7 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi

jus-jambu-doktersehat

DokterSehat.Com– Menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bahkan, banyak orang yang sampai mengonsumsi obat-obatan tertentu demi menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Padahal, pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara alami yang bisa kita lakukan demi menurunkan kadar kolesterol.

Beberapa cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa membantu mengatasi masalah kesehatan tersebut.

  1. Rutin minum air jeruk nipis

Jeruk nipis tinggi kandungan flavonoid, sejenis antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan paparan buruk radikal bebas, salah satu penyebab meningkatnya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi air perasan jeruk nipis hangat demi mendapatkan manfat kesehatan tersebut.

Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada minuman tersebut dan mengonsumsinya saat perut sudah terisi makanan karena jika diminum saat perut kosong, dikhawatirkan bisa menyebabkan peningkatan asam lambung.

  1. Rutin makan oatmeal

Oatmeal tak hanya bisa dijadikan sarapan alternatif bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Makanan yang tinggi kandungan serat ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan efektif. Kandungan serat inilah yang nantinya akan menghambat proses penyerapan kolesterol dari makanan di dalam usus.

  1. Rajin berolahraga

Selain karena pola makan yang kurang sehat, seringkali kolesterol tinggi juga disebabkan oleh malas berolahraga atau kurang gerak. Jika kita mau mengubah kebiasaan ini dan mulai lebih rajin berolahraga, maka kadar kolesterol jahat bisa semakin diturunkan dan sirkulasi darah menjadi semakin lancar.

Olahraga yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat tidaklah harus yang berat-berat. Olahraga ringan seperti jalan pagi, jogging, bersepeda, hingga berenang bisa memberikan manfaat kesehatan ini asalkan dilakukan secara teratur dan rutin.

  1. Menurunkan asupan makanan tinggi lemak

Kolesterol memiliki kaitan erat dangan makanan tinggi lemak. Masalahnya adalah makanan tinggi lemak cenderung memiliki rasa yang enak sehingga bisa membuat kita ketagihan. Sebagai contoh, gorengan, daging olahan, dan makanan cepat saji digemari oleh banyak orang, bukan? Pastikan untuk menurunkan konsumsi makanan tinggi lemak ini demi menurunkan kolesterol. Bahkan, jika perlu kita bisa menghindarinya untuk beberapa saat hingga kadar kolesterol tubuh bisa turun.

  1. Lebih sering makan brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling baik bagi kesehatan. Rutin mengonsumsinya ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total di dalam tubuh. Hanya saja, pastikan bahwa cara pengolahan brokoli telah tepat. Jika kita menggorengnya dengan tambahan tepung misalnya, tentu tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan. Akan jauh lebih baik jika kita mengukus atau merebus brokoli.

  1. Rutin minum jus jambu merah

Tak disangka, minum jus jambu merah ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan sehat di dalam jus ini yakni berupa vitamin A, B3, B6, dan C, kalium, fitonutrien, dan anti oksidan. Hanya saja, sebaiknya kita tidak mengonsumsi jus jambu merah kemasan karena biasanya tinggi gula dan kandungan tidak sehat lainnya.

Jus jambu merah segar buatan sendiri yang tidak diberi tambahan gula jauh lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari demi bisa mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.

  1. Rutin minum jus anggur

Jus anggur tinggi piceatannol dan resveratrol, sejenis antioksidan yang bisa mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Pastikan untuk meminum jus anggur tanpa tambahan gula demi mendapatkan manfaatnya.