Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pori-pori yang besar pada wajah, bisa membuat Anda terlihat kusam dan tidak segar. Jika sudah begitu, Anda sepertinya mulai butuh bantuan. Jangan khawatir, kami siap membantu! Menurut Healthy and Natural World, tipe kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar dan terlihat. Pori-pori tidak bisa dihilangkan, namun ia bisa diperhalus dan dibuat agar tampak mengecil dengan cara-cara alami.

Cara Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Anda

Photo Credit: pexels.com

Sebelumnya, untuk memulai perawatan, pastikan tangan Anda dalam keadaann bersih, jangan terlalu sering memegang wajah, kecuali Anda ingin menambah kadar minyak di sana dan jangan melakukannya dengan berlebihan, karena bisa membuat kulit Anda iritasi.

1. Gunakan Es

Es, masih menurut healthyandnaturalworld.com, yang diaplikasikan pada wajah dapat membuatnya lebih kencang, pori wajah juga lebih kecil. Bukan hanya itu, es yang diusapkan pada wajah Anda juga bisa menyegarkan. Gunakan potongan es batu untuk membersihkan wajah. Usapkan selama kurang lebih 20 detik atau lebih. Lalu keringkan dengan handuk lembut.

2. Masker Plain Yogurt

Yogurt mengandung probiotik dan bakteri laktat yang dapat berperan membantu menjauhkan bakteri jahat penyebab jerawat. Sehingga hal ini dapat membantu mengecilkan pori-pori Anda. Selain itu, yogurt juga membantu membersihkan kulit wajah. Gunakan masker yogurt maksimal 10 menit, bilas dengan air dingin dan ulangi pemakaian setiap dua kali dalam seminggu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Putih Telur dan Perasan Lemon

Masker putih telur dapat membuat kulit wajah Anda mengencang, serta kandungan minyak berlebih pada wajah Anda dapat terangkat. Sementara perasan lemon juga bagus untuk melindungi kulit dari bakteri. Anda bisa mencampur putih telur dengan perasan lemon, lalu menggunakannya sebagai masker. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini secara rutin selama beberapa kali dalam seminggu.

Mudah bukan caranya? Dengan pemakaian rutin dan teratur, pori wajah Anda yang besar-besar itu bisa mengecil tanpa harus perawatan mahal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi