks efektif dalam membantu menghilangkan stres, pun menurunkan tekanan darah yang juga umum terjadi saat seseorang sedang dilanda stres.

Jadi, ajaklah pasangan Anda untuk bercinta malam ini agar stres yang sedang tengah dialami berdua seketika hilang, sekaligus untuk memperkokoh rasa cinta di antara Anda berdua tentunya.

12. Mengonsumsi Makanan Penghilang Stres

Mengonsumsi makanan, apalagi makanan favorit, memang secara tidak langsung turut memengaruhi suasana hati (mood). Ini tentu saja bisa dijadikan alternatif cara menghilangkan stres maupun depresi yang sedang Anda alami.

Beberapa contoh makanan yang dipercaya dapat mengatasi stres adalah sebagai berikut:

  • Cokelat hitam
  • Ikan salmon
  • Telur
  • Biji labu
  • Yogurt
  • Teh hijau
  • Kunyit

Silahkan mengonsumsi makanan-makanan tersebut saat sedang merasa stres dan buktikan manfaatnya.

13. Yoga

Kembali lagi ke aktivitas fisik, kali ada yoga yang bisa Anda jadikan cara menghilangkan stres.

Kombinasi antara gerakan fisik, meditasi, dan teknik bernapas menurut beberapa penelitian ampuh untuk mengurangi produksi hormon kortisol.

14. Mandi Air Hangat

Mandi atau berendam di air hangat juga merupakan cara mengatasi stres, oleh karena aktivitas ini efektif dalam menekan peningkatan kortisol, hormon yang menjadi pemicu timbulnya stres.

Mandi atau berendam air hangat juga membantu tubuh, khususnya otot-otot tubuh, untuk bisa lebih rileks. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa meletakkan lilin atau wewangian aromaterapi, seperti wangi bunga lavender di kamar mandi saat mandi atau berendam.

15. Beribadah

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Florida dan Wayne State University menemukan fakta bahwa sebanyak 96 persen dari total partisipan yang dilibatkan memilih untuk melakukan ibadah sebagai cara mereka untuk menghilangkan stres.

Beribadah adalah saat di mana Anda terhubung dengan Sang Pencipta. Aktivitas ini lantas berimbas pada ketenangan batin yang pada akhirnya membuat hati dan pikiran menjadi lebih rileks dan secara otomatis, rasa stres pun hilang seketika.

Selain itu, beribadah juga bermanfaat untuk memunculkan energi positif di dalam diri, yang mana hal ini sangat penting dalam manajemen stres.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Stres Pasca Pemilu

Bahaya Stres jika Tidak Segera Diatasi

Seperti yang sudah disebutkan tadi, stres yang berlarut-larut dapat berdampak buruk bagi tubuh, tak hanya mental namun juga fisik. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi jika stres tidak segera diatasi atau tidak dapat dikelola dengan baik adalah:

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Komplikasi jantung
  • Gangguan tidur (insomnia)
  • Penurunan nafsu makan
  • Penurunan daya konsentrasi

 

  1. Anonim. Massage: Get in Touch with Its Many Benefits. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/massage/art-20045743 (Diakses pada 20 November 2019)
  2. Anonim. Releasing Stress Through The Power of Music. https://www.unr.edu/counseling/virtual-relaxation-room/releasing-stress-through-the-power-of-music (Diakses pada 20 November 2019)
  3. Chrichton-Stuart, C. 2018. What are Some Foods to Ease Your Anxiety. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322652.php#nine-foods-to-eat-to-help-reduce-anxiety (Diakses pada 20 November 2019)
  4. Jennings, K. 2018. Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety (Diakses pada 20 November 2019)
  5. Nazish, N. 2018. Five Reasons Why Travel is Good for Your Mental Health. https://www.forbes.com/sites/nomanazish/2018/01/22/five-reasons-why-travel-is-good-for-your-mental-health/#15681d375934 (Diakses pada 20 November 2019)
  6. Scott, E. 2018. 17 Highly Effective Stress Relievers. https://www.verywellmind.com/tips-to-reduce-stress-3145195 (Diakses pada 20 November 2019)
  7. Scott, E. 2018. How to Relieve Stress with Bathub Medicationhttps://www.verywellmind.com/relieve-stress-with-a-bath-meditation-3144781 (Diakses pada 20 November 2019)
  8. Scott, E. 2019. How Spirituality Can Benefit Mental and Physical Healthhttps://www.verywellmind.com/how-spirituality-can-benefit-mental-and-physical-health-3144807 (Diakses pada 20 November 2019)
  9. Vann, M. 2017. 7 Healthy Reasons You Should Have Sex Right Now. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/seven-healthy-reasons-to-have-sex-right-now.aspx (Diakses pada 20 November 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi