10 Cara Alami Menangani Jerawat di Wajah yang Berlebihan

atasi-jerawat-secara-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Memiliki wajah yang bersih adalah keinginan semua orang khususnya mereka yang bekerja sebagai public figure. Kalau jerawat muncul dalam jumlah banyak dan sulit diatasi, penampilan akan menurun. Apalagi kalau sampai menimbulkan bekas hingga menciptakan inflamasi yang cukup besar dan membuat wajah jadi semakin rusak. Penanganan sesegera mungkin harus dilakukan.

Menangani jerawat secara alami

Jerawat di wajah yang tidak terlalu banyak biasanya akan kering dan hilang dengan sendirinya. Namun, kalau jerawatnya ada banyak dan membuat inflamasi serta pembengkakan, penanganan secepat mungkin harus dilakukan sebelum Anda memutuskan pergi ke dokter kulit. Berikut cara alami menangani jerawat di wajah.

  1. Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil adalah salah satu minyak yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah di kulit. Minyak dari ekstrak pohon teh ini mengandung komponen anti inflamasi dan juga mampu mengatasi berbagai bakteri dan jamur. Dengan kemampuan ini, tea tree oil bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

Oh ya, karena tea tree oil termasuk minyak yang keras kalau digunakan dengan konsentrasi tinggi, jangan langsung meneteskannya di wajah. Encerkan dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau campurkan ke produk perawatan wajah yang Anda miliki. Selanjutnya aplikasikan ke wajah sesuai dengan kebutuhan hingga jerawatnya hilang.

  1. Menggunakan madu

Madu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh kulit dalam mengatasi masalah infeksi dan meningkatkan kesehatannya. Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi jerawat berlebihan di wajah dan membuat area ini jadi tidak membengkak dan mengering perlahan-lahan.

Anda bisa mencampurkan madu dengan beberapa produk masker wajah. Kalau tidak ada masker, Anda cukup mengambil madu dalam jumlah kecil lalu dioleskan ke area jerawat dengan menggunakan cotton bud. Jangan memakai tangan kecuali Anda sudah mencarinya hingga bersih.

  1. Mengaplikasikan lidah buaya

Lidah buaya sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Oleh karena itu gel dari tanaman ini banyak diolah menjadi berbagai jenis produk kosmetik khususnya yang mengandung komponen anti bakteri dan inflamasi. Dua kandungan ini akan membuat wajah jadi produk perawatan.

Anda bisa menggunakan produk perawatan wajah seperti krim yang mengandung cukup banyak komponen lidah buaya. Kalau di rumah ada banyak lidah buaya, Anda bisa mengolahnya sendiri menjadi krim oles untuk wajah setelah membersihkannya dan diambil bagian dalamnya saja yang mirip agar-agar.

  1. Menggunakan teh hijau

Teh hijau bisa bermanfaat untuk tubuh dalam mengatasi masalah jerawat di wajah. Anda bisa menggunakan teh hijau dalam bentuk minuman yang dikonsumsi secara rutin atau menggunakan teh hijau untuk masker atau dioleskan langsung di area wajah agar bersih dan tidak berminyak.

  1. Memakai bawang putih

Bawang putih mengandung komponen anti inflamasi dan juga bakteri. Dengan mengonsumsi bawang putih, Anda bisa menurunkan jumlah bakteri yang memicu jerawat muncul di wajah. Konsumsi bawang putih dengan langsung mengunyahnya atau menggunakan ekstraknya yang sudah dimasukkan dalam kapsul.

  1. Mengaplikasikan krim Echinacea purpurea

Ekstrak dari bunga ungu bernama Echinacea purpurea bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat di wajah yang berlebihan. Anda bisa menggunakan ekstrak bunga ini dalam bentuk krim. Umumnya di luaran sana ada banyak sekali krim dengan kandungan ini yang bisa dibeli.

  1. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa murni jenis virgin coconut oil memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh dalam hal menurunkan inflamasi. Anda bisa menggunakan minyak ini langsung di wajah dengan mengoleskannya. Ingat minyak kelapa tidak sama dengan minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit.

  1. Tidak menyentuh dan memencet jerawat

Aturan pertama kalau Anda ingin sembuh dari jerawat yang sedang menyerang wajah dalam jumlah banyak adalah jauhkan tangan. Jangan sesekali memegang wajah dengan tangan apalagi kalau tangannya sedang kotor. Kalau Anda melakukannya, jerawat akan mengalami pertumbuhan dengan cepat.

Segatal apa pun area wajah karena jerawat dan tidak tahan untuk menggaruknya, sebaiknya dikompres dengan air hangat atau dingin. Coba hilangkan rasa gatal dan tidak nyaman yang membuat Anda terobsesi untuk menggaruknya.

  1. Menggunakan pembersih wajah yang tepat

Sebisa mungkin untuk menghindari memakai produk perawatan wajah yang mengandung bahan baku minyak. Minyak yang berlebihan akan menyebabkan pori-pori di wajah jadi tersumbat. Dampaknya, wajah akan semakin mudah berjerawat dan kemungkinan rusak akan tinggi.

pilih produk perawatan yang memiliki bahan dasar dari air saja. Kalau Anda tidak memiliki produk perawatan wajah, cukup gunakan air hangat yang bersih untuk membersihkan muka secara rutin setiap hari dan jerawat yang sedang tumbuh tidak semakin parah dan menyebar ke mana-mana.

  1. Hindari stres berlebihan

Kalau Anda sering memiliki jerawat yang berlebihan di wajah, ada baiknya untuk menghindari stres yang berlebihan. Stres yang berlebihan khususnya pada wanita bisa memicu peningkatan hormon androgen yang memicu jerawat mudah muncul. Kondisi ini biasanya akan muncul berkali-kali karena masalah hormonal agak sulit diatasi.

Cara terbaik untuk menghindari atau mengatasi stres adalah dengan membaginya dengan orang yang dipercaya, tidur dengan cukup dan berkualitas, makan yang benar dengan diet yang sehat, melakukan olahraga secara rutin, tidak mengonsumsi alkohol berlebihan, kopi harus dikurangi, dan melakukan yoga atau meditasi.

Demikianlah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menangani jerawat di rumah. Kalau penanganan di rumah tidak memberikan kemajuan, ada baiknya segera ke dokter kulit untuk mengetahui kondisi wajah terkini. Terkadang jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal, tidak hanya wajah yang kotor saja.