Terbit: 19 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com -Hormon adalah salah satu komponen kimia tubuh yang memengaruhi banyak organ dalam melakukan fungsi dengan sempurna. Pada wanita kita mengenal estrogen dan progesteron yang berhubungan dengan reproduksi dan seks. Selanjutnya ada juga hormon tiroid yang berhubungan dengan metabolisme pada tubuh.

8 Cara Alami Menstabilkan Hormon di Dalam Tubuh

Meski hormon sangat bermanfaat untuk fungsi organ, ada kalanya hormon mengalami gangguan. Gangguan ini dalam bentuk produksi hormon yang terlalu rendah atau tinggi sehingga tubuh mengalami ketidakstabilan. Kondisi ini menyebabkan masalah sehingga kita harus berusaha untuk menstabilkannya kembali.

Cara alami menstabilkan hormon di dalam tubuh

Menstabilkan hormon di dalam tubuh biasanya dilakukan dengan konsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Namun, ada cara alami yang bisa dilakukan agar Anda tidak terlalu bergantung dengan obat-obatan.

  1. Mengonsumsi cukup protein

Protein adalah salah satu sumber makanan yang sangat penting. Selain memberikan rasa kenyang dan menyuplai energi yang cukup besar, protein juga bermanfaat dalam pembentukan otot aru di dalam tubuh. Anda yang sedang membentuk otot, protein adalah makanan utama yang tidak boleh diabaikan.

Selain memberikan suplai energi yang cukup banyak, protein juga bermanfaat dalam mencegah munculnya hormon yang memicu kondisi lapar. Anda bisa kenyang lebih lama dan gangguan seperti lapar berlebihan tidak akan terjadi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga memberikan cukup banyak manfaat pada tubuh. Selain menjadi lebih segar dan sehat, olahraga juga menurunkan risiko cukup banyak penyakit seperti diabetes yang disebabkan oleh peningkatan jumlah insulin dan sensitivitasnya menurun. Selain itu, olahraga juga menurunkan risiko terjadi inflamasi pada tubuh.

Pada pria, olahraga sangat erat hubungannya dengan testosteron. Dengan melakukan olahraga secara teratur, hormon ini akan mengalami peningkatan sehingga fungsi seksual dan reproduksi pria meningkat.

  1. Belajar cara mengatasi stres

Fluktuasi hormon yang terjadi pada tubuh tidak hanya disebabkan oleh masalah fisik saja. Masalah mental seperti stres juga menyebabkan beberapa masalah seperti peningkatan kortisol dan juga mengganggu beberapa kerja dari organ.

Cara terbaik untuk mengatasi hormon yang naik dan turun adalah dengan mengatasi stres dengan baik. Lakukan meditasi, yoga, dan sejenisnya secara rutin agar tubuh menjadi lebih tenang.

  1. Mengurangi konsumsi gula

Gula menyebabkan banyak masalah pada tubuh mulai dari menyebabkan seseorang mengalami kegemukan. Selanjutnya, gula juga menyebabkan gula darah di dalam tubuh meningkat dan mengganggu produksi insulin. Pada pria dan wanita yang obesitas, hormon seks yang dimiliki juga akan semakin rendah levelnya.

Kurangi makanan yang terlalu manis dan juga karbohidrat sederhana seperti nasi. Perbanyak mengonsumsi makanan yang berserat. Kalau Anda ingin makan sesuatu yang manis batasi dan pastikan tidak melebihi kebutuhan kalori harian.

  1. Menghindari makanan terlalu sedikit atau banyak

Kita disarankan untuk makan sesuatu yang bergizi dan dengan takaran yang cukup. Artinya dalam satu hari kita harus memenuhi kebutuhan nutrisi semisal 2.500 kalori untuk pria dan 2.000 kalori untuk wanita.

Kalau kalori yang kita makan terlalu banyak, tubuh akan semakin kebal dengan insulin dan menyebabkan diabetes muncul. Sebaliknya kalau kita makan terlalu sedikit tubuh akan mengalami stres akibat kortisol yang dikonsumsi cukup banyak.

  1. Mengonsumsi lemak sehat

Tubuh masih membutuhkan lemak, tapi lemak yang dikonsumsi haruslah lemak yang sehat seperti dari ikan laut berlemak dan dari buah seperti avokad. Lemak yang sehat akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Ikan berlemak juga mengandung omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kortisol dan epinefrina yang berlebihan. Selanjutnya, sensitivitas insulin juga bisa meningkat dan menurunkan jumlah insulin pada seseorang yang sedang mengalami obesitas agar kondisi diabetes tidak terbentuk.

  1. Membiasakan tidur berkualitas

Tidur adalah sesuatu yang sangat vital. Bahkan, meski Anda sudah memiliki pola makan baik dan juga berolahraga, kalau tidur terganggu, kemungkinan terjadi gangguan pada hormon akan besar. Bahkan, hormon insulin bisa mengalami penurunan sensitivitas hingga 20 persen sehingga tubuh bisa mengalami diabetes.

Selain insulin yang sangat penting dalam pengolahan gula darah, ada beberapa jenis hormon yang juga berpengaruh dengan kualitas tidur. Hormon itu menyangkut ghrelin yang berhubungan dengan nafsu makan, hormon pertumbuhan, dan kortisol yang berhubungan erat dengan kadar stres di dalam tubuh. Dalam satu hari pastikan untuk tidur selama 7-9 jam.

  1. Melakukan diet tinggi serat

Mengonsumsi makanan dengan tinggi serat memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat pertama yang akan didapatkan adalah lancarnya buang air besar. Serat akan membuat feses mudah bergerak di usus besar dan sembelit yang mengganggu bisa dihindari.

Selain mengatasi sembelit yang kerap membuat perut menjadi sangat keras dan tidak nyaman, serat juga membuat tubuh kenyang lebih lama. Anda tidak akan mudah lapar dalam jangka waktu lama sehingga memudahkan tubuh untuk membakar lemak dalam mengatasi obesitas.

Manfaat terakhir dari konsumsi serat yang cukup tinggi dari makanan adalah meningkatkan sensitivitas insulin. Kalau hormon ini bisa sensitif dengan gula darah di dalam tubuh kondisi diabetes tidak akan terjadi. Selain itu, ada kemungkinan juga tubuh mendapatkan suplai energi yang tinggi.

Inilah beberapa ulasan tentang cara menstabilkan hormon di dalam tubuh secara alami dan tidak menggunakan obat kimia. Dari beberapa cara di atas, mana yang paling mudah dilakukan dan bisa terus berlanjut menjadi aktivitas reguler? Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin selalu sehat dan tidak mengalami gangguan hormon.

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi